Uang Hilang Akibat Penipuan Oknum Pelapak di Bukalapak

Nama saya Nevi Destriandi (ID Bukalapak: NEVIDESTIANDRI221017), nomor transaksi bermasalah: 180734680385. Saya akui, sebagai konsumen saya lalai atau lengah, sehingga pada saat transaksi saya terhasut oleh pelapak/seller untuk mentransfer uang sejumlah Rp4.701.457 sementara notifikasi pembayaran dari Bukalapak adalah Rp4.897.534. Pelapak menjelaskan bahwa angka Rp4.701.457 adalah hasil nego dengan pihak Bukalapak untuk membebaskan dari ongkir, dengan syarat proses pembelian seperti transaksi normal kemudian transfer ke rekening Bukalapak sesuai permintaan seller Rp4.701.457 dan setelah transfer nanti akan berubah statusnya.

Yang membuat saya percaya adalah:
1. Nilai nominal dari pihak pelapak dan pihak Bukalapak terpaut tipis, seolah memang hanya dikurangi ongkir.
2. Transfer ke rekening Bukalapak (bukti transfer terlampir).

Singkat cerita, setelah transfer tidak ada perubahan status pembayaran. Saya mulai curiga sepertinya ada yang tidak beres, namun saya menunggu sampai +/- 1 jam. Akhirnya saya menulis surat/email ke BukaBantuan dan ada balasan ternyata saya kena penipuan. Setelah ditelusuri oleh tim terkait, saya diminta menunggu paling lambat 7×24 jam. Saya akui ini adalah kelalaian dan kelengahan saya.

Akhirnya pihak Bukalapak membalas surat saya. Inti dari surat tersebut adalah:

1. Bahwa itu adalah kesalahan pengguna/buyer karena tidak mengikuti prosedur dari Bukalapak. Oke ini bisa saya pahami dan diterima.
2. Nominal transaksi BL181193A1L6INV adalah Rp4.897.534, bukan Rp4.701.457. Di mana nominal Rp4.701.457 tersebut merupakan tagihan top-up dana yang dilakukan oleh akun pelapak. Saat ini dana telah digunakan pembelian pulsa sejak 26 Maret 2018, 15:55 WIB sehingga sudah tidak ada lagi di Bukalapak. Ini yang saya tidak habis pikir, artinya ada pembelian pulsa 1 kali transaksi sebesar Rp4.701.457 oleh pelaku??
3. Mohon maaf karena kami tidak dapat membantu lebih. Hal ini berkaitan dengan kondisi dan ketentuan yang ada, dimana hal-hal yang berkaitan dengan kelalaian Pengguna bukan menjadi tanggung jawab Bukalapak. Kami hanya dapat melakukan tindakan-tindakan yang masih dalam kewenangan, yaitu: moderasi dan/atau menonaktifkan akun-akun milik pelaku dan nomor yang digunakan untuk pembelian pulsa telah Kami blokir dari sistem Bukalapak.

Yang menjadi pertanyaan saya:

Apa bisa pembelian pulsa dalam 1 kali transaksi sebesar Rp4.701.457? Hal ini sudah marak terjadi dan ada korban juga yang menulis di Media Konsumen dan mendapatkan solusi, kenapa saya tidak? Mengapa pihak Bukalapak hanya memberikan himbauan saja? Jelas-jelas semua dana dari pelaku penipuan diarahkan ke pembelian pulsa, kenapa tidak ada antisipasi (curiga ) atas pembelian pulsa secara besar? Kenapa hanya ditulis sesuai poin 3 dan tidak dijelaskan secara rinci ke nomor berapa pulsa diisi atau informasi lainnya? Apa upaya Bukalapak melihat kasus ini (yang katanya sedang marak di Bukalapak)? Apakah pihak Bukalapak lapor ke pihak yang berwajib? Kalau kita sebagai konsumen lapor ke pihak yang berwajib, kronologi penggunaan dana ada di pihak Bukalapak, bisakah kita mendapatkan rinciannya? Kami sadar salah, tapi apakah salah mendapat penjelasan dari apa yang kami pertanyakan?

