Deposito “Nyangkut” dan Tidak Dapat Dicairkan di Aplikasi Digibank by DBS

Saya adalah pengguna DBS yang cukup aktif untuk menaruh deposito di sana. Awalnya saya sangat percaya dan banyak menaruh deposito di sana. Sampai dengan kejadian di tanggal 20 November 2019, saat saya mau mengubah instruksi jatuh tempo, yang semula automatic rollover, mau saya ubah jadi pencairan saat jatuh tempo, ternyata error terus.

Saat ini per tanggal 23/11/2019 saya memiliki kebutuhan dan harus mencairkan deposito saya, yaitu pada tanggal 1 Desember 2019. Namun setiap saya buka aplikasi saya akan tertuliskan error seperti gambar yang saya lampirkan:

Saya komplain tidak ada tanggapan cepat, malah tanggapan hanya suruh install ulang. Saya sampai sudah lebih 10 kali hapus dan install ulang tetap tidak bisa. HP saya adalah Samsung Note 9 yang jelas mumpumi untuk menjalankan aplikasi ini. Saya juga sudah coba di HP Android lain juga tidak bisa. Apa ini cara DBS sengaja agar dana tidak keluar dari DBS???

Berikut kronologinya:

1. Pada tanggal 20 November 2019 ingin merubah pengaturan deposito di Digibank yang awalnya instruksi automatic roll over, ingin saya ubah menjadi dicairkan semua saat tanggal jatuh tempo

2. Berdasarkan peraturan penempatan deposito di Digibank, nasabah diperbolehkan untuk mengubah pengaturan saat jatuh tempo deposito paling lambat 2 hari sebelum jatuh tempo..

3. Deposito akan jatuh tempo pada 1 Desember 2019. Saya berniat untuk mengubah pengaturan pada deposito saya semula automatic roll over pokok + bunga menjadi cairkan pokok + bunga ke rekening pada saat jatuh tempo karena sedang membutuhkan uang tersebut.

4. Pada 21 November 2019, saya berniat untuk mengubah pengaturan deposito pada aplikasi Digibank. Namun aplikasinya error pada saat saya meng-klik deposito saya, sehingga saya tidak dapat melakukan perubahan pengaturan apapun pada deposito saya yang akan jatuh tempo tersebut. Saya juga telah berulang kali meng-install ulang aplikasi Digibank.

5. Pada 21 November 2019, saya menghubungi customer service Digibank untuk meminta solusi atas permasalahan ini, bahkan saya bersedia untuk datang ke kantor cabang Bank DBS manapun untuk mengurus pengaturan deposito ini agar tidak di-automatic roll over di bulan berikutnya. Namun CS hanya menyarankan untuk memeriksa koneksi, tidak menggunakan wifi, menghapus cache, dan memastikan bahwa aplikasi Digibank yang di-install ada versi terbaru.

6. Setelah mendapat saran dari CS, saya pun meng-install ulang aplikasi dan menggunakan mobile data. Namun pada saat saya akan mengubah instruksi pengaturan deposito, lagi-lagi aplikasinya error dan hanya stuck di bagian awal deposito yang berisi nominal, bunga, dan tanggal jatuh tempo. Ketika saya klik di bagian deposito tersebut, tidak terjadi perubahan apapun pada layar hp saya. Selalu stuck di menu yang sama. Saya bahkan mencoba layanan transfer pada aplikasi Digibank ke rekening lain dan berhasil. Akan tetapi saat memilih bagian deposito, selalu stuck di tampilan yang sama.

7. Pada 22 November 2019, saya kembali menghubungi Customer Service dan lagi- lagi mendapatkan jawaban yang sama. Bahkan CS juga menyebutkan bahwa perubahan pengaturan deposito hanya dapat dilakukan melalui aplikasi saja dan tidak dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank DBS. Bagaimana saya dapat melakukan perubahan instruksi pengaturan deposito, sedangkan aplikasinya selalu stuck di menu deposito?

Sebagai informasi, handphone yang saya gunakan adalah Samsung Note 9 dengan update software terbaru yang tentunya sangat kompatibel untuk mengoperasikan aplikasi Digibank. Provider telepon seluler yang saya gunakan adalah Xl yang memiliki sinyal yang sangat baik. Bahkan saya sudah mencoba untuk menginstall aplikasi Digibank di 2 handphone android lainnya dan juga mengalami hal serupa, yakni error saat mengklik bagian deposito.

8. Saya juga telah mencoba untuk login via website, yakni https://secure.id.dbsDigibank.com/login. Namun tidak berhasil juga saat ingin mengubah pengaturan deposito dengan alasan kendala teknis. Hal ini sudah terjadi berulang kali, setiap hari saya mencoba untuk mengubah pengaturan deposito yang akan jatuh tempo tersebut dari aplikasi maupun web.

9. Sampai dengan hari ini tidak ada kejelasan mengenai bagaimana cara saya merubah pengaturan pada deposito saat akan jatuh tempo. Hal ini dikarenakan error pada aplikasi.

Sampai tulisan ini dibuat, 23 November 2019, saya juga masih belum berhasil untuk merubah pengaturan pada deposito yang akan jatuh tempo di tanggal 1 Desember 2019 nanti. Entah sampai kapan uang saya akan menggantung di aplikasi yang selalu macet di bagian pilihan deposito. Anehnya semua menu berjalan lancar, hanya deposito saja yang macet.

Mohon penyelesaiannya dari pihak Digibank. Saya hanya ingin deposito saya dicairkan pada tanggal 1 Desember nanti dan semua deposito saya akan saya cairkan setelah ini, kapok saya. Pihak Digibank tidak bisa seenaknya saja melempar ke aplikasi, karena Digibank adalah produk dari DBS, sehingga apabila nasabah mengalami kendala pada aplikasi, seharusnya Kantor Cabang BANK DBS dapat memberikan pelayanan pada nasabah Digibank.

Roy Adi Chandra
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Digibank Bank DBS:
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Roy Adi Chandra

Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Media Konsumen. Melalui surat...
Baca Selengkapnya

Loading...
Tentang Penulis
Roy Chandra  

Saya adalah roy

3 komentar untuk “Deposito “Nyangkut” dan Tidak Dapat Dicairkan di Aplikasi Digibank by DBS

 Apa Komentar Anda mengenai Digibank Bank DBS?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Deposito “Nyangkut” dan Tidak Dapat Dicairkan di Aplikasi …

oleh Roy Chandra dibaca dalam: 3 min
3