Komplain Pelayanan JD.ID atas Proses Penggantian Produk Rusak

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com , saya ingin menyampaikan keluhan saya kepada pihak JD.ID,

Pada tanggal 21/12/2018 saya membeli kulkas Panasonic dengan no pesanan 247630525, dan barang datang pada tanggal 26/12/2018. Tetapi setelah saya cek, barang tidak berfungsi (kulkas mati, tidak nyala). Karena bertepatan dengan hari libur Natal dan Tahun Baru saya baru mengajukan purna jual pada tanggal 2 Januari 2019 agar barang bisa ditukar dengan no pelaporan 802175944. Saya terus menerus menghubungi pihak CS JD.ID, baik melalui chat maupun telepon di no 1500618 dan disuruh menunggu dan menunggu untuk proses pickup barangnya.

Dan akhirnya setelah kurang lebih 21 hari pada tanggal 23 Januari 2019 barang pun di-pickup oleh pihak kurir JD.ID, dengan Bpk Ahmad, tanpa adanya surat jalan/surat perintah pickup oleh JD.ID. Hal ini sudah saya tanyakan ke CS JD.ID mengenai tidak adanya surat jalan/surat perintah pickup, dan menurut Cs tidak masalah apabila tidak ada surat jalan yang dibawa oleh kurir, karena memang selama ini pihak kurir tidak membawa surat keterangan pengambilan barang dari konsumen untuk di-pickup.

Saya terus followup ke CS JD.ID, untuk menanyakan kejelasan purna jual saya (via telepon) setelah barang di-pickup tetapi oleh CS disuruh menunggu karena pihak after sale lah yang akan menghubungi saya. Karena tidak ada kabar berita, akhirnya pada tanggal 7 Februari 2019 saya telepon ke Bp Ahmad (kurir yang pickup barang saya pada saat itu) dan diberi no telepon Bp Riko (selaku koordinator kurir Tigaraksa). Menurut Bpk Riko bahwa adanya kesalahan (miscommunication) di mana seharusnya barang di-pickup oleh kurir Pasar Kemis bukan dari Tigaraksa. Dan menurut Bp Riko barang akan dikirim kembali ke Pasar Kemis. Kemudian saya menghubungi koordinator Pasar Kemis dengan Bp. Imam menurut beliau barang sudah diterima dan dikirim ke Marunda.

Pada tanggal 11 Februari 2019 saya menanyakan ke CS JD.ID mengenai kejelasan status purna jual saya, dan status purna jual yang sudah dibatalkan, padahal saya tidak pernah membatalkan purna jual saya. Menurut CS bahwa hal itu diabaikan saja, dan akan dibantu follow up ke after sale. Seperti biasa saya disuruh menunggu dan menunggu.

Jujur saya merasa kesal setiap menghubungi ke CS JD.ID, selalu nanti akan dibantu followup ke after sale dan selalu disuruh menunggu 2 atau 3 x 24 jam, bahwa pihak after sale akan menghubungi saya, tetapi sampai dengan saat ini tanggal 11 Februari 2019 saya tidak pernah dihubungi oleh pihak after sale JD.ID. Saya merasa dipermainkan dan dirugikan mengenai hal ini oleh pihak JD.ID. Saya merasa bahwa komplain saya tidak secepatnya ditangani dengan baik, sudah 1 bulan lebih tidak ada kejelasannya.

Mohon agar kasus saya dapat diselesaikan dengan cepat oleh pihak JD.ID, saya berharap bahwa barang tidak usah ditukar saja sesuai pengajuan awal tetapi dikembalikan dalam bentuk uang saja, karena apabila ditukar barang lagi jika terdapat kendala, proses pengembalian barang akan lama seperti saat ini.

Terima kasih kepada Mediakonsumen.com, sudah bisa memuat keluhan saya. Mudah-mudahan ada itikad baik dari pihak JD.ID, dan buat JD.ID, hargailah konsumen.

Shofi
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Shofi

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Shofi pada 11 Februari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Komplain Pelayanan JD.ID atas Proses Penggantian Produk Rusak

63 2 menit
0