Akun Kredivo Dibobol untuk Transaksi Voucher 10 Juta Rupiah di Juragan Cash

Tanggal 27 November 2019 akun Kredivo saya dibobol dan pelaku melakukan transaksi cicilan 12 bulan di Juragan Cash, dengan total transaksi di Kredivo senilai Rp12.687.000 sudah termasuk bunga. Sebelum itu, pada hari Kamis malam pukul 21.30 WIB saya dihubungi pelaku yang mengaku bahwa dirinya adalah CS Kredivo.

Kemudian pelaku yang mengaku CS Kredivo itu menawarkan untuk membantu saya untuk mencek data transaksi yang belum berhasil, sehingga dia meminta data foto KTP dan nomor kartu rekening ATM saya. Dari situ saya sempat curiga dan ragu akan hal itu, tetapi saya seperti orang terhipnotis dan tanpa disadari saya mengirimkan foto KTP dan nomor kartu ATM, karena pelaku mengancam bahwa kalau tidak segera dilanjutkan prosesnya akun Kredivo saya akan diblokir.

Berhubung waktu itu sudah larut malam pelaku yang mengatasnamakan CS Kredivo itu mengatakan untuk verifikasi data maka diminta nomor dan kode OTP. Akan tetapi, setelah itu di email saya masuk notifikasi email pinjaman yang sama sekali bukan saya yang mengajukannya.

Saya tidak ingin membayar karena semua pinjaman itu bukan saya mengajukan, melainkan orang tersebut yang telah membobol akun Kredivo saya. Mohon tanggapannya dari pihak Kredivo.

Winda Wulandari
Depok, Jawa Barat


Update (29 November 2019, pukul 11.15 WIB) atas permintaan penulis: Revisi tanggal kejadian pembobolan akun Kredivo.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Winda Wulandari

Pada kesempatan ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dibuat oleh Ibu Winda Wulandari pada Media Konsumen tanggal 29...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Akun Kredivo Dibobol untuk Transaksi Voucher 10 Juta Rupiah di Juragan Cash

  • 29 November 2019 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Wow gila aja 1 voucher harganya 10 juta!!!! ??? Voucher game atau apa itu?

    Kredivo harusnya meninjau kerjasamanya dengan Juragan Cash. Jangan sampai ini menjadi ajang pencucian uang paling aman buat penipuan. Pembelian produk2 digital seperti voucher atau pulsa ini harusnya ada pembatasan, berapa limit per transaksi atau per harinya. Akun dibobol untuk produk real masih bisa dicancel atau dilacak alamat pengirimannya, kalo produk virtual kek voucher gini gimana? ???

    • 1 Desember 2019 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Saya mau bertanya apakah ibu tahu jam operasional CS kredivo sampai jam berapa, maaf hipnotis 90% ampuh face to face, dan ibu ini orang nya cepat percaya ya sama orang, dan cepat ambil keputusan, ibu itu tidak di hipnotis, tapi diri ibu belum bisa membentengi apabila orang menawarkan sesuatu yang menggiurkan.karena sih pelaku seperti ini punya 1000 jurus dalam bicara ??? yahh kalau kurang pengetahuan dalam hal ini pasti jadi korban..padahal kalau kita menggunnakan logika. Apa benar ini dari kredivo, kenapa minta pin saya, dll…bisa juga karna ibu lelah jadil konsentrasi berkurang dengan hal itu…Pernah waktu itu juga saya di telp malam pukul 20 00. Dia mengaku dari team analist kredivo untuk menawarkan kenaikan limit kredivo…terus saya diminta untuk mengirimkan foto ktp dan menyebutkan pin nya. .terus saya tanya bapak atas nama siapa, pihak analist baik banget yaa dan sempet yaa telp nasabah ,ini no telp kredivo awalan 0852 tidak mungkin…sekarang posisi bapak di mana.bagaimana verifikasi data via Video call aja ..terus anda kasih tau sekitar anda bahwa anda sekarang lagi di kantor kredivo…terus saya tegaskan lagi .saya bisa melacak anda di mana anda sekarang. Di kira saya orang bodoh memberikan pin kepada orang…terus kata dia jadi anda tidak mau memberikan pin nya….saya tidak akan memberikan pin kepada anda.tapi akan memberikan rutan spesial untuk anda…bagaimana mau di proses…dan untuk kredivo agar lebih di perket lagi aplikasi nya…terima kasih

    • 2 Desember 2019 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Saya juga baru mengalami 2 minggu lalu hampir saja saya tertipu oleh org yg ngaku cs kredivo dia mnta kode otp sy pun kasih tapi saat dia mnta no kartu atm dy alhamdulillah sy tersadar lalu sy screen shoot dan laporkan k suami sy yg kebetulan seorang anggta intelgen untuk melacak di mana org itu berada dan trnyta merka adalah grrombolan anak muda dr sumatra salah satunya sudah tertangkap dan sy sudah poliskan tapi ttp hati2 krn mrka msih bnyk d kuar sana menggunakan ilmu hipnotis melalui akun sosial media tp sebelum itu sy buru2 tlp kredivo dan menanyakan smua trnyta kredivo hnya punya satu akun d instagram yg bercentang biru dan kredivo tidak prnh meminta kode otp atau pun smua trntang identitas kita dan jam itu juga akun sy d blokir untuk selamanya dan baru bsa buat baru lagi setelah 6 bln tp tidak apa sy aman n masih tetlindungin dr kerugian yg fatal.jd buat smua teman2 hati2 kepada akun2 siluman yg berdedar d sosial media jika memang butuh bicara dng pihak kredivo lbih baik tlp langsung k pusat center yg trdaftat

    • 2 Desember 2019 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Wah parah sekali…. Kalo begitu…
      Pada intinya jangan memberitahukan pin /no penting kepada org lain itu saja si.

