Pelayanan Tiket.com Mengecewakan! E-tiket dan Refund Tidak Jelas

Sabtu 10 Maret 2018, saya mencari tiket pesawat melalui situs online. Sebenarnya, untuk urusan tiket pesawat, saya selalu percaya pada sebuah situs online. Namun entah karena kendala apa, situs penjualan tiket kepercayaan saya itu menjadi saya ragukan karena harga yang tertera tidak lagi sama dengan harga yang diminta untuk ditransfer.

Akhirnya untuk pertama kalinya, saya mencoba situs Tiket.com. Saya melakukan pemesanan tiket pesawat untuk penerbangan Medan-Jogja tanggal 18 Maret 2018. Setelah saya mengisi form pemesanan, sebelum melakukan transfer, saya bertanya kepada customer service agent lewat live chat “Berapa lama e-ticket bisa saya dapatkan setelah saya melakukan transfer?”

Saat itu mbak Tresya menjawab, “setelah customer melakukan transfer, e-ticket akan langsung dikirim lewat e-mail yang didaftarkan.”

Saya hanya diberi waktu 1,5 jam untuk transfer dan berakhir di pukul 12.27. Saya melakukan transfer pukul 12.16 via ATM BCA. Segera setelah melakukan transfer yaitu pukul 12.30 saya online lagi untuk melakukan konfirmasi, namun di situs tiket.com, pesanan saya sudah dinyatakan kadaluarsa. Saya mengecek e-mail, namun tidak menemukan konfirmasi pembayaran dari tiket.com.

Merasa curiga dengan hal itu, saya live chat kembali dengan situs tiket.com untuk mengonfirmasi pembayaran ticket saya. Saat itu custumer agent Ubeb mengatakan tiket.com belum menerima transfer dana apapun dari pemesan atas nama saya. Dia meminta saya untuk mengirim foto atau scan bukti transfer via live chating tersebut.

Saya lalu mengirim foto bukti transfer lewat live chat dan email customer service tiket.com. Setelah saya mengirim foto bukti transfer, saya bertanya, apakah itu cukup untuk saya mendapat e-tiket saya. Si customer service agent malah meminta saya mengirim foto/hasil scan mutasi rekening koran saya via Live Chat. Hah?!! baru kali ini saya mendapat pelayanan yang lelet, tidak profesional, merepotkan bahkan mencurigakan dari situs penjualan tiket online.

Saya menolak untuk memberikan foto mutasi rekening koran saya. Dengan berdalih akan mengomunikasikan dengan timnya, si customer service agent meminta saya mengirim kembali alamat e-mail dan nomor telepon saya. Setelah itu dia meminta saya menunggu selama satu jam.

Setelah sejam, saya kembali melakukan live chat dengan customer service agent di situs tiket.com, namun customer service agent-nya telah berganti orang. Sama, setelah saya mengonfirmasi pembayaran dan menagih e-tiket, dia juga meminta saya mengirim foto mutasi rekening koran via live chat. Bahkan lebih parah lagi, setelah itu dia mengatakan kepada saya untuk menunggu 2 x 24 jam untuk konfirmasi pembayaran tiket yang sudah saya lakukan. Saya merasa dipingpong dan sangat jengkel dengan pelayanan tiket.com, akhirnya saya mengatakan jika sampai Senin tidak ada kepastian mengenai e-tiket saya, saya minta uang saya dikembalikan.

Senin pagi, Tiket.com mengirim email konfirmasi yang menyatakan pembayaran tiket saya sudah diterima, namun pemesanan masih dimasukkan dalam keranjang belanja, menunggu konfirmasi dari saya, apakah akan melakukan pemesanan ulang atau refund. Mereka meminta saya mengirim ulang lagi data nomor rekening dan nomor telepon. (untuk kesekian kalinya) mereka juga memberikan nomor customer service 24 jam untuk saya hubungi, namun dari awal pemesanan tiket, nomor tersebut tidak pernah bisa saya hubungi. Data yang diminta saya berikan, dengan sekali lagi menagih e-tiket saya paling lambat hari itu (12 Maret 2018). Jika tidak uang saya harus dikembalikan hari itu juga karena saya akan melakukan pembelian tiket di tempat lain. tiket.com kemudian membalas e-mail saya dengan mengatakan dana akan di-refund dalam jangka waktu 14 hari kerja. Hingga hari ini refund tersebut belum saya temukan dalam rekening saya.

