Pelayanan Purna Jual dan CS JD.ID Mengecewakan

Pada tanggal 28 Desember 2017 saya membeli meja TV dengan nomor pemesanan 224437965. Namun setelah menunggu hampir 2 minggu, meja TV yang saya terima rusak, yaitu salah 1 kaki meja patah dan satunya lagi sudah goyang.

Menerima barang yang cacat tersebut, saya langsung mengajukan klaim purna jual agar segera dilakukan penukaran dengan service number 10022536. Pengajuan penukaran saya lakukan pada tanggal 10 Januari 2018. Saya berharap pengajuan saya akan segera diproses oleh JD.ID. Namun saya tunggu setelah selang beberapa hari, tidak ada perubahan status pada pengajuan klaim purna jual saya.

Saya pun kemudian menghubungi CS JD.ID untuk menanyakan kapan pengajuan saya akan diproses. CS mengatakan bahwa pengajuan saya akan diproses 3-7 hari kerja, dan CS meminta saya untuk menunggu karena saat itu belum melewati tenggat waktu 7 hari kerja.

Setelah 7 hari kerja yang dijanjikan lewat dan tidak ada perubahan maupun niat baik JD.ID untuk menghubungi saya, saya kembali menghubungi CS JD.ID untuk menanyakan kapan barang saya akan ditukar. Namun jawaban dari CS JD.ID kembali sama, bahwa pihak after-sale mereka akan menghubungi saya dan saya diharapkan menunggu. Saya kembali menunggu namun tidak ada pihak after sale JD.ID yang menghubungi saya dan status pengajuan saya masih saja sama “menunggu audit”.

Setelah tidak ada kabar beberapa hari, saya pun kembali menghubungi CS JD.ID untuk menanyakan kapan pengajuan penukaran barang saya akan diaudit. Namun jawaban CS JD.ID adalah saya harus mengirimkan sendiri barang yang cacat kepada penjual melalui alamat yang tertera pada kotak kemasan. Saat saya tanyakan apakah ongkir dan ongkos angkut yang akan saya keluarkan (mengingat barang tersebut berat) akan diganti oleh seller, namun CS kembali berkelit bahwa pihak after sale JD.ID akan menghubungi saya.

Saya benar-benar kecewa dengan pelayanan JD.ID yang lepas tangan begitu saja. Saya telah berkali-kali menghubungi CS JD.ID, namun jawaban yang saya terima hanyalah bahwa pihak after sale akan menghubungi saya namun tidak ada kejelasan kapan dan tidak lanjut dari pengaduan saya tersebut. Kalau seenaknya lepas tangan seperti itu, lalu untuk apa saya membeli melalui JD.ID? Itu sama saja saya membeli langsung pada seller. Apalagi saya disuruh mengirimkan sendiri barang kepada seller sementara saya tidak punya nomor kontaknya. Dan pada website JD.ID tidak tersedia fasilitas untuk menghubungi seller.

Yang saya inginkan saat ini adalah agar uang saya di-refund karena saya sudah tidak berniat kembali untuk menukar barang maupun berbelanja di JD.ID. Saya berharap tidak ada lagi konsumen yang mengalami hal seperti yang saya alami, dan saya menunggu niat baik JD.ID untuk menghubungi saya, terima kasih.

Vera
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Vera Aryani

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Vera Aryani pada 27 Januari 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pelayanan Purna Jual dan CS JD.ID Mengecewakan

  • 6 Maret 2018 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Nomor Pesanan:225844421 punya saya juga tidak jelas refund kapan, tidak ada kejelasan dari pihak jd.id.
    estimasi katanya 3-5 hari, tapi sudah 5 hari tidak ada kejelasan sama sekali.
    CS juga tidak memberi jawaban yang jelas, hanya muter-muter jawaban nya.
    kalau tidak dihubungi tidak menghubungi.
    tapi dihubungi sehari 3x lebih tapi tidak ada penyelesaian sampai sekarang.
    kecewa sekali dengan pelayanan jd.id

  • 4 Januari 2019 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Jd.id memang tidak patut di contoh dan seharusnya sudah ada penindak lanjutan dari kominfo untuk segera menutup layanan jd.id dari Indonesia

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Purna Jual dan CS JD.ID Mengecewakan

oleh vera aryani dibaca dalam: 2 min
2