Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Saya di Lazada

Saya membeli handphone di Lazada 2 buah dengan pengiriman ke alamat yang berbeda.

1. Untuk pesanan yang pertama dengan nomor pesanan 276135851045370 pada tanggal 10 Juni 2019, nama penerima (istri saya): Citra Permata Sari, alamat pengiriman: Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, dan Lazada memilihkan kurir Ninja Xpress (Resi : NLIDRT0001558635) karena pembeli tidak bisa memilih kurir.

2. Untuk pesanan kedua dengan nomor pesanan 276150214945370 pada tanggal 10 Juni 2019 (beda 1 jam dengan pesanan pertama), nama penerima (istri saya) : Citra Permata Sari, alamat pengiriman : Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Lazada memilihkan kurir LEX ID (Resi : LXRT-1008169679) karena pembeli tidak bisa memilih kurir. Untuk pesanan yang kedua ini lebih dahulu sampai, diterima pada tanggal 11 Juni 2019 pukul 09:16 dan tidak ada masalah.

Yang menjadi MASALAH BESAR adalah untuk pesanan yang pertama. Ketika saya dan istri (kami) melihat tidak ada pergerakan di data kurir Ninja Xpress (https://www.ninjaxpress.co) pada tanggal 11 Juni 2019. Kami masih berprasangka baik, mungkin personil Ninja Xpress lupa menginput di sistemnya. Sampai pada tanggal 14 Juni 2019 kami cek nomor resi di website Ninja Xpress masih belum ada update, jadi saya memutuskan untuk menelepon call centre Ninja Xpress di 021-29264120.

Saat menelepon Call Centre Ninja Xpress, mereka mengatakan paket kami tersebut menunggu antrian untuk terbang dan akan memberitahu tim terkait agar paket kami menjadi prioritas untuk dikirim dan meminta kami sabar menunggu. Sampai dengan hari Minggu tanggal 16 Juni 2019, kami masih belum mendapatkan titik terang keberadaan paket kami. Karena dilihat dari situs (https://www.ninjaxpress.co), pihak Ninja Xpress memang melakukan update tanggal 15 Juni 2019 jam 10:57 malam. Namun update mereka sama sekali tidak menyelesaikan masalah, tulisannya sama persis dengan update sebelumnya, yaitu “Berangkat dari gudang Ninja Xpress – Transit”.

Kami pun memutuskan menghubungi pihak Lazada melalui Live Chat untuk komplain, dan setelah live chat pihak Lazada menelepon kami. Pihak Lazada mengatakan mohon ditunggu sampai tanggal 17 Juni pukul 10 malam. Jika paket masih belum diterima kami diminta menghubungi pihak Lazada kembali.

Pada tanggal 17 Juni 2019, istri saya memutuskan menelepon kembali Call Centre Ninja Xpress (021-29264120) setiap 1 jam dari mulai siang hingga malam. Dan yang paling mengejutkan, ketika menelepon di sore hari, Call Centre tersebut mengatakan “PAKET IBU SEMPAT HILANG PADA TANGGAL 14 JUNI 2019, NAMUN SETELAH DILAKUKAN INVESTIGASI, BARANG TERSEBUT SUDAH DITEMUKAN DAN SAAT INI SEDANG MENUNGGU ANTRIAN TERBANG KE KABUPATEN LAHAT”. Apa? Hilang? Siapa pun yang mendengar hal tersebut, otomatis akan marah besar. Bagaimana bisa Ninja Xpress tidak amanah menjaga barang titipan? Kami pun saat ini bingung, apa yang harus kami lakukan, menunggu tanpa kejelasan, atau bagaimana?

