Akun Bukalapak Saya Diretas, Saldo Dikuras dengan Modus Transaksi Pembelian Mainan

Sebelumnya mohon maaf karena saya harus membuat surat pembaca terbuka seperti ini. Saya tidak ada maksud sama sekali untuk menjatuhkan pihak Bukalapak dan J&T, saya hanya meminta pertanggungjawaban pihak Bukalapak dan hak saya sebagai pelapak. Sebelumnya saya sudah menjelaskan keluhan saya melalui CS Bukalapak di nomor telepon 021-5081-3333 pada dini hari tadi tepatnya pada pukul 00.18 tanggal 28 Mei 2019.

Sesuai judul di atas, saya Garry Septian pelapak dengan username: fithouse dengan nama toko EvoleneSBY, https://www.bukalapak.com/fithouse, tepatnya kemarin malam tanggal 27 Mei 2019 pada pukul 23.20 saya dikagetkan dengan notifikasi dari aplikasi Bukalapak melalui handphone saya, terdapat transaksi dari akun saya ke sebuah toko yang menjual produk mainan yaitu Lego Batman.

Kronologinya sebagai berikut:

  • Saya langsung melakukan pengecekan histori di aplikasi Bukalapak, ternyata saldo saya sudah terkuras habis.
  • Ada transaksi pemesanan dan pembayaran mainan tersebut sebesar Rp1.482.000 pada pukul 22.41 WIB dimana lucunya jasa pengiriman yang digunakan adalah J&T regular, sedangkan yang saya tahu kantor pengiriman J&T di Surabaya rata-rata tutup jam 19.00 WIB.
  • Setelah pemesanan dilakukan jenjang 1 menit yaitu tepatnya 22.42 WIB resi langsung dimasukkan dan barang langsung diterima.
  • Lalu si pelaku melakukan komplain pesanan dan menyetujui solusi dengan mengembalikan saldo sebesar 1 rupiah pada pukul 22.43 WIB.

Dari kejadian tersebut saya langsung panik dan langsung menghubungi CS Bukalapak. Dan perlu diinfokan juga kepada Bukalapak bahwa saya Garry Septian selama ini BELUM PERNAH memberikan data pribadi saya atau memberikan informasi perihal USERNAME dan PASSWORD Bukalapak saya kepada siapapun, dan saya tidak PERNAH mengKLIK LINK yang berhubungan dengan FRAUD yang mengharuskan saya untuk memberikan data pribadi.

Setelah saya crosscheck kembali ketika saya ingin mengganti password saya, ternyata nomor hape di akun saya di Bukalapak SUDAH DIGANTI dengan nomor lain yang bukan nomor saya. Padahal saya sudah menggunakan OTP dan tidak ada SMS masuk ke nomor saya ataupun pesan ke Whatsapp saya.
Padahal sebelum kejadian ini lancar-lancar saja penjualannya dan saya selalu membagikan link Bukalapak saya kepada pelanggan saya selain Toped dan Shopee.

Kepada pihak Bukalapak mohon bantuannya dan kembalikan saldo remit untuk transaksi penjualan saya yang menjadi HAK saya, karena jujur sampai detik ini saya belum pernah meng klik link dan memberikan data pribadi saya ke siapa pun. Oleh karena itu saya tunggu secepatnya untuk menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana. Tolong dibantu.

Garry Septian
Akun BL: fithouse
Nama Toko: EvoleneSBY
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Garry Septian

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...
Tentang Penulis
garry septian dinata  

1 september 1991 probolinggo tinggal di surabaya

10 komentar untuk “Akun Bukalapak Saya Diretas, Saldo Dikuras dengan Modus Transaksi Pembelian Mainan

  • 29 Mei 2019 - (09:02 WIB)
    Wuih ini modus penipuan yg baru lagi gan. Biasanya dana dikuras n dilarikan buat beli pulsa XL biar gak bisa dilacak. Kali ini si pembobol pake dua akun buat melancarkan aksinya. Ini celah keamanan serius Bukalapak!! Kok bisa sistemnya mengizinkan dalam hitungan sekejap bisa input resi palsu, konfirmasi terima barang, komplain, refund dana, dsb?! 🤔😈
    • 29 Mei 2019 - (14:58 WIB)
      Kalau menurut saya ini antara hacker atau orang dalam. Karena ada saldo di bukadompet ga bisa digunakan untuk transaksi. Ada tertera di foto pihak Bukalapak sendiri yang mengumumkan bahwa mulai pertanggal 25 Mei saldo tidak bs digunakan untuk transaksi.
  • 29 Mei 2019 - (13:16 WIB)
    “Kalau benar” sistem BL memperbolehkan konfirmasi penerimaan barang dalam sekejap setelah pengiriman, apalagi bukan menggunakan instant courier, berarti masih mending sistem di tetangganya yang cat hijau, karena di situ sistem tidak memperbolehkan konfirmasi terlalu cepat.

    & bisa mengganti no HP tanpa diketahui pemilik asli, modusnya kok mirip2 dengan pembajakan “BayarNanti” yang juga sering muncul di sini.
    Jangan-jangan celah keamanannya mirip, atau bahkan hacker-nya 1 grup…

  • 31 Mei 2019 - (15:09 WIB)
    Di cek hack password dari aplikasi Telegram. Saldo sudah dikembalikan oleh admin Bukalapak. Adminnya beda sekali sama yang pertama ramah sekali. Terima Kasih Bukalapak. Case Closed
    • 31 Mei 2019 - (15:19 WIB)
      Maksudnya dihack lewat Telegram gimana gan? Share pengalamannya di sini biar yg lain jg waspada.
      • 31 Mei 2019 - (15:30 WIB)
        Jadi begini password saya di hack oleh pelaku dari aplikasi telegram. Kebetulan password yang saya pakai sama. Tapi tetap saya bingung kenapa dia bisa melewati kode OTP untuk perubahan nomor handphone. Dan si pelaku bisa melakukan transaksi menggunakan saldo dari BukaDompet.

        Bodohnya dia juga memasukkan rekening bank jadi saya laporkan semua ke pihak Bukalapak agar bisa di investigasi oleh pihak Bukalapak.

        Pihak Bukalapak juga memberikan saran untuk kedepannya lebih baik password dari semua aplikasi berbeda. Jadi mengurangi resiko kita untuk dapat diretas.

  • 11 Juni 2019 - (10:47 WIB)
    sudah sering kejadian pembobolan akun di bukalapak, lebih baik hindari market place ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Bukalapak?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Akun Bukalapak Saya Diretas, Saldo Dikuras dengan Modus Transaksi Pemb…

garry septian 2 menit
10