Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Saya di Lazada

Saya membeli handphone di Lazada 2 buah dengan pengiriman ke alamat yang berbeda.

1. Untuk pesanan yang pertama dengan nomor pesanan 276135851045370 pada tanggal 10 Juni 2019, nama penerima (istri saya): Citra Permata Sari, alamat pengiriman: Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, dan Lazada memilihkan kurir Ninja Xpress (Resi : NLIDRT0001558635) karena pembeli tidak bisa memilih kurir.

2. Untuk pesanan kedua dengan nomor pesanan 276150214945370 pada tanggal 10 Juni 2019 (beda 1 jam dengan pesanan pertama), nama penerima (istri saya) : Citra Permata Sari, alamat pengiriman : Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Lazada memilihkan kurir LEX ID (Resi : LXRT-1008169679) karena pembeli tidak bisa memilih kurir. Untuk pesanan yang kedua ini lebih dahulu sampai, diterima pada tanggal 11 Juni 2019 pukul 09:16 dan tidak ada masalah.

Yang menjadi MASALAH BESAR adalah untuk pesanan yang pertama. Ketika saya dan istri (kami) melihat tidak ada pergerakan di data kurir Ninja Xpress (https://www.ninjaxpress.co) pada tanggal 11 Juni 2019. Kami masih berprasangka baik, mungkin personil Ninja Xpress lupa menginput di sistemnya. Sampai pada tanggal 14 Juni 2019 kami cek nomor resi di website Ninja Xpress masih belum ada update, jadi saya memutuskan untuk menelepon call centre Ninja Xpress di 021-29264120.

Saat menelepon Call Centre Ninja Xpress, mereka mengatakan paket kami tersebut menunggu antrian untuk terbang dan akan memberitahu tim terkait agar paket kami menjadi prioritas untuk dikirim dan meminta kami sabar menunggu. Sampai dengan hari Minggu tanggal 16 Juni 2019, kami masih belum mendapatkan titik terang keberadaan paket kami. Karena dilihat dari situs (https://www.ninjaxpress.co), pihak Ninja Xpress memang melakukan update tanggal 15 Juni 2019 jam 10:57 malam. Namun update mereka sama sekali tidak menyelesaikan masalah, tulisannya sama persis dengan update sebelumnya, yaitu “Berangkat dari gudang Ninja Xpress – Transit”.

Kami pun memutuskan menghubungi pihak Lazada melalui Live Chat untuk komplain, dan setelah live chat pihak Lazada menelepon kami. Pihak Lazada mengatakan mohon ditunggu sampai tanggal 17 Juni pukul 10 malam. Jika paket masih belum diterima kami diminta menghubungi pihak Lazada kembali.

Pada tanggal 17 Juni 2019, istri saya memutuskan menelepon kembali Call Centre Ninja Xpress (021-29264120) setiap 1 jam dari mulai siang hingga malam. Dan yang paling mengejutkan, ketika menelepon di sore hari, Call Centre tersebut mengatakan “PAKET IBU SEMPAT HILANG PADA TANGGAL 14 JUNI 2019, NAMUN SETELAH DILAKUKAN INVESTIGASI, BARANG TERSEBUT SUDAH DITEMUKAN DAN SAAT INI SEDANG MENUNGGU ANTRIAN TERBANG KE KABUPATEN LAHAT”. Apa? Hilang? Siapa pun yang mendengar hal tersebut, otomatis akan marah besar. Bagaimana bisa Ninja Xpress tidak amanah menjaga barang titipan? Kami pun saat ini bingung, apa yang harus kami lakukan, menunggu tanpa kejelasan, atau bagaimana?

Melalui surat pembaca ini, kami meminta kepada:

1. Pihak Lazada agar memberikan kami kejelasan bagaimana pesanan kami tersebut. Jika sewaktu-waktu dibatalkan oleh pihak kurir, apakah nanti barang tersebut akan dikirim lagi menggunakan jasa kurir selain Ninja Xpress yang tidak bertanggung jawab tersebut? Jika iya, sampai kapan deadline kami harus menunggu? Jika pihak Lazada membatalkan pesanan kami, bagaimana proses pengembalian uangya? Karena kami menggunakan pembayaran kartu kredit dan sudah diubah ke cicilan. Jika uang dikembalikan berupa saldo yang masuk ke Lazada, itu akan sangat merugikan kami dan kami tidak menginginkan hal seperti itu (uang masuk ke saldo Lazada credit).

