Human atau System Error Indosat Ooredoo yang Merugikan Saya

Cuma sekadar pengen sharing pengalaman aja seh..

Berawal dari beberapa tahun lalu, saya mulai menggunakan provider Indosat yang waktu itu masih menggunakan brand Mentari. Setelah beberapa lama, saya mulai jarang memakainya sampai sampai akhir 2016 kalau tidak salah. Akhirnya nomer tersebut tidak bisa digunakan. Datanglah saya ke gerai Indosat yang waktu itu masih ada di Jl. Sudirman Yogyakarta untuk mengganti sim card saya dengan yang baru.

Tanpa panjang lebar si “mbak” nya memberikan kepada saya sim card yang baru dengan cuma bilang aktifkan setelah sekian jam. Setelah sekian jam tersebut saya mengaktifkan, tetapi kondisinya sama, nomer tersebut tidak bisa digunakan. Karena saya pengen segera membereskan urusan tersebut, saya datang ke gerai Indosat yang di Hartono Mall Yogyakarta. Dan ternyata setelah diperiksa sama customer service-nya yang bernama Mbak Putri (CS yang sangat membantu, makanya saya ingat namanya) baru diketahui kalau ternyata nomer tersebut sudah terblokir. Padahal melihat sistem yang sama, CS di Sudirman tidak menginformasikan bahwa nomer tersebut sudah terblokir dan asal memberikan sim card pengganti tanpa mengecek lebih teliti.

Karena saya pengen memakai nomer yang sama, Mbak Putri menginformasikan kalau nomer tersebut bisa digunakan lagi kalau dimigrasikan ke pasca bayar. Mbak putri menawarkan beberapa paket dan yang saya pilih adalah paket dengan harga yang sudah termasuk PPN pada saat itu. Tetapi saya harus menunggu beberapa minggu untuk mendapatkan nomer tersebut kembali. Setelah menunggu beberapa waktu, saya dikontak Mbak Putri meninformasikan kalau nomernya sudah bisa dipakai.

Setelah pemakaian beberapa bulan dengan pembayaran yang lancar, tiba-tiba ada perubahan tagihan di bulan Juni 2017 kalau tidak salah. Tagihan yang harusnya cuma senilai paket tiba-tiba ada kenaikan. Setelah saya cek ada langganan konten yang saya tidak pernah registrasikan. Komplainlah saya ke call center Indosat menyampaikan keluhan saya mengenai tagihan tersebut. Dan agen call center menginformasikan bahwa akan memberhentikan layanan konten tersebut dan akan memotongkan selisih tagihan untuk bulan depannya.

Pemakaian tetap saya lanjutkan, sampai bulan berikutnya tagihannya tambah banyak lagi. Setelah saya periksa masih ada layanan konten yang berlanjut dan tagihan yang baru ada PPN-nya. Karena di awal paket harga tersebut adalah sudah termasuk PPN dan TANPA ADA pemberitahuan apapun, dikenakan PPN lagi. Saya telepon call center lagi mengadukan perihal yang sama, dan jawaban call center adalah sama. Akhirnya saya membayar jumlah yang tertera di tagihan.

Akhir bulan kemudian karena masih sama juga tagihannya tidak sesuai dan belum di-deduct dari tagihan sebelumnya saya berencana berhenti berlangganan. Saya datang ke gerai Indosat di Hartono Mall Yogyakarta untuk menutup nomer dan langganan pasca bayar saya dan menyelesaikan pembayaran. Dan saya sempat berdebat dengan CS dan kasir karena tidak ada pengurangan dari tagihan saya sebelumnya seperti yang diinformasikan oleh agen call center. Setelah melakukan pembayaran dan selesai menutup layanan pasca bayar, saya anggap semua sudah selesai dan beres waktu itu bulan September 2017.

Tanggal 11 Juli 2018, jam 12.53 saya ditelepon dari Indosat Ooredoo menginformasikan bahwa masih ada tagihan pemakaian layanan pasca bayar yang belum dibayar sampai bulan Januari 2018. Saya kaget karena saya merasa sudah menutup nomer tersebut. Saya juga sempat menjelaskan ke “mbaknya” kalau saya sudah menutup nomer tersebut dan tidak lagi berlangganan Matrix Ooredoonya. Karena saya merasa ada yang aneh, saya telepon ke call center Indosat untuk mengeceknya, dan benar ternyata nomer tersebut belum ditutup pemakaiannya oleh CS yang bertugas pada saat di gerai Hartono Mall Yogyakarta dan tagihan masih berjalan sampai bulan Januari 2018.

Hari ini juga saya datang ke gerai Indosat di Hartono Mall untuk menyelesaikan kasus tersebut. Saya berdebat dengan CS dan menanyakan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Sejak saya menutup nomer tersebut, saya tidak pernah menerima email apapun dari pihak Indosat baik itu tagihan ataupun info info lainnya. CS meminta kepada saya bukti form penutupan layanan saat itu, tetapi saya tidak mempunyainya sekarang karena mungkin hilang atau terselip atau bahkan kebuang pada saat saya beres-beres karena saya anggap nomer tersebut sudah saya tutup dan saya tidak memakai nomer tersebut karena sim cardnya juga sudah diminta oleh CS yang dulu pada saat saya melakukan penutupan.

