Akun PayLater Traveloka Dibobol Hacker, Korban Tetap Dibebankan Tagihan

Selamat pagi,

Nama saya Trias. Pada tanggal 4 April 2019 lalu, email Gmail saya kena hack sampai saya harus reset handphone dan ubah ulang password-nya. Setelah bisa buka email lagi, saya mendapat 4 tagihan pembelian tiket ke tempat wisata Jatim Park tanpa sepengetahuan saya. Sekali lagi, ini hanya tagihannya saja yang sampai ke saya, bahkan e-ticketnya pun saya tidak dikirim. Spontan saya kaget banget, karena tidak merasa melakukan pembelian namun dapat tagihan dengan total sekitar Rp2.848.310 dengan rincian dan tagihan seperti ini:

1) Number: #2478664; Date: 4/4/2019 11:09:14; tiket ke Museum Angkut Jatim Park sebesar Rp872.826
2) Number: #2478690; Date: 4/4/2019 11:10:04; tiket ke Museum Angkut Jatim Park sebesar Rp872.798
3) Number: #2478706; Date: 4/4/2019 11:10:45; tiket ke Museum Angkut Jatim Park sebesar Rp872.761
4) Number: #2478737; Date: 4/4/2019 11:12;20; tiket ke Museum Angkut Jatim Park sebesar Rp290.879

Di situlah saya baru sadar kalau akun PayLater Traveloka saya dibobol. Berapa hari setelahnya saya mau pakai akun PayLater saya, namun sudah tidak bisa diakses lagi. Saya heran dan langsung hubungi call center, katanya akun Traveloka saya masih aktif dan terdaftar atas email saya, namun di handphone saya sendiri saya tidak bisa akses. Saya coba registrasi ulang, dibilangnya alamat email saya sudah pernah digunakan.

Karena saya merasa ini sudah tidak beres, akhirnya saya minta akun saya dibekukan, bukti-bukti screenshot pun saya lampirkan. Akhirnya pun saya sedikit tenang karena akun sudah dibekukan. Tetapi, tidak disinggung-singgung sedikitpun oleh CS kemana tagihan itu akan dialamatkan.

Namun, beberapa hari lalu saya di telepon oleh auto-reminder dari Traveloka dan tetap mendapat tagihan ini. Bukan main kaget dan kesalnya saya. Langsung saya hubungi call center Traveloka lagi dan menyatakan kekecewaan dan kemarahan saya tentang hal ini. Saya jelaskan dengan rinci kalau di tanggal 4 April 2019 tsb saya memang kena hack. Responnya apa? Saya dapat email dari Traveloka kalau tagihan tetap dibebankan kepada saya. Yang benar saja! Saya yang dirugikan dan kena hack karena sistem PayLater sendiri kebobolan, dan saya sebagai korban juga yang harus ganti rugi. Seriously, Traveloka?

Karena masih kesal dan tidak terima, saya balas emailnya. Saya lampirkan screenshot email notifikasi dari Google kalau tinggal tsb ada alert kalau password saya diganti. Dan….. responnya adalah….. itu terlampir gambarnya. Saya juga masih tetap dibebankan tagihan. Gimana ya, apakah akan tidak ada solusi lain? Di S&K memang tagihan dibebankan kepada pembeli, tapi kan saya punya bukti kuat kalau di tanggal itu saya kena hack, pasti mereka tahu lah itu bukan saya yang beli. Selain itu, sebelumnya saya udah pernah komplain karena akun Traveloka saya gak bisa diakses dan akhirnya dibekukan sendiri loh sama Traveloka. Nah, by logic, kan Traveloka harusnya tahu saya BUKAN orang yang melakukan pembelian tiket haram itu. Saya yakin recordnya pun masih terekam di Traveloka karena saya udah berkali-kali komplain tentang hal ini.

Di mediakonsumen.com sendiri saya sudah baca banyak sekali keluhan dan kisah seperti saya. Dear Traveloka, tolong diberikan solusi terbaik, saya jelas-jelas adalah korban dan juga banyak orang lainnya. Apakah akan dibiarkan seperti ini? Ini sudah keterlaluan menurut saya pemerasan seperti ini. Tanpa konsumen, Traveloka sendiri juga tidak akan sesukses seperti sekarang kan. Jadi mohon solusi terbaiknya ya!

Regards,

Trias Dian Lestari
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Traveloka:
[Penilaian Rata-rata: 2.8]
Tanggapan Traveloka atas Surat Ibu Trias Dian Lestari

Kepada Yth Ibu Trias Dian Lestari, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama kami memohon maaf atas kendala dan...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Akun PayLater Traveloka Dibobol Hacker, Korban Tetap Dibebankan Tagihan

  • 8 Mei 2019 - (11:24 WIB)
    Dari beberapa kasus yang ada di MK, rata2 dipake buat beli tiket di Jatim Park. Curiga pelakunya sama 🤔

    Tapi yang paling menyedihkan adalah tidak ada usaha dari Traveloka buat menutup celah keamanan ini dan menyeret pelakunya secara hukum. Waspadalah buat para pengguna Traveloka, jangan menyimpan data kartu kredit dan PayLater di aplikasi Traveloka! Mending pake sistem transfer aja.

    • 9 Mei 2019 - (04:26 WIB)
      Iya mas sangat disayangkan. Saya jg udah gak mau lg deh pakai jasa2 semacam ini lagi kapok, apalagi makin hari korbannya makin banyak gini 🙁
  • 14 Mei 2019 - (15:43 WIB)
    Mba, apakah pelakunya bernama Agung? Saya juga menjadi korban namun si pelaku dengan bodohnya meninggalkan nomor hape dan namanya. Sudah saya laporkan tp tidak di usut. Total kerugian saya sebesar 2,6jt. Akun saya di blokir dan tetap dibebankan. Namun saya sengaja tidak membayarkan karena pihak traveloka juga tidak memberikan kebijakan ttg hal tsb. Jika dari mereka tidak memberikan solusi, buat apa kita menyelesaikan solusi. Ini cuma saran saya aja mba.
  • 19 Mei 2019 - (04:43 WIB)
    Gimana kalau pd buat grup traveloka?
    Ada yg pernah buat surat kepolisian? Soalnya akun saya jg sama di hack & saya dpt nomor hacker tsb dari email saya sblm di hack & tipe hp yg dia pakai ketika masuk email saya.
    Saya sudah hubungin pihak traveloka lebih dari 5x sejak kemarin & minta cancel ssemua transaksi dari tgl 18 mei karena itu bkn transaksi saya. Dan yg baru ketauan dia pakai paylater saya hampir 2jt kurang sedangkan limit paylater saya hanya 1,3jt dan itupun blm pernah saya gunakan sama sekali!!!!!! Terus dia coba purchase 2,8jt & 1,4jt pakai cc saya yg terfaftar di traveloka tp percuma jg krn kan pakai otp yg masuk ke hp saya
    Saya masih menunggu dari tim fraud traveloka, saya sudah blg kalau saya gamau bayar transaksi dari tgl 18 krn itu bukan punya saya. Semoga penangannya lebih sigap. Krn ada timet issued hari ini di transmart cempaka putih sebanyak 6 tiket jam 19.10 untuk tiket avengers. Dan tiket dufan 130.xxx dicicil selama 12 bulan. Gilaaaa!!!!!!

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Traveloka?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Akun PayLater Traveloka Dibobol Hacker, Korban Tetap Dibebankan Tagiha…

Trias dian lestari 2 menit
4