2. Pihak Ninja Xpress (terutama manajemen terkait) mohon kalian benar-benar bertanggung jawab untuk masalah ini. Jangan kalian hanya menyuruh Call Centre kalian sebagai tameng kalian, karena call centre Ninja Xpress tidak pernah memberikan solusi, hanya memberikan harapan palsu kepada konsumen yang sudah naik pitam  karena pelayanan kalian. Saya minta solusi konkret dari kalian, tim manajemen Ninja Xpress. Jika memang barang pesanan kami hilang, mohon segera diganti. Atau kalian selesaikan dengan pihak Lazada bagaimana baiknya, atau kalian batalkan pengiriman dan beritahu pihak Lazada agar mengirimkan barang pesanan menggunakan kurir lain.

Mohon dengan sangat dan segera, solusi dari pihak Lazada dan pihak Ninja Xpress. Terima kasih.

Mohammad Tarmizi
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Ninja Xpress:
[Total:83    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Saya di Lazada

  • 19 Juni 2019 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Pagi ini istri saya coba hubungi kembali Ninja Xpress, namun call centre bilang datanya tidak bisa dibuka. Tidak bisa dibuka atau memang barang saya hilang? Jadi sekarang sudah saya lakukan proses pembatalan di Lazada. Karena tidak masuk akal, barang pesanan saya sudah terbang ke tujuan dari tanggal 15 Juni 2019, sampai sekarang masih belum sampai. Kemungkinan besar barang pesanan saya diantar menggunakan sepeda, makanya tidak sampai-sampai.

    Untuk pembeli yang sedang belanja online, disarankan untuk berpikir 1 juta kali jika ingin menggunakan kurir Ninja Xpress.

    Untuk kurir Ninja Xpress, jika tidak bisa memperbaiki layanannya lebih baik tutup saja daripada menambah dosa.

    • 1 Oktober 2020 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Ninja itu memang kurang bertanggung jawab, saya ada pengiriman barang ke Nias ,tpi hampir 3 Minggu brangnya tidak sampai ,dan SDH beberapa kali sya komplain ,hasilnya brang sya dinyatakan hilang dan rusak. Dengan gampangnya pihak ninja menyuruh untuk menunggu prosesnya untuk kasih solusi, dan hari ini brang yg harganya hampir 3 juta hanya dibyt 500 rbuan . Sedangkan saya hrus mengganti rugi semua brang yg hilang karena pembeli tidak mau tau urusan barang hilang. Di mohon dgn sangat jgn lagi menggunakan ekpedisi ninja Ekpress . Karena sangat merugikan baik waktu maupun finansial kita, dan integritas sebagai jasa ekspedisi sangat kurang dan nol besar
      Jujur saya mau memaki maki pihak ninja Ekpress , seandainya dia berada di posisi sya yg pedagang kecil ini. Biarlah ninja Ekpress cepat bangkrutnya karena kinerjanya yg tdak baik dan bnyak mengecewakan orang
      Amin

      • 2 Oktober 2020 - (16:26 WIB)
        Permalink

        Saran saya jangan pake ninja, kalau untuk wilayah jakarta mungkin kualitas masih lumayan, tapi diluar itu mendingan jangan sekalipun memang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Saya pengalaman belanja di laza.a pesan 5 barang, 3 barang saya dinyatakan gagal karena hilang. 2 barang lagi datang, tapi pengirimannya lama banget melewati batas estimasi, kenapa? Barang saya mutar” gajelas, masa udah dari sh cakung, departed, balik lagi kesana. Satu barang saya yg hilang sdh saya selesaikan metode pembayarannya sebesar 1.5jt, saya saat itu komplain ke pihak ninja dan laza.a, uang saya dikembalikan semua. Saya ga tau, kalau saya tidak melakukan pembelian melalui laza.a, mungkin uang saya hanya kembali sekian persen. Sejak saat itu saya langsung beralih ke shop.. dan menggunakan jne. Pelayanan keduanya sangat baik dan terjamin. Lebih baik kedepannya usahakan tidak menggunakan ninja mbak, dari segi pelayanannya saja seperti ini, kalau kita komplain ke cs, mereka juga cuma bisa bilang maaf, ga tau, gada kabar dari pusat, tunggu, sampai akhirnya barang hilang. Saya heran, gimana bisa barang sering hilang. Saya sarankan gunakan ekspedisi lain yg lebih terjamin dan berpengalaman, biarpun mungkin lebih mahal, setidaknya berkualitas dan pelayanan baik.

