Terjerat Pinjaman Online

Saya seorang karyawan swasta dan suami saya juga seorang karyawan swasta. Kami berdua sedang terjerat pinjaman online di mana pinjaman online tersebut membuat kami tidak memikirkan resiko kedepannya dan abaikan masalah potongan pinjaman yang besar.

Selama 1 tahun suamiku menggunakan pinjaman online dengan cara gali lobang tutup lobang untuk tambahan biaya kebutuhan dia kerja. Sejumlah 35 aplikasi, itupun saya tahu ketika dia benar-benar sudah tidak tahu bagaimana bayarnya. Sementara saya baru beberapa bulan ikut pinjaman online untuk tambahan biaya beli kebutuhan sehari-hari karena suami tiap gajian selalu membayarkan kartu kreditnya dulu, baru kasih ke saya. Sedangkan ada beberapa kebutuhan yang harus segera dibeli dan gajian saya belum juga datang. Akhirnya saya ikut pinjam di pinjaman online.

Awalnya masih aman saya bisa bayar tepat waktu tanpa telat dan akhirnya saya mikir untuk segera tutup pinjol-pinjol tersebut, alhamdulillah bisa ditutup dan tidak ada lagi pinjol atas nama saya. Karena saya tahu suami sedang pusing dengan pinjaman online akhirnya saya kembali pinjam lagi dan ajukan top up KTA cuma tidak bisa menutup pinjaman online suami dan pinjaman online saya. Selama sebulan lebih kami tidak bisa membayar tagihan pinjaman online kami karena banyak yang mesti kami bayarkan di luar pinjaman online.

Akhirnya pinjaman online tersebut mulai meneror kami dengan menghubungi no telepon dan sms orang-orang yang tidak kenal kita dan tidak tahu kalau kita ada pinjaman online dengan alasan orang itu sebagai penjamin atau sepupu kita sebagai peminjaman dengan menyebarkan rincian tagihan dan no telepon kita beserta foto kita ke orang-orang yang tidak tahu apa-apa. Mereka sudah melanggar kode etik penagihan OJK. Pelanggaran hak nasabah.

Kami mohon untuk pihak OJK bisa menindaklanjuti pinjol-pinjol ilegal atau legal yang sudah menyalahi aturan penagihan. Mereka juga tidak ada takutnya kami laporkan ke OJK atau kantor polisi. Kami benar-benar geram sama ulah mereka. Akibat cara menagih mereka, suami saya hampir mau bunuh diri namun dicegah oleh saya. Apakah mau ada korban lagi untuk nasabah-nasabah pinjaman online dengan cara menagih mereka yang tidak ada henti-hentinya?

Kami mohon untuk OJK dan polisi bisa membantu kami dengan kasus ini karena yang bernasib seperti kami pasti bukan hanya kami saja, banyak di luar sana biar tidak ada korban lagi. Terima kasih semoga OJK dan Kepolisian bisa membantu kami para nasabah pinjol.

Andriyani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.9]

