Kartu Kredit Bank Mandiri Saya Di-hack namun Proses Pengembalian Dana Lambat

Dear media konsumen,

Saya menggunakan kartu kredit Bank Mandiri dengan no kartu 4137 18** **** 3260. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 16:15:19 saya mendapatkan sms menggunakan transaksi di ITUNES.COM/BILL IDR 359.0000, sementara saya tidak menggunakan kartu kredit tersebut.

Saya langsung menghubungi call center Mandiri untuk meminta kejelasan transaksi tersebut, dan menjelaskan saya tidak ada menggunakan transaksi tersebut. Pihak call center menyarankan agar kartu tersebut diblokir dan meminta saya untuk mengirimkan surat sanggahan transaksi tersebut. Pihak call center Mandiri memblokir kartu saya dan menjelaskan akan ada proses ganti kartu dengan biaya Rp50.000 dan kartu pengganti tersebut akan dikirimkan kepada saya

Pada hari yang sama saya mengirimkan surat sanggahan melalui email ke pihak Mandiri Care dan langsung dibalas pihak Mandiri Care agar mengirimkan surat sanggahan tersebut sudah masuk ke tagihan dikarenakan penjelasan pihak Mandiri Care tagihan tersebut masih menggantung.

Pada tanggal 26 Maret 2019, saya mengirimkan surat sanggahan kembali, dikarenakan dari aplikasi Mandiri ONLINE yang saya gunakan tagihan tersebut sudah tertagih. Mandiri Care membalas surat saya melalui email dan menjelaskan untuk sanggahan tersebut segera ditindak lanjuti. Namun berdasarkan email yang mereka kirimkan saya merasa sangat keberatan untuk jawaban tersebut, pihak Mandiri Care menjelaskan proses sanggahan tersebut membutuhkan waktu “180 HARI KERJA”. Saya sempat membalas email tersebut dan sempat menanyakan kenapa proses tersebut terlalu lama sementara saya adalah orang yang dirugikan dikarenakan penggunaan tersebut. Dan di sisi lain menunjukan ketidakamanan saya sebagai pengguna kartu kredit Bank Mandiri karena kartu tersebut sangat mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun pihak Mandiri Care seperti tidak peduli dengan keluhan saya dan menjelaskan sudah menjadi prosedur mereka.

Pada tanggal 09 April 2019 melalui aplikasi Mandiri Online saya melihat ada dana masuk ke kartu kredit saya senilai Rp359.000, dan saya rasa nominal tersebut sudah dikembalikan pihak Bank Mandiri kepada saya dari transaksi yang tidak saya lakukan tersebut. Nominal tagihan kartu kredit saya pada saat itu Rp7.097.000,. Saya membayarkan pada tanggal 17 April 2019 sebesar Rp6.738.000 dikarenakan saya kurangi dengan tagihan Rp359.000 yang sudah dikembalikan pihak Mandiri. Namun melalui aplikasi Mandiri Online yang saya gunakan pada tanggal 28 April 2019 saya dikenakan INTEREST Rp207.857.

Saya menghubungi pihak call center pada tanggal 02 Mei 2019 untuk meminta kejelasan bunga apa yang ditagihkan kepada saya. Pihak call center menjelaskan adalah kekurangan bayar yang saya lakukan, dikarenakan menurut pihak Mandiri dana Rp359.000tersebut masih dalam proses dan pengembalian tersebut masih sifatnya menggantung.

Saya sangat keberatan dengan sistem Bank Mandiri tersebut dikarenakan:

Pertama, apabila memang tagihan tersebut sifatnya masih menggantung/belum disetujui kenapa pengembalian dana tersebut sudah masuk ke aplikasi Mandiri Online?

Kedua, proses pengembalian dana tersebut sangat lama sehingga sangat memberatkan saya sebagai pengguna kartu kredit Mandiri dikarenakan saya adalah pihak yang sangat dirugikan. Saya dipaksa membayarkan tagihan tersebut bahkan sekarang saya dikenakan bunga dikarenakan saya dianggap tidak membayarkan full dari total tagihan tersebut oleh pihak Mandiri.

Saya pun mempertanyakan cara perhitungan bunga tersebut, ini sistem bunga PERBANKAN atau sistem bunga RENTENIR, ketika kekurangan tagih saya hanya senilai Rp359.000 namun bunga yang harus saya bayarkan Rp207.857.

Ketiga, kartu pengganti dengan biaya ganti kartu Rp50.000 yang mereka janjikan akan dikirimkan kepada saya sejak akhir Maret sampai dengan detik ini kartu tersebut belum saya terima kembali.

Keempat, saya tidak mendapatkan email tagihan. Menurut penjelasan call center Mandiri dari sistem tagihan melalui email tidak ada pengajuan sedangkan selama ini saya mendapatkan lembar tagihan melalui email, email terakhir yang saya dapatkan tanggal 11 Maret . Tagihan kartu kredit Mandiri saya bayarkan pada bulan April hanya berdasarkan aplikasi Mandiri Online yang saya punya.

Kelima, kartu pengganti belum saya terima bahkan sudah muncul biaya tahunan pada tanggal 01 Mei 2019 sebesar Rp300.000

Saya mengirimkan bukti dari aplikasi Mandiri Online pengembalian dana yang dijelaskan oleh pihak call center masih menggantung, apabila memang masih menggantung kenapa sudah ada muncul pada aplikasi

Mohon bantuan media konsumen untuk diteruskan ke Bank Mandiri dan Mandiri Care.

Ratih Kemala Ningtyas
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri:
[Penilaian Rata-rata: 1.2]

Satu komentar untuk “Kartu Kredit Bank Mandiri Saya Di-hack namun Proses Pengembalian Dana Lambat

  • 20 Juli 2019 - (22:20 WIB)
    Saya setuju dengan tulisan di atas karena baru aja saya kena kejadian tersebut. Ada transaksi total 1.100 australia dollar kalo di rupiah 11juta rupiahh !!!

    Langsung saya telepon untuk di block dan ganti kartu dikenain 50rb. Saya bilang ke cs nya bahwa ini bukan salah saya kok suruh ganti kartu 50rb ? Katanya uda peraturan dan cs nya malah seperti nyalahin saya karena ada transaksi diluar negeri.

    Langganan netflix, spotify dan beli game PS kan transaksi nya di dalam negeri dan harga nya uda jadi rupiah, sementara transaksi yang australia ini bentuk nya masih australia dolar dan belum di rupiah kan !!!

    Menurut tulisan mba di atas ntar lebih repot lagi nih ngurus surat sanggahan nya dan lain lain nya.

    Kalau transaksi online luar negeri jangan pake kartu mandiri deh. Ga rekomen banged !

    Kalau transaksi online dalam negeri kayaknya masih aman dan transaksi offline luar negeri juga msh aman soalnya saya pernah beli sepatu di toko di jepang pake kartu mandiri dan ga ada kejadian aneh2

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bank Mandiri Saya Di-hack namun Proses Pengembalian Dana …

Ratich Ningtyas 2 menit
1