Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service

Tanggal 06 September 2019 akun Kredivo saya dibobol dan melakukan transaksi cicilan 12 bulan di Juragan Cash, dengan total transaksi di Kredivo senilai Rp7.993.200. Sebelum itu, pada hari Kamis malam pukul 20.30 WIB saya dihubungi pelaku yang mengaku bahwa dirinya adalah CS Kredivo. Dia menawarkan bantuan pada saya, tapi pada waktu itu saya menolak karena tidak ada kendala di akun Kredivo saya.

Kemudian pelaku yang mengaku CS Kredivo itu menawarkan pencairan dana dari limit sehingga dia meminta data foto KTP dan nomor kartu rekening ATM saya. Dari situ saya sempat curiga dan ragu akan hal itu, tetapi saya seperti orang terhipnotis dan tanpa disadari saya mengirimkan foto KTP dan nomor kartu ATM, karena pelaku mengancan bahwa kalau tidak segera dilanjutkan prosesnya akun Kredivo saya akan diblokir. Berhubung waktu itu sudah terlarut malam pelaku yang mengatasnamakan CS Kredivo itu mengatakan bahwa prosesnya akan dilanjutkan esok harinya.

Namun di pagi harinya saya mengabaikan perintah si pelaku yang mengatas namakan Kredivo tersebut dan saya segera mengubah PIN Kredivo dan menganggap semuanya aman. Akan tetapi, siang harinya saya dikagetkan oleh notifikasi dari email bahwa PIN dan nomor telepon Kredivo saya telah berganti TANPA KONFIRMASI DARI NOMOR LAMA/NOMOR PRIBADI atau OTP.

Saya langsung menghubungi pihak Kredivo dan menjelaskan apa yang terjadi. Namun pihak Kredivo sepenuhnya menyalahkan saya karena memberikan data sensitif. Saya pun diharuskan melunasi cicilan yang bukan saya lakukan dan menunggu proses investigasi selama 60 hari kerja.

Untuk pihak Kredivo, saya sudah berusaha mengamankan akun saya dari pelaku dengan mengganti PIN Kredivo. Tepi kenapa dengan mudahnya akun saya berpindah tangan pada orang yang tak bertanggung jawab? Seharusnya untuk mengubah no telpon itu menggunakan OTP/konfirmasi dari nomor lama. Sekarang saya bingung mesti gimana sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari saja masih kekurangan.

Saya tahu pihak Kredivo tidak mau dirugikan, akan tetapi sayapun tidak mau dirugikan. Oleh sebab itu saya mohon kebijaksanaan dari Kredivo.

Terima kasih.

Andi Agus Triansyah
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:20    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Andi Agus Triansyah

Di kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi keluhan yang dibuat oleh Bapak Andi Agus Triansyah di Media Konsumen, tertanggal 24...
Baca Selengkapnya

Loading...

37 komentar untuk “Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service

  • 24 September 2019 - (16:34 WIB)
    Permalink

    telpon malam-malam koq diladeni sih, pake ngaku-ngaku CS Kredivo lagi. sudah sangat jelas ketidakberesannya.

    • 7 Februari 2021 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Bos namanya jg apes,, saya jg korban penipuan cs kredivo,, jm 9 siang sya pencairan pinjaman ke kredivo jm 9.05 sya dapat email dr cs kredivo untuk balikin uang alasan nya data ada yg salah klo ngak di blikin kena bayar doubel tiap bulan,, dan sy dinarahkan ke Wa apa itu email, awl nya gak percaya masa di balikin lagi,,
      Eh s cs kredivo tlp via wa,, dri siru sya kya di hipnots,, di suruh tf ke no VA yg dia krim
      Yowis kelaut itu duit 1jt,, abis d krim wa di block ama itu cs 😑

  • 24 September 2019 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Hampir sama kejadian persis dgan yg saya alami,di akhir bulan kmaren mengaku sebagai CS kredivo dan mengirimkan LINK
    Hack berlogo kredivo,untuk transaksi juragan cash sebesar 8jta ,

      • 24 September 2019 - (19:11 WIB)
        Permalink

        Iya, anehnya kita habis add kredivo resmi ada id CS kredivo yg add kita gak terlalu lama habis kita add yg resmi dan nawarin bantuan, ( sy juga via Instagram)

        • 24 September 2019 - (19:14 WIB)
          Permalink

          Iya betul mas, kejadianya sama persis seperti yang saya alami.
          Terus kelanjutanya gima itu mas?
          Saya masih nunggu jawaban dari kredivo.

