Lebih dari 4 Bulan, BNI Belum Mengembalikan Uang Nasabah yang Terindikasi Kasus Skimming ATM

Saya atas nama Rafi Zardi nasabah BNI dengan nomor rekening Bank BNI 0280649XXX kantor cabang Tanjung Balai Karimun. Pada tanggal 24 Agustus 2018, telah terjadi transaksi yang tidak saya ketahui di rekening saya sebanyak 3 kali yaitu: Rp5.357.143, Rp1.071.429, dan Rp714.286, beserta biaya transaksi dengan total Rp82.000. Menurut Customer Service BNI, semua transaksi tersebut dilakukan di Malaysia.

Pada tanggal 24 Agustus 2018, di hari yang sama sekitar pukul 11.30 WIB, saya melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Cabang BNI Tanjung Uncang – Batam dan mengganti kartu debit BNI saya dengan yang baru.

Saya telah mendatangi Kantor Cabang BNI tersebut sebanyak tiga kali untuk menanyakan status laporan tersebut, tepatnya pada tanggal 03 September, 16 Oktober dan 05 November 2018. Jawaban dari mereka selalu sama yaitu akan akan dihubungi kembali apabila ada perkembangan tentang kasus ini. Namun sampai saat ini Pihak BNI masih belum menghubungi saya atau pun menggantikan uang saya.

Padahal berdasarkan Butir II.B.7.b.2. (hal. 10) Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/16/DKSP tentang Tata Cara Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran, penanganan pengaduan oleh bank harus diselesaikan dalam jangka waktu paling lama 20 (dua puluh) hari kerja sejak pengaduan diterima dan disertai dengan dokumen pendukung secara lengkap. Lebih lanjut diatur pada poin 3, dalam hal penanganan pengaduan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 20 hari kerja, maka penyelesaian pengaduan dapat diperpanjang paling lama 20 hari kerja.

Demikian kronologi kejadian ini, saya buat dengan sebenarnya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Rafi Zardi
Tanjung Balai Karimun
Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Penilaian Rata-rata: 3.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Tentang Penulis
rafi zardi  

Saya seorang engineer yang bekerja di perusahaan oil and gas

5 komentar untuk “Lebih dari 4 Bulan, BNI Belum Mengembalikan Uang Nasabah yang Terindikasi Kasus Skimming ATM

  • 13 Desember 2018 - (11:33 WIB)
    Wah ngeri, para skimmer sekarang operasinya sudah lintas negara. ? Cari korbannya di sini, nariknya di luar negeri biar gak ketangkap. ?
    • 13 Desember 2018 - (11:40 WIB)
      Sebenarnya Terduga pelakunya telah di tangkap sebagaimana telah di kutip salah satu media elektronik nasiaonal berikut linknya.
      “https://regional.kompas.com/read/2018/08/19/20452591/skimming-atm-di-karimun-2-wn-malaysia-ditangkap”
  • 13 Desember 2018 - (11:38 WIB)
    mau kembali uangx, bkn heboh saja, ke mabes kek ato ke mana, undang wartawan hehehhe, tau gak kekuatan sosmed, cm di situlah keadilan akan dtng.
    • 13 Desember 2018 - (11:44 WIB)
      Ini lah usaha terakhir saya menggunakan media, Karena hampir semua jalur resmi telah saya lakukan baik melapor ke OJK dan BI. Tapi tetap saja masih nihil..
  • 15 Desember 2018 - (04:53 WIB)
    Pelayanannya udah baik, cuman pengalaman yang saya alami saat cukup mengganggu dan panik dimana uang ku ditelan oleh mesin setoran, udah saya melakukan pengaduan namun udah hampir 2 minggu belum ada tanggapan. padahal uang itu untuk SPP anak saya di Pesantren. BNI tolong pengaduan saya bisa respon.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Lebih dari 4 Bulan, BNI Belum Mengembalikan Uang Nasabah yang Terindik…

RZ 1 menit
5