Mulai Hari ini Saya Tidak Akan Menggunakan Tokopedia

Saya selalu menggunakan Tokopedia sejak 2013 dan selalu melakukan transaksi online disana. Hampir 5 tahun menggunakan Tokopedia selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Tetapi belakangan ini saya selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan baik dari Tokopedia maupun penjual.

Saya mengerti Tokped memiliki fitur reorder otomatis untuk membantu pengguna dalam membantu mencarikan barang kembali ketika adanya pembatalan, tetapi yang memberikan pengalaman tidak menyenangkan adalah tidak adanya konfirmasi dari pihak Tokopedia.

Sebelumnya saya melakukan transaksi INV/20180704/XVIII/VII/176177777 dan dibatalkan oleh seller. Setelah terjadi pembatalan, dana tidak langsung kembali ke saldo Tokocash karena ada info dana akan kembali dalam waktu 6 jam. Ketika saya cek kembali akun Tokopedia, tiba tiba ada transaksi baru dengan catatan “Transaksi dialihkan. ke invoice: INV/20180705/XVIII/VII/176620024”. Pada saat itu saya tidak melakukan keluhan karena transaksi status dalam proses penjual.

2 hari berikutnya pesananpun tiba dan dan produk tidak sesuai dengan pesanan saya di transaksi yang dibatalkan sebelumnya. Akhirnya saya melakukan retur barang dengan opsi refund. Retur barangpun saya harus mengeluarkan uang untuk ongkos kirim retur barang dan setelah retur selesai, dana di-refund dipotong kembali untuk ongkir penjual. Pada saat itu saya tidak mau ambil pusing karena status sudah di-cancel dan dana dikembalikan ke Tokocash.

Hari ini 13 Juli 2018 saya melakukan pembelian barang INV/20180713/XVIII/VII/179373748 dan tidak lama kemudian seller melakukan pembatalan karena stok kosong, setelah pembatalan terjadi lagi lah pemesanan ulang otomatis dengan catatan barang pengganti dari invoice lama INV/20180713/XVIII/VII/179373748. Saya cek penjual pengganti barang tidak menjual barang yang saya pesan di transaksi sebelumnya.

Apakah saya harus melakukan retur barang setiap kali bertransaksi di Tokopedia? apakah saya harus menanggung kerugian ongkos kirim? MULAI HARI INI SAYA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN TOKOPEDIA!

Eric Saputra
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Mulai Hari ini Saya Tidak Akan Menggunakan Tokopedia

oleh Eric Saputra dibaca dalam: 1 min
0