          • 25 September 2019 - (08:31 WIB)
            Permalink

            Sekedar informasi, pergantian nomor telepon pada umumnya tidak memerlukan OTP karena banyak kasus pengguna beralasan nomor lama sudah hangus dan ingin diganti, mana mungkin kan pakai OTP?

      • 24 Juli 2020 - (02:58 WIB)
        Permalink

        Aku baru kena mas tadi 😭 sama berawal dari instagram juga kesel banget hilang 2 jt dan disuruh bayar pihak kredivo mana saya blm kerja kan bingung 😭 yaallah

        • 7 Februari 2021 - (23:35 WIB)
          Permalink

          Sya baru tgal 2.02.2021 sama ketipu cs kredivo 1jt …pusing bayar cicilan tpi uang nya gak kita 0ake

          • 31 Maret 2021 - (18:17 WIB)
            Permalink

            Cicilan tetep d bayar ga kak?, kejadiannya sama seperti saya

      • 7 Februari 2021 - (23:42 WIB)
        Permalink

        Mendingan semua bapak bapak pada lapir kepolisian dan tim investigasi ojk itu sih saran saya kebetulan saya juga salah satu korbannya

        • 7 Februari 2021 - (23:56 WIB)
          Permalink

          Harus ada pengerak pak, pengaduan bersama2 ini mah,, kita kaya di mainin,, kya ada orang dlm jg yg gunain data kita

  • 24 September 2019 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Kenapa mudah sekali percaya orang yang gituan. Tanamkan dalam pikiran ada kalau ada org nelpon yang mengaku dari kredifo apapun yang diminta jgn dilayani. Krna pihak kredifo tdk pernah menghubungi seperti itu

      • 8 Desember 2019 - (08:20 WIB)
        Permalink

        Bagaimana mas agus apakah ads tindak lanjutnya…? Saya mengalami hal yang sama dengan mas agus… saya merasa di rugikan

    • 8 Desember 2019 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Mas kita sebagai konsumen memamg kadang melakukan hal bodoh, entah itu sebuah kehilafan, tapi sebagai akun belanja mohon perlu adanya keamanan lebih agak tidak terjadi hal serupa.

  • 26 September 2019 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Hi Andi Agus Triansyah,

    Maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Saat ini kami sudah mencoba untuk menghubungi Bapak Andi Agus Triansyah di nomor yang terdaftar tetapi tidak dapat terhubung. Mohon bantuannya untuk informasikan nomor ponsel yang dapat di hubungi dan dapat di kirimkan ke email kami di support@kredivo.com dengan subjek “Konfirmasi Media Konsumen” agar kami dapat menjelaskan terkait kendala yang kamu alami.

    Salam Hangat ?
    Tim Kredivo

    • 8 Desember 2019 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Apakah kredivo akan memberikan tangggungan ink hanya kepada konsumen, bagaimana dengan si hacker yang sudah mendapatkan apa yang bukan hak nya…? Gak ada tindak lanjut…? Apa hanya segitu usaha kredivo…?

  • 1 November 2019 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Apa ada penyelesain dari pihak kredivonya ??saya baru saja mengalami kejadian yg sama..tolong bantuannya untuk share

      • 8 Desember 2019 - (09:08 WIB)
        Permalink

        Kejadian yg bpk alami sama persis yg saya alami juga..saya sudah coba mendatangin pihak kredivo,sampai sana cuma di suruh nunggu 90hari kerja..dan ujung” nya saya ttep harus membayar tagihan tersebut..seolah” saya yg bersalah..bgai mana dengan tagihan bpk sekarang??

