Nomor Indosat Di-Nonaktifkan Tanpa Pemberitahuan dan Tanpa Toleransi

Salam,

Sebelumnya saya sudah pernah membalas komentar sebuah artikel di website ini dengan isi yang hampir sama, namun tidak mendapat balasan. Karena itu saya mencoba untuk menuliskan kembali permasalahan yang saya hadapi, dengan harapan pihak Indosat dapat membantu saya untuk menangani masalah ini.

Masalah ini dimulai ketika pada hari Rabu, tanggal 22 Mei 2019, saya mencoba untuk melakukan transfer melalui mobile banking, namun mengalami kegagalan. Berhubung mobile banking menggunakan pulsa sms, dan seingat saya, pulsa saya habis karena tersedot paket data harian dari Indosat yang lupa saya matikan, maka saya coba untuk melakukan isi ulang. Namun isi ulang pulsa juga mengalami kegagalan.

Saya coba mengecek ke *123#, *363# dan nomor lain yang biasa saya gunakan untuk mengecek pulsa, namun balasan yang saya terima adalah “MMI Code Invalid”. Kemudian saya mencoba melakukan panggilan keluar, namun belum sempat ada nada dering, panggilan tersebut sudah gagal.

Masih di hari yang sama, 22 Mei 2019, saya mencoba menelpon customer service Indosat melalui nomor saya yang lain, untuk menanyakan permasalahan yang saya hadapi. Jawaban dari customer service saat itu adalah bahwa nomor saya telah di-nonaktifkan karena saya tidak melakukan pengisian pulsa hingga masa tenggang berakhir, dan saya disarankan untuk datang ke Galeri Indosat terkait untuk melakukan migrasi ke pasca bayar supaya nomor saya dapat diaktifkan kembali.

Hal yang menjadi pertimbangan saya ketika mendengar bahwa nomor saya di-nonaktifkan karena melewati masa tenggang adalah:

  • Nomor ini sudah saya gunakan sekitar 6-7 Tahun (saya yakin Indosat memiliki catatan mengenai hal ini).
  • Seingat saya, masa aktif dan masa tenggang saya terakumulasi begitu banyak hingga berbulan-bulan ke depan karena pengisian pulsa yang rutin.
  • Tidak ada pemberitahuan dari Indosat bahwa kartu saya akan di-nonaktifkan karena akan melewati masa tenggang (bahkan Dirjen Pajak saja mengingatkan bahwa STNK saya hampir habis).

Keesokan harinya, Kamis, 23 Mei 2019, saya pergi ke Galeri Indosat di Jl. Merdeka Barat untuk mencari solusi permasalahan saya ini. Respon yang diberikan oleh petugas di sana sama seperti jawaban dari customer service, yaitu bahwa kartu saya di-nonaktifkan karena melewati masa tenggang. Adapun masa tenggang saya berakhir di tanggal 17 Mei 2019 dan nomor saya di terminasi pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 07.00 pagi. Tidak bisa diaktifkan kembali dan harus migrasi ke pasca bayar. Namun untuk migrasi ke pasca bayar tersebut, saya diwajibkan untuk mengikuti paket 6 bulan – 1 tahun dengan rentang biaya sekitar Rp 500.000,- dan tidak ada cara lain lagi.

Menurut penjelasan petugas di sana, nomor saya bisa migrasi ke pra bayar kembali jika sudah mengikuti paket pascabayar tersebut.

Hal yang membuat saya kecewa adalah:

  • Saya diharuskan (yang terkesan memaksa) untuk mengikuti paket pascabayar tersebut jika ingin menyelamatkan nomor saya.
  • Jika bisa dialihkan ke prabayar setelah mengikuti program pascabayar, seharusnya bisa saja nomor saya diaktifkan kembali bukan?
  • Tidak ada toleransi sama sekali dari Indosat (karena petugas disana mengatakan nomor saya sudah tidak bisa diaktifkan kembali).

Saya sebagai konsumen merasa sangat keberatan dan sangat kecewa dengan keputusan Indosat untuk menonaktifkan kartu saya tanpa pemberitahuan ini, karena nomor ini terhubung dengan berbagai macam account, seperti perbankan, pajak, dan masih banyak lagi. Belum lagi rekanan kerja saya, keluarga, teman-teman dan kerabat saya yang lain menjadi kesulitan untuk menghubungi saya.

Saya akui kelalaian saya bahwa saya tidak melakukan pengecekan masa aktif secara rutin, karena pandangan saya yang merasa bahwa masa aktif saya terakumulasi dari penggunaan tahun-tahun sebelumnya. Namun saya sangat berharap bahwa Indosat dapat memberikan solusi yang lebih baik daripada saya harus mengikuti program pascabayar, karena saya sangat kecewa jika dipaksakan untuk mengikuti program tersebut.

Sebagai konsumen, saya sangat dirugikan karena pekerjaan saya terganggu akibat nomor saya menjadi tidak bisa dihubungi, belum lagi kedepannya saya harus mengurus migrasi berbagai macam akun perbankan, pajak, asuransi, dan lain sebagainya untuk dialihkan ke nomor lain jika nomor saya tidak bisa diaktifkan kembali.

Saya sebagai pelanggan dengan nomor 0856954666**, jika melihat aduan tanggal 23 Mei 2019 di Galeri Indosat Jl. Merdeka Barat, pasti pihak Indosat akan menemukan informasinya. Jika ingin menghubungi saya, bisa via email di erickyunus601@gmail.com.

Saya harap ada niat baik dari Indosat untuk membantu saya selain dipaksakan mengikuti program pascabayar yang disarankan.

Terima kasih,

Erick Yunus
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooreedo:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Nomor Indosat Di-Nonaktifkan Tanpa Pemberitahuan dan Tanpa Toleransi

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooreedo?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Nomor Indosat Di-Nonaktifkan Tanpa Pemberitahuan dan Tanpa Toleransi

ErYu 3 menit
1