Mohon Pengertian Home Credit Indonesia

Terima kasih telah diberikan ruang.

Pada bulan Desember 2017 saya ditelepon oleh pihak Home Credit yang menawarkan KTA sebesar 20 juta rupiah, dan saya menerima penawaran itu dengan cicilan Rp1.437.000/bulan, tenor 24 bulan, jatuh tempo cicilan I tanggal 10 Januari 2018. No Perjanjian Kontrak 3702171384.

Cicilan saya lancar,tapi pada Maret 2018 saya telah berhenti bekerja, dan belum dapat pekerjaan hingga saat ini. Saya masih berusaha mencicil sampai bulan Juli 2018 atau cicilan ke-7, tapi akhirnya keuangan saya morat-marit & saya menunggak sampai bulan Oktober 2018. Saya telah menghubungi pihak Home Credit dan menjelaskan, juga mengajukan keringanan dan minta solusi, tapi tak ada solusi sama sekali. Malah saya dianjurkan untuk jual barang, meminjam tetangga, dll, intinya harus bayar cicilan!

Dari hasil menabung sedikit-sedikit dan pinjam sana-sini pada 7 Januari 2018 saya membayar lagi lewat Debt Collector Home Credit yang datang ke rumah sebesar 1.500.000 rupiah. Dan saya berpesan bahwa mungkin akhir Desember 2018 baru saya bisa cicil lagi sedikit demi sedikit,sesuai kemampuan saya, dan kata DC nya bisa.
Namun pada awal Desember 2018 saya dapat sms dari Home Credit yang kurang lebih tertulis;

Kontrak anda Telah diakhiri, Cicilan sebesar Rp.23.222.966 bayar hari ini ! Kalau tidak akan dituntut secara hukum. (sms asli terlampir)

Dan sms hari ini,16 Januari 2019 ;

Perjanjian No.3702171384 telah diakhiri, bayar Rp23222966.67.Kami akan proses ke agen penagihan & mengambil tindakan hukum yg diperlukan.HomeCredit:021-29708300

Padahal jelas-jelas saya baru bayar tanggal 7 November 2018,dan mau mencicil sesuai kemampuan saya, tapi malah kontrak 24 bulan diakhiri dan harus dilunasi secepatnya.

Mohon pengertian Home Credit atas kondisi saya saat ini,saya bukan tak mau bayar,tapi kondisi saya sekarang tak bekerja dan keuangan saya sedang terpuruk. Saya minta solusi, bukan tekanan dari pihak Home Credit Indonesia.

Terima kasih.

Cherry M. P.
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit Atas Surat Ibu Cherry Maxon Pandelaki

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Ibu Cherry Maxon Pandelaki di Mediakonsumen.com pada kolom Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Terimakasih Media Konsumen..

    Saya ber terimakasih pada Home Credit Indonesia atas tanggapan yg diberikan atas surat saya diatas.

    Saya sangat menghargai solusi yg diberikan Home Credit Indonesia atas keluhan saya,yg saat ini yg tak mampu mencicil tunggakan saya. solusinya antara lain ;

    1. Jumlah total tagihan 23 jutaan
    dikurangi menjadi 19 jutaan
    2. Bisa diangsur dalam 3 kali bayar.

    Keluhan saya sebelumnya ialah saya tak mampu membayar cicilan sebesar 1.437.000/bulan,yg tersisa 16 kali cicilan karena kondisi saya saat ini yang sedang jauh terpuruk.
    Jadi mendapat solusi tersebut di atas,yaitu 19 juta rupiah yg dapat di cicil dalam 3 kali bayar sepertinya sangat berat buat saya untuk dapat melunasinya,apalagi dalam waktu dekat ini,dengan kondisi tak punya pekerjaan dan penghasilan.

    Mohon maaf kepada pihak HCI atas penjelasan saya ini,sebenarnya saya ingin agar tunggakan saya bisa cepat selesai dan tuntas,tapi kemampuan saya sangat terbatas.
    Dan saya berharap mungkin saja diberi solusi yg lebih ringan dari Home Credit Indonesia,melihat kondisi saya saat ini.
    Yang jelas saya tetap punya itikad baik untuk membayar,walaupun blm bisa untuk saat ini,karena tempat tinggal saya tetap sama dan nomor Handphone saya tak pernah ganti.
    Sekali lagi terimakasih pada HCI atas perhatian dan Solusinya.

    Terimasih Media Konsumen..