        • 8 Desember 2019 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Saat ini saya akan mengurus ke kepolisian sektor, dan saya akan minta YLKI buat membantu saya, juga Badan Perlindungan konsumen Nasional, saya merasa di rugikan jika saya harus membayar, harusnya pihak kredivo memberi jalan tengah agar konsumen tidak di lakukan semena mena,… nanti saya kasih kabar jika saya dapat tindak lanjut

          • 8 Desember 2019 - (11:43 WIB)
            Permalink

            Baik pak..saya tunggu kabar baik nya..
            Karna tidak ada penyelesaian dari pihak kredivo,dan mengharuskan saya membayar yg bukan transaksi saya .. Untuk saat ini saya sudah membayar angsuran pertama..karna telat bayar 2 hari saja pihak kredivo sudah berkali”
            telfon.. benar” merasa di rugikan

          • 10 Desember 2019 - (14:06 WIB)
            Permalink

            Saya pun mengalami hal yang serupa.
            Nomor handphone di ganti si pelaku untuk melakukan transaksi juragan cash sebesar 6juta.
            Padahal saya sudah melapor kpd kredivo dan juragan cash langsung.
            Ternyata jawaban nya sama saya harus membayar tagihan tersebut.
            Ternyata semua yang mengalami kasus ini sama, dan tidak ada ada tindakan atau pun jalan terbaik dari kredivo malah terus ditagih.
            Semua yg kena kasus ini transaksi pun hanya di lakukan di juragan cash?? Dan tidak bisa di batalkan di kredivo, saya fikir suatu system ada yg nama nya konfirmasi dan pembatalan??
            Dan kenapa sudah ada laporan dari korban kpd pihak kredivo bahwa akun nya di bobol oleh pihak yg tidak bertanggung jawab tapi tidak bisa di batalkan??
            Mungkin tidak ada tindakan bagi si pelaku dari kredivo pun seperti nya Santai2 saja dan korban lah yang paling di rupiah di karenakan transaksi besar dan menguntungkan bagi pihak kredivo.
            Semoga semua yang bekerja di perusahaan tersebut di bukakan pintu hati nya dan semoga keluarga nya sehat selalu karena memakan rezeki yg mungkin si korban tidak ikhlas karena harus membayar tagihan yang tidak dilakukan.

    • 8 Desember 2019 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Apa akun yg terblokir sementara akibat isu keamanan bisa di buka kembali? Jika bisa beri tahu saya gimana caranya…!! Soalnya dah banyak kabar pelunasan semua tunggakan jg akan diblokir permanen…!! Apa ini bentuk ucapan terimakasih dari kredivo…!!!

    • 25 Februari 2020 - (01:57 WIB)
      Permalink

      Sama dengan saya, ditlp dr pihak mengatasnamakan cs keedivo saya seperti dituntun atau gatau namanya itu, dan akun saya dibobol hampir 13.xxx.xxx, dan pihak kredivo benar2 menyalahkan saya, padahal saya user baru dikredivo, dan blm sempat mencicil baeang sma sekali, saya bngung, ko bsa pengguna baru sperti saya bsa mendapatkan limit yg besar, sedangkan saya blm pernah ambil apa2 dikredivo, apakah ini trik? awalnya men dm fanspage resmi keedivo, dlam hitunhan detik akun lain men dm saya mengatasnamakan keredivo, smpe sekarang dm an saya di akun resmi malah ga dibaca, disini bsa jd indikasi trik yg gawajar ,alhasil saya mencicil yg bukan milik saya selama 12 bulan, benar2 pengalaman yg sangat mahal, dr sini saya memetik hikmah, apabila menginginkan suatu barang, bersabar lah , tunggu smpe tbungan itu terkumpul, baru membelinya,

