JD.ID Tidak Kunjung Mengembalikan Dana

Pada 28 November 2018 sore saya membeli hp Asus Zenfone Maxpro 4 di JD.ID seharga Rp1.685.000. Pembayaran melalui transfer debit mandiri, pembayaran secara penuh. Hingga tanggal 6 Desember 2018, melalui informasi dari tracking status barang, saya ketahui bahwa status barang masih di Jakarta. Hanya berpindah dari warehouse JDA ke JDX yang masih sama-sama di Jakarta pada tgl 29 Nov 2019. Selepas dari penyimpanan di JDX tidak ada perubahan status barang.

Sebelumnya saya berkali-kali mencoba hubungi call center JD ID tapi selalu sibuk, email tapi tidak dibalas. Ketika saya googling tentang JD ID ternyata banyak surat pembaca yang mengeluhkan pengiriman JD ID yg tidak kunjung dikirimkan dan refund yang lama. Akhirnya tanggal 6 Desember saya membatalkan pembelian dan mengajukan pengembalian dana melalui pilihan di aplikasi.

Saya beberapa kali menelepon call center JD.ID (dan pasti harus coba beberapa kali menelepon) yakni pada tanggal 8,10,12 dan hari ini 14 desember. Setiap kali saya mengecek status pengembalian uang saya hanya disampaikan menunggu barang di terima di warehouse baru akan diproses pengembalian uangnya yang pastinya akan memakan waktu lagi.

Pada 14 Desember 2018, ketika berbicara dengan customer service, saya dijanjikan akan ditelepon pihak JD.ID namun hingga saya menulis surat pembaca ini tidak ada telepon yang dijanjikan. Pihak JD.ID tidak serius dalam memproses pengembalian dana saya. Setiap menelepon call center tidak ada perkembangan dari permintaan pengembalian dana dan statusnya sama, masih menunggu barang kembali ke warehouse.

Apa yang dilakukan JD ID selama 9 hari sejak saya mengajukan pengembalian dana di tanggal 6? Kenapa sulit sekali mengembalikan barang ke warehouse yang sama-sama masih di Jakarta? Ketika saya beli, pemindahan barang dari satu warehouse hanya butuh 1 hari. Untuk saya dana 1.685.000 itu jumlah yang besar. Nomor laporan saya adalah 801856120.

Saya tunggu itikad baik dari JDID. Dan saran saya untuk konsumen lain yang mau bertransaksi di JD.ID adalah menggunakan COD saja, jangan sampai uang kita sudah ditahan oleh JD.ID karena susah sekali meminta pengembaliannya bila terjadi sesuatu.

Yuliani Arifin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Yuliani Arifin

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Yuliani Arifin pada 21 Desember 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

JD.ID Tidak Kunjung Mengembalikan Dana

oleh Yuliuwie12 dibaca dalam: 1 menit
0