Nomer tersebut aktif kembali dari September 2017 saat saya melakukan pelunasan dan penutupan yang harus nya nomer tersebut tidak aktif kembali dengan tagihan dibebankan ke saya. Karena pihak Indosat menang dengan data yang ada di sistem mereka, dan saya kalah karena form perhentian layanan saya tidak ada, saya harus membayar pelunasan tagihan sampai bulan Januari 2018. Tetapi kebetulan ada pemotongan dari tagihan dari deduct billing dari tagihan sebelum saya tutup bulan September 2017. Yang harusnya uang deduct tersebut dikembalikan ke saya karena saya melakukan pelunasan pembayaran sesuai tagihan yang muncul.

Awalnya masnya CS info kalau kurang 2 bulan saya tagihan yang harus saya bayarkan. Pada saat saya ke kasir, totalnya tidak sesuai dengan hitungan selama 2 bulan. Saya komplen dong, kenapa bisa lebih tinggi? Kata masnya biaya 2 bulan dan biaya suspend kartu. Saya bertanya apakah ada biaya penutupan? Dia bilang tidak ada. Lah kenapa ada tagihannya. Mbaknya kasir jutek melihat saya dan pengen saya garuk wajahnya karena melayani dengan wajah seperti itu. Dan setelah dihitung-hitung ternyata ada 2 bulan dan kekurangan bulan sebelumnya setelah dikurangi potongan tagihan dan ditambah biaya cetak billingnya.

Saya bertanya kok ada biaya cetak? Karena dari awal saya minta billing per email. Setelah dicek, katanya dari bulan September ada request kalau billing di kirim by hard copy. Saya tanya kemana kirimnya? Ke rumah seperti alamat saya. Saya bilang, mas tidak ada tagihan dari Indosat selama ini yang dikirim ke alamat saya. Yang akhir nya jumlahnya dikurangi biaya cetak. Dan akhirnya saya membayar tagihan yang tidak menjadi kewajiban saya.

Saya terpaksa membayar tagihan tersebut karena saya tidak mau jadi bad record sebagai bad debt, tidak membayar hutang. Karena itu bukan prinsip saya. Dan daripada nanti nya saya mendapatkan kesulitan di tempat lain karena dianggap record saya yang jelek. Setelah saya melakukan pembayaran, tiba-tiba ada email masuk. Email notifikasi dari Indosat karena telah melakukan pembayaran. Bagaimana bisa? Yang katanya emailnya sudah tidak terkoneksi dengan layanan tagihan sebelumnya. Tapi saya sudah tidak mau berdebat lagi dengan CSnya. Karena toh saya juga harus tetep bayar tagihan yang muncul dari sistem mereka.

Yang saya heran pihak Indosat seenaknya melakukan semua tanpa konfirmasi sebelumnya, tanpa ada pemberitahuan. Tiba-tiba email gak konek, tiba-tiba ada tagihan ini itu. Pada saat pembayaran saya tiba-tiba email konek. Ya tidak tahu human erorr staf Indosat atau sistem Indosat yang menyebabkan kerugian bagi saya. Karena saya tidak bisa menunjukkan bukti form penutupan layanan jadi saya kalah dan pihak Indosat dengan sistem yang berbicara.

Semoga tidak ada kejadian yang sama dengan saya yang merasa dirugikan oleh pihak Indosat.

Terima kasih.

Irwan Moelyanto
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooreedoo:
[Total:15    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Human atau System Error Indosat Ooredoo yang Merugikan Saya

  • 17 November 2020 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Penting dicatat nih.. bukti penonaktifan layanan pascabayar harus disimpan baik-baik nih..
    Karena barusan mengalami case yang sama.. kartu yang udah dipakai lama gak aktif dan beralih ke pascabayar selama 3 bulan. Tadi cari-cari info pengalaman pakai pasca bayar indosat dengan niat ingin melanjutkan pasca bayar terus karena melihat di aplikasi indosat paketannya berlaku sampai 2037.. pengen cari info tagihan bulanannya itu isi tagihannya apa aja? klo misal tidak dipakai sama sekali apakah bakal ada tagihan atau tidak .. klo tidak ada kan lumayan bisa aktif terus sampai 2037.. sementara untuk kebutuhan internet dll pakai kartu 1nya..

    eh setelah baca2 gini kog ternyata banyak yang tidak menyenangkan pengalamannya.. sepertinya fix mau balik ke prabayar lagi februari nanti dan sekali lagi harus saya ingat baik2 untuk menyimpan bukti penonaktifan layanan pascabayarnya..

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooreedoo?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Human atau System Error Indosat Ooredoo yang Merugikan Saya

oleh Irwan dibaca dalam: 4 min
2