  • 8 Desember 2019 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, akun saya di gunakan belanja di juragan cash sebesar 11.xxx.xxx saya sudah tlp pihak coustomer, tapi dia gak mau tau, nomer saya di bajak dan ktp saya di gunakan, kredivo bilang akun instagram yg asli yg ada ceklis birunya, tapi saya DM kesana yang bales atas nama cs.andy kemudian masuk tlp sebagai Cs kredivo, akun kredivo terlalu gampang di bajak orang, padahal harusnya ketika ada pengguna lain masuk kan ada notif “siapa nama ibu kandung anda” kok ini cuma model ktp dan nomer tlp bisa si, saya merasa di rugikan dengan kejadian ini, sampai saat ini tagihan saya membengkak, mohon kredivo memberi perlindungan kepada konsumen dan akunnya di perkuat lagi, kami sebagai konsumen yg sudah mengalami ini jangan sampai ada kejadian serupa yg menimpa saudara kami,
    Jika kredivo ada di pihak kami, tidak melakukan transaksi tapi di suruh bayar, apa yang pihak kredivo rasakan…?
    Saya pribadi penolak dengan dasar merasa di rugikan. Terimaksih mohon tindak lanjutnya buat kredivo

  • 17 Agustus 2020 - (05:06 WIB)
    Permalink

    lebih aneh lagi saya, limit saya 1.300.000 tagihan saya 1.300.000 sisa limit saya 300.000, trus yang beli siapa ? tiba2 limit ilang, pdhal gak ada transaksi apa2. mohon dong kredivo solusinya gimana, data saya bisa bocor kemana2 pdhal transaksi yang real di batalkan sistem. sekarang bisa ke bobol gini

  • 18 Agustus 2020 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal sama Ada Dm saya katanya dari CS kredivo katanya mau bantu menaikkan limit Kartu dan minta data dan no. Tlp kode otp karena sya kurang paham saya percaya aja tapi setelah notifikasi melalui email ada transaksi langsung saya rubah pin saya tapi sudah nga bisa harusnya ada konfirmasi perubahan sandi tapi ini nga ada sama sekali lnsg saya menhubungi cs kredivo yg ada email dan ternyata sd ada transaksi yang anehnya limited saya 900rb transaksi nya 700rb tapi sisa limite 600rb karena akun sd d hentikan sementara dan saya di haruskan membayar tagiahan yg tidak saya pakai karena memang bukan saya yg melakukan transaksi
    Kalau hal ini terus menerus terjadi pihak keedivolah yang untung dan jg para penipu sehingga kami para custamer yg rugi jadi mohon kebijakan nya dari pihak kredivo apalagi situasi saat ini keuangan serba terbatas..

    • 20 Agustus 2020 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama
      Mau upgrade akun harus konek ke akun e commerce, tapi pilihan Tokopedia gak ada, saya tanya cs, jawaban nya ga memuaskan, offline lah
      Ada yang nawarin jasa upgrade akun minta kode otp, NPWP & pasword login
      Anehnya saya ko percaya aja , haha
      Habis lah akun saya di pakai beli pulsa 500rb sama pelaku & saya yang harus bayar
      Khatirnya NPWP saya di salah gunakan lagi

  • 28 Agustus 2020 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya mengalami hal yang sama oleh temen sma saya .
    Niat saya cuman mau bantu . Karena dia bilang dia ada target customer buat akun + upgrade limit .

    Dia bilang saya di kasih 150 nanti dia dapet 100 .
    Saya pribadi bukan mikir karena di kasih uang .
    Niatnya bantu pencapaian target temn taunya saya kena tipu .

  • 27 September 2020 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Saya jugha sama menjadi korban dari penipuan kredivo. Saya tidak melakukan pembelian apapun tapie ada gmail masuk katanya saya sudah melakukan pembelian plz senilay 600000 ke 3 no berbeda. Padahal saya sudah menghapus apk kredivo tersebut. Dan setelah saya instal kembali lalu log in ternyata gak bisa. . Gimana dong untuk baik nya.