  • 20 Juni 2019 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Kalo pihak kurirnya gak kooperatif, kejar Lazadanya aja gan, biar dia yg push ke Ninja Xpress. Apalagi kalo yg kirimnya langsung si Lazada, bukan seller pihak ketiga. Mereka juga punya kepentingan langsung.

  • 21 Juni 2019 - (03:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama seperti anda, pesanan saya dr tanggal 6 juni 2019 sekarang sudah 21 juni 2019, 15 hr kerja , sampai sekarang belum sampai2, respon dr semua pihak semua menyakitkan hati, seperti di buat main2, saya jg berharap lazada mengganti expedisi saja, saya sudah benar benar kehabisan sabar menunggu paket saya, dan akan saya gagalkan ketika sampai

  • 24 Juni 2019 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Barang Saya juga gagal dikirim oleh Ninja Xpress karena tidak lolos X-ray di bandara. Saya sudah hubungi pihak ninja Xpress katanya barang udah dikembalikan ke penjual. Tapi ketika saya chat ke penjualnya dan chat sama CS Lazada jawabannya tidak memuaskan. Prosedur pengembalian dananya juga membingungkan.

  • 9 April 2020 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Saya beli barang di Lazada via Ninjaxpress pada 05 Apr 20 sampai hari ini 09 Apr 20 belum sampai juga!! Sedangkan barang yg saya beli di Tokopedia via Sicepat pada 07 April 20, sore hari ini td 09 April sudah tiba padahal jenis service nya sama sama yg regular/standar di kirim dari pihak pengirim!! Lucu sekali kan?? bukan maksud untuk membandingkan tapi tolong lah untuk pihak jasa pengiriman “Ninjaxpress” untuk memperbaiki lagi service management pengirimanya agar memuaskan para pelanggan, atau tutup aja klau kasus seperti ini terus berkelanjutan!! Terimakasih

  • 18 Mei 2020 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga! saya pesan 2 barang di lazada dari tanggal yang berbeda tanggal 06 mei 2020 sama 12 mei 2020 sudah saya tunggu lebih dari 7 hari tapi disitu dituliskan ”pengiriman paket gagal” saya langsung seketika panik, saya chat sellernya berulang kali tapi jawabannya tidak seperti saya harapkan. Saya pergi ke NINJA EXPRESS untuk menanyai paket saya dan katanya ”paketnya belum terkirim kesini, barangnya masih dijakarta” WHATT!! saya tanya lagi tuh sellernya katanya ”kami gak ada order paket kk” !!!!!

  • 25 Mei 2020 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Saya jga sma pesen barang ditgl 11 smpai tgl 25 pun paket belom smpai,di lacak status dri tgl 21 paket sedang digudang ninja van – sedang transit. Hari limit terakhir pengiriman Smpai pukul 10:00 pket saya belom dikirim jg,padahal paket sudh berada dipekan baru,tinggal pengiriman ke pangkalan kerinci pun tidak diproses²,padahal jrak termpuh cuma 2 jam perjalanan…baru ini pakai expedisi ninja ekpress itu pun pilihan dri pihak lazada,cukup sekali lah sya memesan barang dilazada dan memakai kurir ninja ekpress yg tidak amanah,menipu konsumen…

  • 31 Mei 2020 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Saya jga tgl 12 mei 2020 udah mulai pemesanan trus tgl 13052020 udh mulai di pick up oleh Ninjaexspress, ditunggu2 sampe tanggal 31052020 belum jga nyampe padahal barangnya penting lgi😔😥

    • 18 Agustus 2021 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Jangan sampai diambil oleh agen. Begitu agen ambil , kemudian agen ngak setor ke pusat. Pusat suruh kita ribut ke agen. Sementara agen cuman kasih kita secarik kertas bertulisan 3 , 5 8 paket tanpa ada nomer resi. Disanalah kita akan menepuk dada.

      • 18 Agustus 2021 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Astaghfirullah..sampe 2021 ini masih kejadian ya kak..kirain sudah tobat nih ninja, ternyata gak tobat-tobat 🤦‍♂️

        • 11 September 2021 - (19:44 WIB)
          Permalink

          Paket saya dikembalikan dngn alasan pelanggan menolak ditempat padahal barang belum sampe, kemaren waktu kurir ngajakin cod an saya lagi gk dirumah lalu saya sudah ada inisiatif baik dan menitipkan uang codannya di tempat yg biasa buat ninipin paket dan saya juga sudah bilang ke kurir kalo besok dtitipkan saja soalnya saya blm bisa cod an, eh malah paket saya digagalkan, nak itu dimana dan kapan saya bilang kalo saya menolak paketannya, kan jadi kesel bngt saya