78 komentar untuk “Terjerat Pinjaman Online

  • 27 Maret 2019 - (00:32 WIB)
    mba , utk pinjol apakah saat ini masih ada yg nunggak ?
    saya salah satu pemakai pinjol dan saat ini keadaan keuangan saya lagi gak stabil .
    saya takut klo sampe foto saya di sebar .
    apa kita bisa bernegosiasi dgn pihak pinjol ?
    saya pake 4aplikasi yg mana saat ini saya blm mampu bayarkan .
    • 11 April 2019 - (11:35 WIB)
      Minta no wa nya dong ka.. Sy jg sama terjerat pinjol…mohon bantuannya
    • 15 April 2019 - (07:25 WIB)
      Bisa negosiasi tapi hanya sebatas kita membayar tenor nya saja…setelah itu kita akan pusing lagi.
      Saya salah satu pengguna pinjol yg sampai saat ini mengunakan hampir 20 app…saya jg sudah pusing keuangan saya lagi anjlok..istri .anak anak.orang tua.saudara dan teman2 yg ada di kontak di teror semua…sampe dibuatkan group di wa atas nama hutang saya…
      Serem sayapun sudah bingung mau bagaimana lagi cari dana untuk menutupi hutang saya…perusahaan tempat saya pun sudah mensomasi saya…mengenai pinjol yg saya lakukan..karna atasan dan hrd saya jg di teror…
      Bagimana mau fokus cari uang sedangkan setiap hari telp dari deptcolector terus menagih…
  • 27 Maret 2019 - (09:13 WIB)
    Pinjol marak dan korban makin banyak. Sabar mbak….boleh kalau mau sharing silahkan bisa ke WA saya, ikhtiar keluar dari jerat pinjol.
  • 27 Maret 2019 - (10:30 WIB)
    sama mba saya jg terjerat pinjaman online, malahan udh ada yg d datengin k rumah
    bingung mau bayar tp blm ada dana’a
    semua kontak d hubungin, dari mulai sms, tlp, sampai wa pun jg d hubungin
    ada yg tau solusinya ga?
  • 27 Maret 2019 - (10:48 WIB)
    mau tanya, kalau kita log out dan tidak lagi menggunakanwhatsapp apakah masih bisa dihubungi semua kontak kita?
    • 27 Maret 2019 - (12:03 WIB)
      Data kontak itu mereka download dari perangkat HP kita mbak, bukan dari Whatsapp. Sekali mereka udah sempat download data kontak kita melalui aplikasinya, siap2 aja mereka sewaktu2 bakalan menghubungi data kontak mbak. 😔
        • 28 Maret 2019 - (12:41 WIB)
          Klo d reboot ulang, yg hilang hanya d hp mbak saja. Tp tidak untuk contacts mbak. Cara mereka masuk :
          1. Meminta otorisasi Gmail account, yg artinya mereka tau otorisasi perangkat Android : contacts,sms,telepon,file dan media.
          2 Meminta otorisasi dari aplikasi medsos : Facebook etc.
          3 Meminta otorisasi akun ecommerce : lazada,Tokopedia, Bukalapak,shopee dll.
          4. Meminta otorisasi driver online : Gojek dan grab.
          6. Aplikasi backup master, setelah mengajukan biasanya meminta untuk mengunduh aplikasi tersebut. Semua kontak, sms dan telepon akan mereka ambil.
          7. Otorisasi WhatsApp : meminta untuk membuka izin (aktif) whatsapp. Ini juga sama dengan poin 6.
          • 28 Maret 2019 - (16:02 WIB)
            jadi kalo data sudah d ambil tidak ada cara lain yha mas … untuk menghapusnya …
      • 28 Maret 2019 - (12:29 WIB)
        Beberapa perusahaan fintech memiliki lebih dari satu aplikasi, dan sering berubah nama. Dan sangat tidak jelas profile perusahaan mereka. Mereka merestore atau backup contacts d handphone, bahkan kontak yang lama dan atau tidak pernah berkomunikasi,mereka akan menghubunginya. Ketika kita komplain atau nelpon tidak akan bisa dihubungi.
        Kaloupun bisa mereka akan bilang bahwa itu sesuai SOP atau system’.
    • 28 Maret 2019 - (16:32 WIB)
      Ada yang benar datang ada yang tidak. Jangan kuatir..jika datang terima baik-baik, sediakan minum ajak ngobrol…mereka juga kerja dan tugas nya memang untuk nagih. Lebih enak kalau ketemu malah bisa nego baik-baik, drpa deskcall yang sering neror
  • 28 Maret 2019 - (11:51 WIB)
    Jangankan telat sebulan mba.
    Saya aja yg telat sehari langsung d ancam data saya akan di sebar.

    Positif aja mba, uang emng ga seberapa,
    Tapi kalau sudah sampai mengancam dan menyebarluaskan data pribadi kita.