Melalui surat pembaca ini, kami meminta kepada:

1. Pihak Lazada agar memberikan kami kejelasan bagaimana pesanan kami tersebut. Jika sewaktu-waktu dibatalkan oleh pihak kurir, apakah nanti barang tersebut akan dikirim lagi menggunakan jasa kurir selain Ninja Xpress yang tidak bertanggung jawab tersebut? Jika iya, sampai kapan deadline kami harus menunggu? Jika pihak Lazada membatalkan pesanan kami, bagaimana proses pengembalian uangya? Karena kami menggunakan pembayaran kartu kredit dan sudah diubah ke cicilan. Jika uang dikembalikan berupa saldo yang masuk ke Lazada, itu akan sangat merugikan kami dan kami tidak menginginkan hal seperti itu (uang masuk ke saldo Lazada credit).

2. Pihak Ninja Xpress (terutama manajemen terkait) mohon kalian benar-benar bertanggung jawab untuk masalah ini. Jangan kalian hanya menyuruh Call Centre kalian sebagai tameng kalian, karena call centre Ninja Xpress tidak pernah memberikan solusi, hanya memberikan harapan palsu kepada konsumen yang sudah naik pitam  karena pelayanan kalian. Saya minta solusi konkret dari kalian, tim manajemen Ninja Xpress. Jika memang barang pesanan kami hilang, mohon segera diganti. Atau kalian selesaikan dengan pihak Lazada bagaimana baiknya, atau kalian batalkan pengiriman dan beritahu pihak Lazada agar mengirimkan barang pesanan menggunakan kurir lain.

Mohon dengan sangat dan segera, solusi dari pihak Lazada dan pihak Ninja Xpress. Terima kasih.

Mohammad Tarmizi
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Ninja Xpress:
[Penilaian Rata-rata: 2.8]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Saya di Lazada

  • 19 Juni 2019 - (09:32 WIB)
    Pagi ini istri saya coba hubungi kembali Ninja Xpress, namun call centre bilang datanya tidak bisa dibuka. Tidak bisa dibuka atau memang barang saya hilang? Jadi sekarang sudah saya lakukan proses pembatalan di Lazada. Karena tidak masuk akal, barang pesanan saya sudah terbang ke tujuan dari tanggal 15 Juni 2019, sampai sekarang masih belum sampai. Kemungkinan besar barang pesanan saya diantar menggunakan sepeda, makanya tidak sampai-sampai.

    Untuk pembeli yang sedang belanja online, disarankan untuk berpikir 1 juta kali jika ingin menggunakan kurir Ninja Xpress.

    Untuk kurir Ninja Xpress, jika tidak bisa memperbaiki layanannya lebih baik tutup saja daripada menambah dosa.

  • 20 Juni 2019 - (11:53 WIB)
    Kalo pihak kurirnya gak kooperatif, kejar Lazadanya aja gan, biar dia yg push ke Ninja Xpress. Apalagi kalo yg kirimnya langsung si Lazada, bukan seller pihak ketiga. Mereka juga punya kepentingan langsung.
  • 21 Juni 2019 - (03:15 WIB)
    Saya juga mengalami hal yg sama seperti anda, pesanan saya dr tanggal 6 juni 2019 sekarang sudah 21 juni 2019, 15 hr kerja , sampai sekarang belum sampai2, respon dr semua pihak semua menyakitkan hati, seperti di buat main2, saya jg berharap lazada mengganti expedisi saja, saya sudah benar benar kehabisan sabar menunggu paket saya, dan akan saya gagalkan ketika sampai
  • 24 Juni 2019 - (21:28 WIB)
    Barang Saya juga gagal dikirim oleh Ninja Xpress karena tidak lolos X-ray di bandara. Saya sudah hubungi pihak ninja Xpress katanya barang udah dikembalikan ke penjual. Tapi ketika saya chat ke penjualnya dan chat sama CS Lazada jawabannya tidak memuaskan. Prosedur pengembalian dananya juga membingungkan.

 Apa Komentar Anda mengenai Ninja Xpress?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Ninja Xpress Tidak Bertanggung Jawab atas Pengiriman Barang Pesanan Sa…

Mohammad Tarmizi 2 menit
4