Saya tidak paham hukum, justru itu saya minta keadilan dan kejelasan. Seseorang yang sudah ditetapkan tersangka saja wajib dibela, apalagi saya sebagai korban.

Nevi Destriandi
Blitar – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:19    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Nevi Destriandi

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

16 komentar untuk “Uang Hilang Akibat Penipuan Oknum Pelapak di Bukalapak

  • 28 Maret 2018 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Tindak penipuan tidak cukup hanya dengan himbauan supaya lebih berhati-hati saja, harus ada tindakan yang lebih nyata dari Bukalapak. Yang pertama, tutup semua celah kemungkinan modus penipuan seperti ini supaya tidak terjadi lagi, terutama transaksi pulsa dalam jumlah besar. Yang kedua, pelaku harus dikejar dan dituntut secara hukum supaya jera. Jika hanya blokir akun saja, sangat mudah untuk buat akun baru dan melakukan penipuan lagi.

    Saya yakin pelaku penipuan ini sebenarnya tidak banyak, dan orangnya itu-itu saja. Pihak Bukalapak punya data-data yang diperlukan untuk mengungkap orang-orang ini, hanya perlu kemauan saja. Jangan karena pihak Bukalapak tidak dirugikan secara langsung, pembeli sebagai korban yang harus menanggung akibatnya sendiri saja. Contoh Go-jek dan Grab yang sekarang sedang gencar melakukan tindakan hukum buat para pelaku penipuan yang merugikan mereka.

    • 28 Maret 2018 - (09:06 WIB)
      Permalink

      saya juga bingung kenapa kok terulang terus kasus uang dilarikan ke pulsa karena memang itu cara tercepat bisa di cairkan ..kenapa celah tersebut tidak dia antisipasi

  • 28 Maret 2018 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Saya konsumen sekaligus penjual juga di bukalapak, sebagai konsumen sebenarnya banyak hal yg saya rasa Bukalapak perlu perbaiki,
    Pada hal ini saya berharap dari bukalapak memberikan tanggapan dan solusi untuk hal ini

    Yang paling penting adalah dari bukalapak harus menjelasakan tindakan preventif kedepannya untuk hal seperti ini

    Terus terang saat ini sebagai penjual saya sudah mengalihkan beberapa jualan saya ke aplikasi lain yg menurut saya lebih baik

  • 28 Maret 2018 - (13:09 WIB)
    Permalink

    update terakhir pihak bukalapak langsung menelpon saya , dan saya masih menunggu hasil dari pihak bukalapak untuk masalah ini dengan bijaksana .

    • 28 Maret 2018 - (19:17 WIB)
      Permalink

      case closed selesai dengan baik dari pihak buka lapak semoga ini menjadi koreksi buat semua permasalahan bisa terjadi pada siapapun dan juga pengalaman bagi penyedia jasa e-commerce manapun , tutup semua celah agar bisa antisipasi terhadap para oknum yang tidak bertanggung jawab …salut buat bukalapak dan tim . tetaplah menjadi yg teratas, komplain dan kritikan adalh untuk membuat pihak bukalapak menjadi lebih kuat …amin

      • 11 September 2018 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Gimana masalah dananya pak, apakah bisa dikembalikan soalnya saya baru mengalami hal yg sama

  • 2 April 2018 - (03:12 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kena seperti ini senilai 4,6jt, hanya sedikit berbeda, yaitu saya login dihalaman yang bukan situs resmi dan hanya tampilan saja yang sama, setelah login, otomatis email dan password saya dicuri (phising).
    habis transfer status pembelian dibatalkan kemudian semua uang digunakan untuk isi pulsa 1jt x 4, 500×1, 100×1.
    Untungnya ada garansi dari bukalapak dan uang kembali, hanya kurang beberapa puluh ribu.

    Kalau dari Mas Bro diatas kesalahannya kenapa tidak pake sistem yang berlaku dan transfer sesuai yang tertera.

    • 4 September 2018 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Halo Mas, saya tertarik untuk melakukan analisis hukum terhadap kasus ini.