    Itu sama aja utang udh lunas

  • 28 Maret 2019 - (12:26 WIB)
    Beberapa perusahaan fintech memiliki lebih dari satu aplikasi, dan sering berubah nama. Dan sangat tidak jelas profile perusahaan mereka. Mereka merestore atau backup contacts d handphone, bahkan kontak yang lama dan atau tidak pernah berkomunikasi,mereka akan menghubunginya. Ketika kita komplain atau nelpon tidak akan bisa dihubungi.
    • 28 Maret 2019 - (13:38 WIB)
      Sebenarnya ada, tetapi tidak mau secara terbuka mengenai profile perusahaan dan alamat. Bahkan satu no mor mereka dipakai dengan cs atau petugas yg berbeda2. Dan tidak bisa ditelepon
      • 28 Maret 2019 - (13:40 WIB)
        Yang lucu dengan suara kecil banget ” kami dari aplikasi pinjaman online A, meminta verifikasi data anda” padahal yg dipakai untuk mengajukan aplikasi B.
      • 28 Maret 2019 - (13:41 WIB)
        Kalau ada yang sampai di datengin itu wilayah yg masuk jangkauan apa deluruh indomesia kak.??
          • 28 Maret 2019 - (14:24 WIB)
            Itu kan yg telat bayar bukan hanya 1 org kak.. apakah yg telat bayar itu di datangin semua.?? Apa bagaimna.??
  • 28 Maret 2019 - (14:26 WIB)
    Tergantung yang terdekat dari jangkauan mereka dan tingkat dendanya berapa. Tapi mereka akan teror terus menerus terlebih dahulu
  • 28 Maret 2019 - (18:22 WIB)
    Maaf kak bisa gak ya chat japri ke wa saya .0814130238**
    Saya sudah terlanjur terjerat aplikasi pinjol , ada 4 aplikasi yg TDK bisa saya bayar.dan saya diteror trs. Sampai istri saya tau . Saat ini saya bingung dan TDK bisa berbuat apa apa.. saya takut mereka penagih datang ke rmh orang tua saya. Tolong beri saya solusi …
  • 28 Maret 2019 - (19:06 WIB)
    Kadang biarpun kita sudah lunas pun data akan mereka simpan dan mungkin nomor kita pun mereka jual (sebarkan) ke fintech lain terutama nomor telepon telepon kita. Perhatikan SMS masuk dari aplikasi fintech lain berlomba2 merayu.
    • 9 April 2019 - (16:50 WIB)
      iya benar sekali, setiap hari selalu ada sms yang menawarkan pinjaman. sampai ada yang menyebutkan nama lengkap saya. itu bagaimana ya mengatasinya ?
  • 30 Maret 2019 - (22:35 WIB)
    Mohon masukin saya ke grup wa ini nomor saya 085230324695
    Soalnya saya juga terjerat pinjol dan saya tidak bisa bayar, apakah adari pihak pinjol akan mengusut masalah ini kepolisi ? Mohon pencerahannya, terima kasih
    • 5 April 2019 - (18:09 WIB)
      Maaf mau tanya , kalau tidak bisa bayar pinjaman online, apakah nomor rekening saya diblokir dari pihak pinjaman online
      • 10 April 2019 - (20:20 WIB)
        Gimana caranya bisa terbebas dr pinjol ya? Sy jg terlibat nie, sy tkt mreka menyalahgunakan data sy, tp sy jg gk punya dana untuk melunasi mereka dgn segera tanpa hrs meminjam lg
  • 9 April 2019 - (12:29 WIB)
    Kepada rekan rekan yang sudah terjebak pinjol,silakan gabung bersama kofin law&partner,selain dpt pendampingan hukum kita juga akan mendapatkan dana talangan,yukkk gabung kofin!
  • 11 April 2019 - (08:16 WIB)
    Sy jg sama terjerat pinjol,buat bayar yg ini pinjem sana,akhirnya gx selesai2 dn sy gx bs bayar,adakah solusi sy mohon dgn sangat,krna sy pinjampun terpaksa bkn untuk hal2 aneh,mohon solusihya
  • 22 April 2019 - (14:25 WIB)
    Ka izin gabung grup untuk meminta solusinya sampai saat ini pinjaman online saya belom bisa bayar ada hampir 10 apk sdh telat berbulan” mohon izin gabung meminta solusinya. Ini nomer wa saya 085210664182

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Terjerat Pinjaman Online

meychan djodjo 1 menit
78