  • 18 Desember 2020 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama
    Tgl 3-12-2020 Akun kredivo saya di bobol yang menggaku sabagai cs kredivonya belikan pulsa dalam pecahan Rp 100 ribu sampai 13 juta lebih. Dan saya akan kasih bukti buktinya terus saya sudah ke pihak kredivonya tapi tangapan nya saya yg salah. Padahal saya tidak pernah mengasih nomor kode OTP ataupun Pin ataupun nama orang Tua tapi dari pihak kredivo tetap saja yang salah saya.
    Poko nya saya inti nya tidak akan membayarkan tagihan itu di karenakan saya tidak merasa sama sekali melakukan Transaksi itu dan aneh nya limit saya kan 10 jutaan tuh. Ko si pelaku bisa bobol sampai batas limit sampai 13 juta kan itu sama sekali tidak masuk akal
    Kalau emang pihak kredivo nya tetep menagih saya. Kenapa tidak tagih saja ke nomor yg tertera di akun kredivo saya itu.
    Karena saya sudah berapa kali saya jelas kan akun saya di bobol dan di tipu dan juga sekarang tidak bisa masuk ke akun saya itu di karenakan nomor beda sama saya. Di situ lah saya juga binggun masa iya tampa pin dan OTP sipelaku bisa ganti nomor saya. Harusnya kan tidak bisa itu. ada apa ini. Kalau emang misalkan nomor nik ktp itu di Rahasia kan. Terus buat apa kode OTP sama pin nya. Klau si pelaku bisa masuk ke akun saya hanya melalui NIK ktp dan nomor.
    Itu berati keamanan nya lemah kredivo ktp itu semua orng juga pasti tau apa lagi RT RW pasti itu tau nik ktp saya. Harus nya kredivo belajar dari akun mobile bca dia juga kalau mau ganti nomor hp baru pasti di suruh ke kantor bca klau gak ada kode otp nya Atau pin nya Jadi kan aman itu.
    Kenapa tidak di lacak aja nomor si pembobol itu.
    Tolong lah saya minta kebijaksanaan nya dari pihak kredivo nya.
    Uang 13 juta lebih itu bukan sedikit pak.
    Saya mana mungkin Sanggup bayar itu semua apalagi yg melakukan Transaksi bukan saya masa saya yg harus bayar.
    Saya juga bukan orang kaya pak
    Kasiani lah saya pak.
    Demi Allah pak yg melakukan Transaksi itu bukan saya bila bapa Kredivo tidak percanya datang ketempat Rumah saya.
    Saya tidak akan kabur di karenakan Saya tidak salah emang saya sabagai korban di bobol dan di tipu.. Ini nomor si pelaku yang masuk ke akun saya. 081212372075 tolong lah kepada pihak kredivo lacak nomor ini. Soalnya ini bukan nomor saya. Harus nya nomor saya yg terdaftar nomor ini 081219101678. kalau dari pihak kredivonya tetap saya yg salah karena meberikan data atau pun kode otp atau pun pin dan nama orang tua. Saya pastikan saya tidak pernah sama sekali mengasih kode kode rahasia itu. Soalnya saya punya bukti buktinya nanti saya sertakan di sini.
    Terimakasih kepada pihak kredivo semoga dari pihak kredivo permasalahan saya cepat beres. semoga tidak ada tagihan lagi kepada saya.
    Dan semoga tidak ada lagi orang atau temen temen kredival yg di bobol.
    Saya minta kebijaksanaan ke pada pihak kredivo 🙏🙏

  • 31 Maret 2021 - (21:10 WIB)
    Permalink

    mulai saat ini… mari kita menjaga akun masing masing lebih ketat lagi.
    1. klo ada telp dari cs tp pakai WA jgn mau percaya.
    2. jgn beri informasi otp ke orang lain, PIN, atau informasi apapun ke orang lain. klo ada yg minta itu sudah pasti PENIPUAN.
    3. jgn matikan link otp di aplikasi, gpp pakai otp,agak repot tp aman.
    4. jgn klik sembarangan link link yg ada di sms, WA karena bisa saja itu link phising(data dicuri), itu yg menyebabkan info email telp data semua diambil.
    semoga yg kurang beruntung hari ini di berikan jalan yg terbaik. amin.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Dibobol oleh Pelaku yang Mengaku sebagai Customer Service…

oleh Andi Agus Triansyah dibaca dalam: 1 min
37