Pesan Kupon di Akulaku, Status “Diterima”, tapi Kupon “Tidak Dikirim”

Salam hormat untuk beberapa pihak terkait dari surat ini. Sebelumnya mohon maaf jika terdapat salah kata/ejaan yang kurang berkenan.

Saya ingin melaporkan untuk pesanan kupon saya dengan nomor “155103258630746518358” dan “155103280163946518492”, dengan nominal kupon “333k dan 33k”

Saya membeli kupon ini pada tanggal 25 Februari 2019, saat stok kupon masih ada, walau stok masih ada dan status pembayaran telah berhasil, tapi kupon tidak pernah saya terima hingga saat ini. Padahal saya sudah menerima email konfirmasi terkait pembayaran yang sudah diterima Akulaku, dan status pesanan saya malah berubah jadi “Diterima”, walaupun di menu kupon saya tidak ada kupon terkait.

Siangnya saya menelepon Akulaku, sebanyak 2 kali dan saya disuruh menunggu 1×24 jam terkait kupon yang belum masuk. Selang 1×24 jam saya menelepon kembali dan ternyata nomor CS Akulaku di 1500920 tidak dapat dihubungi, serta email Akulaku yang tidak dapat menerima email masuk lagi dengan notice email “Recipient inbox full”.

Besoknya saya kembali menelepon yang keempat kalinya dan pihak CS tidak dapat memberikan solusi, dan hanya memberitahukan cara penggunaan kupon lalu “dia mematikan telepon saya” karena dia tidak dapat memberikan solusi, padahal saya berbicara dengan santai dan jelas.

Tidak puas saya kembali menelepon yang kelima kali dengan CS bernama “Niva” yang mengerti permasalahan saya dan membuatkan laporan untuk saya, dan disuruh menunggu 3-5 hari kerja. Selang 3 hari kerja saya menelepon yang keenam kali dan mendapatkan CS yang tidak mengerti permasalahan saya, dengan nada bicara yang bingung sambil mengajari saya cara menggunakan kupon, sayapun berkata “Kuponnya tidak ada, jadi saya tidak dapat menggunakannya” lalu CS tersebut mematikan telepon saya sepihak.

Tidak puas saya kembali menelepon yang ketujuh kalinya dan mendapatkan CS bernama “Lufi” yang mengerti permasalahan saya, dan membuatkan kembali laporan terkait kupon yang belum diterima. Selang beberapa hari saya ditelepon pihak Akulaku untuk mengirimkan bukti “Kupon yang ada di menu kupon saya”. Karena email Akulaku yang sangat sulit menerima email masuk, saya disarankan mengirim bukti fotonya ke “Whatsapp Resmi akulaku” :

Setelah saya kirimkan, saya disuruh menunggu dengan balasan “Selamat pagi, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk keluhan Bapak Felix sedang kami bantu follow up ke tim terkait kami, mohon menunggu proses yang sedang berlangsung.”

Keesokan harinya saya menunggu dan tidak mendapatkan balasan “Whatsapp” Akulaku tersebut kembali, hingga sekarang, saya belum mendapatkan kupon saya ataupun kejelasan pesanan saya.

Jadi dengan sulitnya pelaporan & kualitas layanan yang diberikan Akulaku, saya jadi cukup khawatir terkait sistem kredit yang diberikan Akulaku. Bila pesanan voucher yang resmi dari seller Akulaku saja sangat sulit diurus, walaupun bukti sudah sangat jelas, bagaimana dengan pembayaran kredit yang terdapat masalah, tapi dari seller lain selain Akulaku? Belum lagi biaya telepon yang harus dikeluarkan untuk menelepon CS Akulaku tersebut.

Selama pelaporan ini, saya menemukan beberapa keanehan:

1. Email Akulaku yang sulit dikirimi:

2. Adanya postingan di Instagram Akulaku yang menyatakan “Akulaku tidak memiliki Customer Service Whatsapp”:

Sekian pengalaman saya yang saya bagikan, saya berharap kupon saya dapat segera dikirim. Terima kasih.

Felix Tanevan
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:8    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Pesan Kupon di Akulaku, Status “Diterima”, tapi Kupon “Tidak Dikirim”

  • 7 Maret 2019 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Akulaku ini sebenarnya fintech kredit online atau marketplace sih? ? Itu yg jual vouchernya Akulaku langsung apa seller yg jualan di Akulaku?

    • 7 Maret 2019 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Sepemahaman saya, akulaku itu perantara antara kita dengan marketplace, tapi dalam kasus saya, akulaku sendiri yang berperan dalam penjualan voucher tersebut, karna jelas nama sellernya “Akulaku Promo>>”

    • 7 Maret 2019 - (18:12 WIB)
      Permalink

      Untuk pertanyaan belanja dimana aja, saya juga masih kurang paham, tapi berhubung akulaku itu perantara, jadi kayanya kita bisa beli semua produk fisik di akulaku dengan voucher tersebut, dengan banyak pilihan seller

  • 7 Maret 2019 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Dari info yang saya dapat, melihat S&K di “voucher temen saya” yang sudah menerimanya, voucher tersebut bisa buat belanja produk fisik dengan minimum pembelian sesuai nominal voucher tersebut.

  • 7 Maret 2019 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Pada akhir bulan yang lalu saya membeli vocer alfamart senilai total 1juta. Itu saya beli menggunakan voucher dari pihak akulakunya juga. Transaksi sudah berhasil dan kode sudah ada.
    Namun pada keesokan harinya ditransaksikan kasir alfa. Vocer tersebut dinyatakan expired. Jelas-jelas saya baru membeli malamnya. Dan diaplikasi tertulis jelas bahwa vocer tersebut masih berlaku sampai 19 april 2019.
    Aneh bukan?
    Saya telfon beberapa kali ke pihak akulakunya. Dan suruh menunggu.
    Setelah sekian lama menunggu,jawaban dari mereka tidak memberikan solusi dan beralasan bahwa karna ada kesalahan sistem mereka tidak bisa mengganti.
    Bagaimana ini?
    Seakan-akan mereka tidak mau rugi.

    • 8 Maret 2019 - (10:03 WIB)
      Permalink

      Tulis aja kronologi lengkapnya di surat pembaca MK mbak, biar konsumen lainnya jg hati2 kalo transaksi di Akulaku. Masa voucher gak berlaku alasannya karena kesalahan sistem? Apalagi nilainya lumayan gede. ?

  • 8 Maret 2019 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk, terbukti dah ini fintech yang paling gak melek tech. E-mail inbox full, kemampuan CS yang tidak standar (belum SNI kali) dalam kemampuan memahami keluhan customer, informasi yang bertolak-belakang di kanal-kanal resminya, jualan voucher yang expired.
    Hahahaha.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pesan Kupon di Akulaku, Status “Diterima”, tapi Kupon R…

oleh Felix Tanevan dibaca dalam: 2 min
9