Merasa ditipu, saya mencoba mencari keyakinan dengan melihat testimoni-testimoni para pelanggan yang pernah mencoba tiket.com di dunia maya. alangkah terkejutnya saya bahwa ternyata tiket.com sudah melakukan hal yang sama kepada banyak pelanggan sebelum saya. Yang saya herankan, mengapa situs (sepertinya menyandang nama resmi bahkan mengiklankan diri di berbagai media massa) seperti ini tidak pernah ditindaklanjuti, bahkan setelah sekian banyaknya laporan kekecewaan? Saya berharap dengan testimoni saya ini, uang saya dikembalikan segera, dengan utuh, dan tidak ada lagi pelanggan yang dikecewakan oleh tiket.com.

Fidelis Felix Hanung
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Fidelis Hanung

Sehubungan dengan surat pembaca di Mediakonsumen.com tanggal 14 Maret 2018 yang ditulis oleh Bapak Fidelis Hanung berjudul “Pelayanan Tiket.com Mengecewakan!...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga mengalami hal yang sama di tiket.com, proses refund yang tidak selesai sejak transaksi pembayaran saya lakukan tanggal 30 april 2018.

    Saya minta agar tim tiket.com memiliki niat baik untuk segera memproses pengembalian uang saya dari kasus refund bookingan #45322309 dengan nama account pemesan Nathania Siahaan. Saya sudah lelah melakukan follow up. Saya merasa ditipu. Sangat mengecewakan pelayanan tiket.com

    • Sama... Saya jg baru merasakan... Book hotel stlh sy bayar trnyata sdh kadaluarsa... Dan proses refund lama, abis tu ga jelas gmn... Live chat jg tdk di balas, dan saya buka aplikasi saya di logout otomatis, ga bs log in lagi... Mksdnya gmn ya... 😤 Ga jelas bgt aplikasi tiket.com. kecewa!!!

  • Saya merasa sedih karena mengalami hal yang sama. Sudah melakukan transfer namun tertulis bahwa pemesanan sudah kadarluwarsa dan tidak jelas sehingga saya pun mengirim mail dan live chat ke cs. Di dalam live chat dengan pihak cs tiket.com, saya mengirim foto bukti resi pembayaran, ID pemesanan saya, email saya, nomor kontak saya, kemudian diminta menunggu selama 1x24 untuk memprosesnya, saya hanya berharap tindak lanjut mereka akan permasalahan saya, namun belum terlihat sampai saat ini (sudah masuk 21-22 jam dari saat live chat cs) tindak lanjut mereka. Saya merasa dirugikan baik akan kepastian dari pihak tiket.com, waktu, dan uang.

    Note 1: Saya sekarang sedang menunggu 1x24 jam sesuai kurun waktu yang dijanjikan pihak tiket.com. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dan Terima Kasih kepada penulis dan mediakonsumen.
    Note 2: Komentar ini tidak bermaksud menjelekkan namun mengungkap kebenaran bahwa lambatnya tanggapan pihak tiket.com terhadap permasalahan saya.

    • Saya juga baru mengalami hal serupa.. tgl 28 Maret 2019 kemarin saya pesan tiket pembayaran via kartu kredit... tp saya belum mendapatkan eticket... sy berulang2 menghubungi cs 08041500878 tapi sulit terhubung, via email pun juga tidak ada balasan...

      @Victorica Angelina apa susah selesai proses refund nya?

  • Saya juga mengalami hal yang sama semalam sy transfer via rek Mandiri untuk tiket pesawat tujuan Makassar - Jakarta (27/4/19), setelah saya transfer tdk ada konfirmasi dari pihak tiket. com, malah status pemesanannya jadi kadarluarsa. Sy sudah coba hubungi melalui email, live chat dan telp sudah 15 jam tdk ada balasan sama sekali. Katanya layanannya 24jam ??.