Sistem COD “Error”, Pihak Shopee Mempersulit Pencairan Dana ke Penjual

Pada tanggal 22 Juli 2019 pukul 18.02 saya mendapatkan pesanan dari pembeli dengan metode pembayaran COD. Dikarenakan pesanan masuk menjelang malam dan belum saya proses, maka baru diproses esok harinya. Pada tanggal 23 Juli 2019 pukul 19.50 saya melakukan pengiriman pesanan, masih dalam masa pengemasan (3 hari).

Namun hal aneh terjadi ketika barang sudah dikirim. Status pesanan tersebut menjadi terbatalkan otomatis oleh Shopee dengan alasan pembeli tidak melakukan pembayaran. Bagaimana mungkin pembeli melakukan pembayaran, sedangkan metode pembayaran yang dipilih pembeli adalah COD?

Setelah konfirmasi ke CS, katanya ada error saat itu. Saya menanyakan kembali pesanannya bagaimana? Katanya pembeli disarankan untuk tetap menerima dan membayar. Saya disuruh menunggu sampai tanggal 30 Juli 2019 pukul 19.50 untuk penerusan dana. Saya teruskan ke pembeli, tadinya kata pembeli dia sudah pesan barang baru. Namun saya terus meyakinkan pembeli untuk menerima dan membayar dikarenakan barang sudah dikirim.

Setelah barang diterima (cek via resi), saya menghubungi CS Shopee lagi. Tanggal 31 Juli 2019 karena tidak ada itikad dari Shopee untk melanjutkan dananya. Namun jawaban yang saya terima adalah status pesanan tidak bisa diubah karna telah terbatalkan dan saya harus tetap menanyakan ke pembeli apakah barang sudah diterima. Padahal jasa kirim sudah memverifikasi bahwa barang sudah diterima ybs, dan itu artinya pembeli sudah membayar.

Tahu seperti ini, saya tidak melanjutkan pesanan itu, lebih baik barangnya kembali saja ke saya lagi. Mohon agar pihak Shopee untuk menjawab dan berikan tanggung jawabnya.

Septariani Pramita
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:11    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Sistem COD “Error”, Pihak Shopee Mempersulit Pencairan Dana ke Penjual

  • 31 Juli 2019 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Lha terus pembayaran COD dari pembeli ke kurir masuk ke.mana kalo gak ada di sistem Shopee? ?

    • 10 Agustus 2019 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Ya k shopee.
      Alhamdulillah udah d kirim k saya pembayaran nya . Tapi ya gitu kita nya harus engeh sama orderan kita yg mana yg bermasalah. Kalo nggak ya bisa raip juga karna kita gak ngelaporin

  • 5 Februari 2020 - (22:43 WIB)
    Permalink

    Slmt malam ka saya mau tanya . Saya kirim paket ke pembeli jasa cod tp pas saya lacak di shopee katanya paket gagal dikirim sudah melewsti jam operasional drof point.. Lnjut saya hubungi pmbeli katany sudah menerima paket dan membayar ny ke pihak kurir jnt . Nah itu giman sedangkn di shopee ny gagal dikirim jd pesanan ga bisa dterima otomatis uang nya gk masuk saldo shopee. Mhn bantuan nya no resi jp1669100494 pngiriman tg 2- 02-20 dterima 04-02-20

    • 5 Mei 2020 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Saya juga lagi ngalamin nih , Gimana cara penyelesaian nya ya ka , Udah telp pihak kurir tetep aja sama ga berubah status nya , padahal barang udah di terima dan dibayarkan pembeli..
      Mohon info nya ka

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sistem COD “Error”, Pihak Shopee Mempersulit Pencairan Dan…

oleh Septaria dibaca dalam: 1 menit
6