      Apabila berkenan, saya ingin menghubungi Mas via email/WA

      Terimakasih.


      Sincerely,
      Anjas Yudis Sasmita
      Faculty of Law, Padjadjaran University
      +6282215007171
      Line : anjasyudis

    • 4 September 2018 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Halo Mas Suniansyah Suniansyah, saya tertarik untuk melakukan analisis hukum terhadap kasus ini.

      Apabila berkenan, saya ingin menghubungi Mas via email/WA

      Terimakasih.


      Sincerely,
      Anjas Yudis Sasmita
      Faculty of Law, Padjadjaran University
      +6282215007171
      Line : anjasyudis

  • 12 Mei 2018 - (14:40 WIB)
    Permalink

    kasusnya sama… malah ini aneh saya tidak pernah klik link dan kasih info pribadi ke siapapun…

    Pengirim : Nurpratama Store
    Nomor Tagihan :

    setelah punjualan hp saya berhasil selang 3 menit… Uang dibuka langsung terpakai sebesar 2.900.000,sebelum. dicairkan, digunakan utk membeli pulsa ke no yg tidak dikenal

    mohon bantuannya… ini nomer wa saya 082226886786… mohon

  • 24 Juli 2018 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Kasus sya gini gan sya beli kamera harga di tagihan 3,300.000 namun sebelum ny kami deal di wa dengan harga 3,100.000 tp sama penjual tdk drubah dan sekarang saya di suru trnsfer 3,101,909 ke bukalapak katanya dia sudah konfirmasi ke bukalapak, dan setelah sya transfer sttus bayar sya kok belum berubah si penjual chat katany kode unik ny slah 3.101.699,katany sya suruh transfer ulang baru dana yg sya transfer pertama bisa balik..

  • 6 September 2018 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Saya pun kena sore kemarin senilai 4 jutaan lebih cuma dikasih handphone rusak dan merk berbeda sama si pelapak..

    Nasib nasib pihak Bukalapak cuma bilang maaf dan menginfokan bahwa transaksi dana si pelapak sudah di gunakan untuk membeli pulsa senilai 4 juta lebih secara bertahap dalam waktu kurang dari 5 menit….padahal 2 jam setelah saya proses terima barang oleh adik saya Karna saya masih kerja di kantor langsung saya telpon CS Bukalapak untuk bekukan akun si pelapak….namun apalah daya cuma di kasih jawaban tunggu dan mohon maaf saja dari si Bukalapak dan menyalahkan saya sebagai konsumen yg dianggap lalai dan lengah Karna terima paket terlebih dahulu sebelum di cek Karna adik saya sendiri yg terima paket sehingga tidak berani membuka paket kakak nya..pas saya pulang kerumah dan membuka paket isi nya handphone rusak dan tak bermerk…Nomor WA saya di Blokir oleh pelapak dan nomor tidak aktif chat pun tidak di balas…

    Nasib nasib konsumen begini dah..

    Telpon saya di nomor 082311600664 jika ada yg mau curhat Karna senasib seperti saya ditipu pelapak dan bukalapak

  • 11 September 2018 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga barusan mengalami hal yg sama, dibilang dana mengalir ke bukalapak kredit alias top up setelah transfer ke nomor dengan kode unik dibelakangnya, cs bukalapan blm tau gimana nasib dana disuruh tunggu proses team fraudnya yg lamban, ada cerita dana dapat dikembalikan gak ya, soalnya lumayan duitnya 9 jt, sedih banget. Ini bukalapak kok bisa2 nya sih semudah itu ngalirin dana dari rekening orang ke akun orang lain tanpa verifikasi apa2

  • 25 September 2019 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Nama toko sudah kami sebutkan dan dana diambil untuk Budget Promoted artinya dia mau gunakan untuk iklan yg menipu orang lain juga . Saya sudah lapor 1×24 jam dijawab investigasi. Dan lapak tidak diblokir. Sangat disayangkan

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Uang Hilang Akibat Penipuan Oknum Pelapak di Bukalapak

oleh Destiandri Nevi dibaca dalam: 2 min
16