Pelayanan Konsumen tiket.com Buruk dan Proses Penyelesaian Masalah yang Tidak Jelas

Pada tanggal 18 April 2019 saya memesan hotel untuk menginap di Singapore tanggal 18 Agustus 2019 di Fragrance Hotel – Imperial atas nama istri saya melalui tiket.com dengan itinerary ID: 68932974. Proses pemesanan tidak ada masalah karena pemesanan hotel berhasil dan e-voucher telah terbit.

Namun masalah mulai muncul pada tanggal 11 Juli 2019 di mana pihak tiket.com menginformasikan kepada saya via email bahwa pemesanan tsb tidak dapat diakomodir oleh pihak hotel dan saya ditawarkan alternatif hotel yang mana lebih jauh 3.5 km dari hotel sebelumnya. Tentu saja saya menolaknya karena akan merusak itinerary yang sudah saya buat di mana di hotel sebelumnya letaknya sudah strategis dan akses untuk ke stasiun MRT hanya butuh jalan kaki beberapa menit saja. Sedangkan di hotel yang baru butuh waktu jauh lebih lama untuk ke stasiun MRT dan letaknyapun tidak strategis.

Saya langsung menghubungi CS tiket.com pada saat itu juga tanggal 11 Juli 2019 untuk mengonfirmasi masalah tsb dan meminta untuk memberikan alternatif lain yang lebih dekat dengan hotel yang sudah saya pesan, lalu saya dibuatkan nomor laporan dengan No. 01693846 dan disuruh menunggu email/telepon dari tim terkait selama 1×24 jam.

Setelah 1×24 jam saya kembali menghubungi CS tiket.com untuk menanyakan kembali prosesnya karena tidak ada email ataupun telepon sama sekali dari pihak tiket.com, dan jawaban dari CS tiket.com masih diproses oleh tim terkait dan disuruh menunggu lagi selama 1×24 jam. Setelah 2×24 jam saya kembali menghubungi CS tiket.com dan jawaban masih sama, saya disuruh menunggu lagi dan mereka berjanji tim terkait akan segera menghubungi hari itu juga.

Namun sampai dengan 3×24 jam tidak ada satupun email/telepon yang saya terima dari pihak tiket.com sehingga pada saat saya telepon yang ke-4 kalinya saya memutuskan untuk merefund saja tiket tsb agar saya bisa memesan hotel lagi yang sesuai dengan keinginan saya dengan konsekuensi harga yang jauh lebih mahal karena sudah makin dekat dengan tanggal saya menginap, dan CS tiket.com pun meminta saya untuk menunggu tim terkait menghubungi saya untuk verifikasi data rekening terkait proses refund tsb.

Namun sampai dengan tanggal 15 Juli 2019 tidak ada satupun email/telepon yang saya terima dari pihak tiket.com. Jadi, saya kembali menghubungi CS tiket.com dan meminta untuk segera memproses permintaan refund saya, lalu CS tiket.com akhirnya meminta nomor rekening saya untuk proses refund dan meminta untuk menunggu proses refund selama 14 hari dimana berarti uang saya seharusnya sudah kembali di tanggal 29 Juli 2019. Pada tanggal 22 Juli 2019 saya menghubungi CS tiket.com untuk menanyakan proses refund sudah sampai mana, dan CS tiket.com menginformasikan kepada saya bahwa prosesnya tinggal menunggu persetujuan bank dan disuruh menunggu hingga 14 hari kerja.

Lalu pada tanggal 29 Juli 2019 malam, uang refund masih belum masuk sehingga saya kembali menghubungi CS tiket.com untuk menanyakan prosesnya sudah sampai mana, tapi saya diberitahu kalau prosesnya masih dalam persetujuan pihak hotel karena seharusnya pesanan tsb tidak bisa direfund. Kok bisa?? Padahal sebelumnya saya diberitahu bahwa prosesnya sudah tinggal menunggu persetujuan bank?? Apakah ini cuma asal jawab saja agar customer terus bersabar menunggu tanpa kejelasan yang pasti kapan masalahnya bisa selesai?? Jika memang seperti itu berarti pihak tiket.com sangat tidak professional dan sangat buruk dalam menangani masalah seperti ini karena saya merasa ini seharusnya bukan kesalahan saya tapi sudah merupakan tanggung jawab perusahaan untuk memberikan layanan yang baik terhadap customer-nya.

Setelah saya jelaskan kronologis sebelumnya pihak CS tiket.com memohon kembali kepada saya untuk menunggu kembali proses refund tersebut namun sampai dengan saat ini tanggal 2 Agustus 2019, tidak ada satupun email/telepon dari pihak tiket.com dan dana refund pun belum masuk juga.

Saya sangat kecewa dengan tiket.com sebagai pihak travel agent yang seharusnya bertanggung jawab terhadap reservasi yang dia terima. Hal ini bukan hanya semata persoalan uang (materi), namun kerugian immateri yang ditimbulkan sangat mengecewakan customer dan menunjukkan betapa bobroknya sistem booking yang ada di tiket.com. Saya meminta pihak tiket.com untuk segera bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan saya ini.

Aflah Awalin
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]
Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak Aflah Awalin

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 2 Agustus 2019 yang ditulis oleh Bapak Aflah Awalin berjudul “Pelayanan Konsumen tiket.com...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
AFLAH AWALIN  

PEGAWAI BUMD, BANKER

2 komentar untuk “Pelayanan Konsumen tiket.com Buruk dan Proses Penyelesaian Masalah yang Tidak Jelas

  • 2 Agustus 2019 - (23:04 WIB)
    Booking tanggal 18 April & sukses mendapatkan e-voucher, tapi kemudian 11 Juli dibilang “bermasalah”? Lama bener tuh. Berarti e-voucher-nya bodong dong?

    Menurut saya, kalau e-voucher-nya bukan bo’ongan & pembatalan asli dari hotel ybs (karena sesuatu hal), maka pasti otomatis refund. Apalagi perusahaan Sgp, saya beli tiket konser saja ketika cancelled uang dikembalikan bersama dengan booking fee-nya (jadi uang kembali total & bulat 100%). Bandingkan dengan tiket konser di sini, booking fee pasti gak balik sekalipun acaranya cancelled…

    Saya sama sekali gak pernah memakai jasa tiket.com, karena merasa tarifnya terlalu mahal. Ternyata ada hikmahnya juga, karena saya memakai jasa toko sebelah sudah berkali-kali pesan hotel di Sgp & selalu lancar.

    • 4 Agustus 2019 - (16:45 WIB)
      Terima kasih atas komentarnya Bapak Samuel. Betul sekali, padahal saya sengaja sudah memesan tiket hotel jauh-jauh hari agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan, tapi kemudian sebulan sebelum tanggal menginap saya malah terjadi masalah yang seperti ini. Saya setuju dengan pendapat Bapak Samuel, dan pihak tiket.com seharusnya dapat menjamin 100% keabsahan tiket pesanan customernya agar tidak terjadi hal-hal yg seperti ini, dan bertanggung jawab sepenuhnya agar masalah tersebut dapat segera diselesaikan. Total sudah lebih dari 6x saya menghubungi customer service tiket.com namun belum ada kejelasan hingga saat ini.

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Konsumen tiket.com Buruk dan Proses Penyelesaian Masalah yan…

AFLAH AWALIN 3 menit
2