Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service

Tanggal 06 September 2019 akun Kredivo saya dibobol dan melakukan transaksi cicilan 12 bulan di Juragan Cash, dengan total transaksi di Kredivo senilai Rp7.993.200. Sebelum itu, pada hari Kamis malam pukul 20.30 WIB saya dihubungi pelaku yang mengaku bahwa dirinya adalah CS Kredivo. Dia menawarkan bantuan pada saya, tapi pada waktu itu saya menolak karena tidak ada kendala di akun Kredivo saya.

Kemudian pelaku yang mengaku CS Kredivo itu menawarkan pencairan dana dari limit sehingga dia meminta data foto KTP dan nomor kartu rekening ATM saya. Dari situ saya sempat curiga dan ragu akan hal itu, tetapi saya seperti orang terhipnotis dan tanpa disadari saya mengirimkan foto KTP dan nomor kartu ATM, karena pelaku mengancan bahwa kalau tidak segera dilanjutkan prosesnya akun Kredivo saya akan diblokir. Berhubung waktu itu sudah terlarut malam pelaku yang mengatasnamakan CS Kredivo itu mengatakan bahwa prosesnya akan dilanjutkan esok harinya.

Namun di pagi harinya saya mengabaikan perintah si pelaku yang mengatas namakan Kredivo tersebut dan saya segera mengubah PIN Kredivo dan menganggap semuanya aman. Akan tetapi, siang harinya saya dikagetkan oleh notifikasi dari email bahwa PIN dan nomor telepon Kredivo saya telah berganti TANPA KONFIRMASI DARI NOMOR LAMA/NOMOR PRIBADI atau OTP.

Saya langsung menghubungi pihak Kredivo dan menjelaskan apa yang terjadi. Namun pihak Kredivo sepenuhnya menyalahkan saya karena memberikan data sensitif. Saya pun diharuskan melunasi cicilan yang bukan saya lakukan dan menunggu proses investigasi selama 60 hari kerja.

Untuk pihak Kredivo, saya sudah berusaha mengamankan akun saya dari pelaku dengan mengganti PIN Kredivo. Tepi kenapa dengan mudahnya akun saya berpindah tangan pada orang yang tak bertanggung jawab? Seharusnya untuk mengubah no telpon itu menggunakan OTP/konfirmasi dari nomor lama. Sekarang saya bingung mesti gimana sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari saja masih kekurangan.

Saya tahu pihak Kredivo tidak mau dirugikan, akan tetapi sayapun tidak mau dirugikan. Oleh sebab itu saya mohon kebijaksanaan dari Kredivo.

Terima kasih.

Andi Agus Triansyah
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Andi Agus Triansyah

Di kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi keluhan yang dibuat oleh Bapak Andi Agus Triansyah di Media Konsumen, tertanggal 24...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service

  • 24 September 2019 - (16:34 WIB)
    telpon malam-malam koq diladeni sih, pake ngaku-ngaku CS Kredivo lagi. sudah sangat jelas ketidakberesannya.
  • 24 September 2019 - (17:46 WIB)
    Hampir sama kejadian persis dgan yg saya alami,di akhir bulan kmaren mengaku sebagai CS kredivo dan mengirimkan LINK
    Hack berlogo kredivo,untuk transaksi juragan cash sebesar 8jta ,
      • 24 September 2019 - (19:11 WIB)
        Iya, anehnya kita habis add kredivo resmi ada id CS kredivo yg add kita gak terlalu lama habis kita add yg resmi dan nawarin bantuan, ( sy juga via Instagram)
        • 24 September 2019 - (19:14 WIB)
          Iya betul mas, kejadianya sama persis seperti yang saya alami.
          Terus kelanjutanya gima itu mas?
          Saya masih nunggu jawaban dari kredivo.
          • 25 September 2019 - (08:31 WIB)
            Sekedar informasi, pergantian nomor telepon pada umumnya tidak memerlukan OTP karena banyak kasus pengguna beralasan nomor lama sudah hangus dan ingin diganti, mana mungkin kan pakai OTP?
  • 24 September 2019 - (18:13 WIB)
    Kenapa mudah sekali percaya orang yang gituan. Tanamkan dalam pikiran ada kalau ada org nelpon yang mengaku dari kredifo apapun yang diminta jgn dilayani. Krna pihak kredifo tdk pernah menghubungi seperti itu
  • 26 September 2019 - (09:27 WIB)
    Hi Andi Agus Triansyah,

    Maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Saat ini kami sudah mencoba untuk menghubungi Bapak Andi Agus Triansyah di nomor yang terdaftar tetapi tidak dapat terhubung. Mohon bantuannya untuk informasikan nomor ponsel yang dapat di hubungi dan dapat di kirimkan ke email kami di support@kredivo.com dengan subjek “Konfirmasi Media Konsumen” agar kami dapat menjelaskan terkait kendala yang kamu alami.

    Salam Hangat 🙂
    Tim Kredivo

  • 1 November 2019 - (16:26 WIB)
    Apa ada penyelesain dari pihak kredivonya ??saya baru saja mengalami kejadian yg sama..tolong bantuannya untuk share

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service…

Andi Agus Triansyah 1 menit
10