  • 18 Juni 2020 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Barang yg sy terima tdk sesuai sama sekali (penipuan) padahal sy order mengunakan COD tp oleh kurir sy dipaksa harus membayar 206rb, sedangkan paket sy terima topi bekas yg tdk layak pakai,, tdk sesuai dgn pesanan sy 1buah dudukan hp pintar utk mobil….
    Tp kurir tetap mengharuskan sy bayar 206rb akhirnya sy bayar lantaran kecewa paketnya sy kasihkan sm kurir,,
    Anehnya setelah sy komplain ke pihak cs NINJA VAN dgn memberikan data resi & penerima ( bahwa paketnya blm sampai ke penerima…padahal udah jelas sy terima paketnya serta uang pembayaran paket nya dikasih kan sama kurir, jd yg sy pertanyakan uang 206rb sy kasih ke kurir + paketnya dikemanakan

  • 27 Agustus 2020 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Saya kirim barang tngl 2 bln 8 smpe skrng tngl 27 bln 8 saya blum menerima barang tersebut’ setalah saya chet dari fihak toko sudah dikirim dari fihak lazada sudah dikirim tapi barang yang sampai di jasa pengiriman dari ninja van tidak bergerak dari tngl 8 buln 8 sampai tngal 27 bulan 8 sama sekali tidak bergarak’ yang mana pada dasarnya sangat kecewa dengan jasa pengiriman ninja van’

  • 5 September 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa sekali sama ninja express, ga profesional banget, hubungi cs juga serasa dibalas sama robot. Mereka cuma bisa bilang maaf dan tunggu. Saya punya 4 pesanan di lazada, 2 dinyatakan gagal karena hilang kemarin, status terakhir kedua barang transit di gudang ninja. Padahal salah satu barang tersebut cukup penting dan sdh saya selesaikan paymentnya dengan harga yg lumayan. Tapi untuk pesanan saya yg udah dibayar, saya disuruh tunggu 3×24 jam proses investigasi. Sebenarnya mereka ini mengantar barang atau menghilangkan barang? Kurirnya juga ga trusted banget dah. Nyesel dan ga lagi deh berhubungan sama ninja kalau pelayanannya kayak gini. Lebih baik sama ekspedisi lain yg lebih berpengalaman, amanah, dan bertanggung jawab. Biarpun mungkin lebih mahal tapi kualitasnya ga main”.

  • 2 Oktober 2020 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Lah sekarang ekspedisi ini malah kerjasama sama grab express, untuk pengiriman antar kota.
    Berarti gak aman ya…
    Ya udah deh, gak jadi nyoba hehehe.

    • 2 Oktober 2020 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Kalau kota” besar seperti jakarta, bandung, surabaya, mungkin masih aman walaupun ada juga kejadian seperti itu. Coba aja cari review atau pembahasan ninja express di forum” kaskus dsb, banyak yg ngalami hal seperti itu.

  • 1 April 2021 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Betul!
    Saya sebagai seller, kasus seperti ini ga 1/2/3 kali terjadi, SERING BANGET!!! Kalau kami kasusnya sering terjadi di barang retur atau orderan yang di cancel pembeli (entah benar di cancel pembeli apa akal2an kurir aja), paket yang seharusnya berisi 3 item pas balik jadi 1 item, ga jarang juga paket kadang diganti dengan pakaian bekas.
    Awalnya saya berfikiran ini ulah pembeli, tapiiii karna ini sangat sering terjadi dan hampir tidak pernah terjadi di Ekspedisi lain selain ninja, di tambah juga dengan cara kurir mengantarkan paket retur ke gudang saya dengan cara diam2 dan tergesa-gesa jadi saya curiga besar ke pihak ekspedisi, bodo amat walaupun ga ada bukti, saya hanya berpedoman: “pertama kenapa setiap kurir yang mengantarkan paket retur orangnya berbeda2 dan selalu tegesa-gesa, kedua kasus ini hampir TIDAK PERNAH terjadi di ekspedisi lain”

    SEMOGA POSTINGAN INI BERSERTA KOMENTAR2 NYA DIBACA OLEH PIHAK LAZADA UNTUK BISA DIPERTIMBANGKAN MATANG2!!!!!
    INI NAMANYA PENCURIAN!!!!!

  • 18 Agustus 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Ninja Express Gitu Loh … memang gt … skrg saya blokir ninja selamanya ngk aktif di toko saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Ninja Xpress?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Sa…

oleh Mohammad Tarmizi dibaca dalam: 2 menit
21