Menagih Uang Refund di Oktagon.co.id, Sudah 3 Bulan Tanpa Solusi

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com, saya ingin menyampaikan keluhan kepada oktagon.co.id.

Berawal dari keinginan membeli sebuah kamera mirrorless, saya mencari toko online yang memang spesialisasi pada fotografi, sehingga jika ada keluhan atau pertanyaan mendatang mengenai kamera bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Alhasil, didapatkanlah toko online dengan nama Oktagon (oktagon.co.id).

Karena belum tahu bagaimana pelayanan sebuah toko online, biasanya saya mencoba dengan membeli beberapa produk kecil. Untuk melihat bagaimana pelayanan sebuah toko online baik pengiriman, packing produk dan bahkan after sales service-nya. Jika memang pelayanan kurang memuaskan bisa mencari toko lain. Namun pengalaman ini benar-benar di luar dugaan saya sebelumnya, sehingga akhirnya saya share untuk pengingat saya maupun pembaca lain mengenai pengalaman saya ini.

Pada tanggal 8 April 2018, Saya mencoba membeli beberapa produk kecil (total 4 produk) di oktagon.co.id dengan no pesanan/invoice: 18040814005. Karena kebetulan juga ada promo dari MyXL, sehingga pada hari yang sama juga saya lunasi pembayaran. Setelah pembayaran, saya cek status pesanan langsung update by system bahwa pesanan saya sedang di proses dan menunggu pengiriman.

3 hari kemudian saya cek status, masih dalam proses pesanan anda menunggu pengiriman. Saat itu juga saya tanyakan ke CS oktagon.co.id melalui chat, dan dibalas dengan menyatakan produk dalam proses packing/pengemasan. Saat itu saya percaya karena mungkin membutuhkan proses pengemasan lebih lama.

Pada tanggal 11 April 2018 saya mendapatkan email dari websales@oktagon.co.id yang menyatakan jika salah satu produk sedang kosong, dan saya jawab bahwa saya akan menunggu sampai produk tersebut re-stock kembali. Karena saya berasumsi dari pengalaman saya berbelanja online di toko online lain adalah jika salah satu produk yang kita beli itu sedang kosong maka toko akan tetap mengirimkan produk lain yang sudah tersedia terlebih dahulu, dan akan mengirim sisanya jika produk sudah tersedia kembali. Diluar dugaan oktagon.co.id ternyata tidak mengirimkan produk yang tersedia terlebih dahulu, dan tetap akan mengirimkan keseluruhan produk dalam satu kali pengiriman. Karena barang yang saya beli hanya sebagai tester pelayanan, saya tidak bermasalah dengan kebijakan tersebut, sehingga saya pun tetap menunggu hingga barang restock kembali dan dikirim dalam satu kali pengiriman.

Tiga minggu kemudian pada tanggal 27 April 2018 saya kembali menanyakan status produk yang kosong tersebut, dan dijawab bahwa produk masih kosong. 1 bulan kemudian pada tanggal 8 mei 2018 saya membuat keputusan jika memang produk masih kosong, mohon kirimkan yang ada terlebih dahulu dan yang kosong akan di-refund. Dari tanggal 8 Mei tersebut ternyata barang baru dikirim oleh oktagon.co.id pada tanggal 24 Mei dan saya terima pada keesokan harinya (25 Mei 2018). Namun saya kaget ternyata yang dikirim hanya 2 produk saja, yang seharusnya 3 produk. Sehingga total ada 2 produk yang belum dikirim oleh oktagon.id.

Sejak saat itu saya terus menanyakan status refund atas produk yang belum dikirim, namun selalu dijawab dengan mohon ditunggu. Saya yakin oktagon.co.id tidak serius menanggapi keluhan saya. Saya mengirim email terakhir pada tanggal 2 Juli 2018, dan masih dijawab mohon ditunggu.

Hingga surat pembaca ini saya sampaikan tepat tanggal 13 Juli 2018 (kurang lebih 3 bulan dari pelunasan pembayaran pesanan), saya belum juga menerima refund ataupun 2 produk yang belum dikirim. Karena saya ingin membuktikan bahwa keluhan dan komplain saya selama ini memang tidak pernah ditindaklanjuti. Saya juga berencana melaporkan hal ini ke YLKI, karena menurut saya pengalaman saya ini sudah termasuk penipuan/fraud yang dilakukan toko online.

Saya masih bersyukur saya tidak langsung membeli kamera mirrorless di toko ini, saya tidak bisa membayangkan jika saya akhirnya membeli di toko online ini.

Terima kasih oktagon.co.id untuk pengalaman mencicipi pelayanan berbelanja di oktagon.co.id. Tolong hargai kami sebagai konsumen.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com untuk bisa memuat keluhan saya ini.

Kusman H.
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai oktagon.co.id:
[Total:3    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Menagih Uang Refund di Oktagon.co.id, Sudah 3 Bulan Tanpa Solusi

 Apa Komentar Anda mengenai oktagon.co.id?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Menagih Uang Refund di Oktagon.co.id, Sudah 3 Bulan Tanpa Solusi

oleh KHary dibaca dalam: 2 min
1