    • 18 Desember 2020 - (16:31 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga ka
      Tgl 3-12-2020 Akun kredivo saya di bobol yang menggaku sabagai cs kredivonya belikan pulsa dalam pecahan Rp 100 ribu sampai 13 juta lebih. Dan saya akan kasih bukti buktinya terus saya sudah ke pihak kredivonya tapi tangapan nya saya yg salah. Padahal saya tidak pernah mengasih nomor kode OTP ataupun Pin ataupun nama orang Tua tapi dari pihak kredivo tetap saja yang salah saya.
      Poko nya saya inti nya tidak akan membayarkan tagihan itu di karenakan saya tidak merasa sama sekali melakukan Transaksi itu dan aneh nya limit saya kan 10 jutaan tuh. Ko si pelaku bisa bobol sampai batas limit sampai 13 juta kan itu sama sekali tidak masuk akal
      Kalau emang pihak kredivo nya tetep menagih saya. Kenapa tidak tagih saja ke nomor yg tertera di akun kredivo saya itu.
      Karena saya sudah berapa kali saya jelas kan akun saya di bobol dan di tipu dan juga sekarang tidak bisa masuk ke akun saya itu di karenakan nomor beda sama saya. Di situ lah saya juga binggun masa iya tampa pin dan OTP sipelaku bisa ganti nomor saya. Harusnya kan tidak bisa itu. ada apa ini. Kalau emang misalkan nomor nik ktp itu di Rahasia kan. Terus buat apa kode OTP sama pin nya. Klau si pelaku bisa masuk ke akun saya hanya melalui NIK ktp dan nomor.
      Itu berati keamanan nya lemah kredivo ktp itu semua orng juga pasti tau apa lagi RT RW pasti itu tau nik ktp saya. Harus nya kredivo belajar dari akun mobile bca dia juga kalau mau ganti nomor hp baru pasti di suruh ke kantor bca klau gak ada kode otp nya Atau pin nya Jadi kan aman itu.
      Kenapa tidak di lacak aja nomor si pembobol itu.
      Tolong lah saya minta kebijaksanaan nya dari pihak kredivo nya.
      Uang 13 juta lebih itu bukan sedikit pak.
      Saya mana mungkin Sanggup bayar itu semua apalagi yg melakukan Transaksi bukan saya masa saya yg harus bayar.
      Saya juga bukan orang kaya pak
      Kasiani lah saya pak.
      Demi Allah pak yg melakukan Transaksi itu bukan saya bila bapa Kredivo tidak percanya datang ketempat Rumah saya.
      Saya tidak akan kabur di karenakan Saya tidak salah emang saya sabagai korban di bobol dan di tipu.. Ini nomor si pelaku yang masuk ke akun saya. 081212372075 tolong lah kepada pihak kredivo lacak nomor ini. Soalnya ini bukan nomor saya. Harus nya nomor saya yg terdaftar nomor ini 081219101678. kalau dari pihak kredivonya tetap saya yg salah karena meberikan data atau pun kode otp atau pun pin dan nama orang tua. Saya pastikan saya tidak pernah sama sekali mengasih kode kode rahasia itu. Soalnya saya punya bukti buktinya nanti saya sertakan di sini.
      Terimakasih kepada pihak kredivo semoga dari pihak kredivo permasalahan saya cepat beres. semoga tidak ada tagihan lagi kepada saya.
      Dan semoga tidak ada lagi orang atau temen temen kredival yg di bobol.
      Saya minta kebijaksanaan ke pada pihak kredivo ???

  • 29 November 2019 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya Kredivo membatasi transaksi dalam bentuk voucher game dan pulsa karena voucher game dan pulsa seringkali dipakai oleh penjahat untuk aksinya, dimana voucher game dan pulsa bisa dijual kembali.

    Disisi lain, pemilik akun Kredit seharusnya bisa menjaga akunnya dari penjahat yang bergentayangan di media sosial dan olshop. Kredivo sendiri sudah sering mengingatkan pengguna via medsos untuk selalu berhati-hati terhadap upaya penipuan dan pencurian kredit oleh penjahat online. Kejadian diatas atas adalah keteledoran pemilik akun!

    Logikanya adalah, ketika maling masuk ke rumah seseorang karena orang tersebut telah dengan sengaja atau tidak sengaja telah memberikan kunci rumahnya kepada perampok, maka itu adalah tanggung jawab pemilik rumah.

  • 30 November 2019 - (07:17 WIB)
    Permalink

    ini sih masuknya kesalahan pengguna, mau alasannya dihipnotis atau bukan, memberikan data pribadi dan kode OTP ke orang yang tidak dikenal yang telp malam2, padahal jam kerja CS tidak mungkin selarut itu.

    Sebelum mengadu transaksi bermasalah kemana, kok bisa tahu no HP-nya, biasanya via IG atau facebook di bagian post yg open public, karna banyak penipu menunggu hal seprti ini.

    dan kredivo harusnya menerapkan dobel proteksi tuk trx diatas sekian juta dengan memninta kode pin atau sejenisnya, seprti OVO

    • 2 Desember 2019 - (07:18 WIB)
      Permalink

      Maaf karena anda belum ngalami makanya anda bilang seperti itu karena pada saat kami yang mengalami kami pun di bawah alam sadar pdhal jika kami dalam keadaans sadar kami tau cs hnya bekrja smpi jam 5 sore,karena saya sudah ngalamin tapi saya tidak sependapat dan judge anda seperti ini karena posisinya anda masih tahap beruntung belum mengalami kejahatan di sosial media

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Kredivo?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Dibobol untuk Transaksi Voucher 10 Juta Rupiah di Juragan…

oleh winda_wulandari dibaca dalam: 1 menit
8