“Thumb Down” untuk Proses Pengiriman Barang di JD.ID

27 Maret 2018 hari tepat di mana saya memesan barang di online store JD.ID. Metode pembayaran yang saya pilih adalah transfer. Biasanya sih saya kalau membeli barang di atas Rp500 ribu lebih memilih metode COD, tapi pada saat itu entah kenapa saya memilih transfer. Uang pun sudah dikirim pada hari itu juga kemudian saya mendapatkan email terkait dengan konfirmasi pembayaran.

28 Maret 2018, saya mendapatkan email dengan subjek “Notifikasi Pesanan: Pesanan 227294179 sudah dalam proses pengiriman”, di dalam email tsb tertulis estimasi pengiriman untuk wilayah Jabodetabek 1-3 hari.

29 Maret 2018, saya mendapatkan sms dari pihak ekspedisi JX Express kalau pesanan akan dikirim dengan kurir bernama Slamet-085716344***. Berhubung alamat pengirimannya ke kantor jadi saya langsung menghubungi Sdr. Slamet untuk menginformasikan sebaiknya jangan dikirim setelah jam kerja. Saya telepon melalui telepon kantor sebanyak 2 kali namun panggilan tidak terjawab.

Ketika jam makan siang, saya tidak membawa hp, saya tinggalkan hp di meja kerja, ternyata selama saya meninggalkan ruangan ternyata saya mendapatkan telepon dari sang kurir sebanyak 7 kali dan sms 1 kali. Seketika saya melihat handphone saya langsung menghubungi sang kurir dan membalas sms namun tidak ada balasan dan panggilan pun tak terjawab. Dikarenakan hal tersebut, pesanan saya jadi tersangkut di gudang. Kemudian saya langsung menghubungi CS JX express dan saya dijanjikan barang akan dikirim sesuai dengan estimasi, sebagai customer yang baik saya percaya.

31 Maret 2018, hari terakhir proses pengiriman barang, namun saya tak menerima sms proses pengiriman barang, maka saya menghubungi CS JD.ID untuk menanyakan kapan barang saya dikirim. Pihak CS pun bilang kalau Sabtu bukan jam kerja, eimm setahu saya hari Sabtu itu masih termasuk jam kerja di sebuah perusahaan ekspedisi.

2 April 2018. Pihak Jd.ID ataupun JX Express tidak sama sekali memberikan informasi terkait proses pengiriman. Saya cek di aplikasi pesanan saya masih tersangkut di gudang. Wow luar biasa ya,, apa karena uang sudah mereka dapat jadi barang dianggurin begitu saja? Hati-hati keberkahan perusahaan Anda bisa berkurang.

Karena hal itu, saya hubungi CS JX Express namun tidak diangkat, kemudian saya telpon CS JD.ID baru deh mereka sadar kalau pesanan saya belum dikirim. Kalau saya tidak menghubungi lantas bagaimana nasib barang saya?? Lebih baik tak usah menjanjikan estimasi pengiriman kalau memang tidak bisa memenuhinya. Tuhan tak suka sama orang yang ingkar janji.

Catatan: saya pernah membeli barang di JD.ID dengan metode COD dan pengiriman lebih cepat dibanding saya menggunakan metode transfer. Jadi, lebih baik menggunakan metode pembayaran COD kalau mau beli d JD.ID, jadi walaupun barang tak diantar-antar tak masalah karena uang kita belum hangus.

Siti Farhana Qolbi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:9    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Siti Farhana

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Siti Farhana pada 2 April 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk ““Thumb Down” untuk Proses Pengiriman Barang di JD.ID

  • 3 April 2018 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Better memang harus COD, Bu Siti.
    Mungkin lebih di prioritaskan.
    Sepertinya Hak kita sebagai konsumen sering diabaikan.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

“Thumb Down” untuk Proses Pengiriman Barang di JD.ID

oleh Hanaqolbi Hanaqolbi dibaca dalam: 2 menit
1