Cashback atas Transaksi Memakai DANA Tidak Diberikan, Perusahaan Mengubah Kebijakan Sesuka Hatinya

Tanggal 12 Januari 2020 saya memakai DANA untuk bertransaksi di salah satu merchant yang bekerjasama dengan DANA. Kebetulan saya ingin memanfaatkan promo cashback 40% yang diberikan oleh DANA. Jumlah belanja saya adalah Rp27.780. Setelah melakukan transaksi, saya pun melakukan pengecekan. Namun saya heran karena cashback 40% yang dijanjikan belum juga masuk, padahal biasanya langsung masuk.

Saya pun yakin bahwa promo masih berlangsung karena promo baru berakhir setelah 31 Januari 2020 (screenshot bukti promo terlampir), dan dalam minggu itu pun saya belum memakai DANA untuk bertransaksi, dimana DANA mensyaratkan bahwa dalam 1 minggu hanya bisa mendapatkan cashback 1 kali saja.

Karena itulah saya kemudian mengontak DANA via twitter mereka di @danawallet untuk menanyakan hal ini. Betapa terkejutnya saya ketika mereka menjawab bahwa promo telah berakhir tanggal 5 Januari 2020.

Ketika saya memberikan bukti screenshot bahwa promo masih berlangsung hingga 31 Januari 2020, dengan mudahnya mereka menjawab bahwa syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tentu saja saya tidak dapat menerima jawaban seperti ini. Merubah kebijakan memang hak mereka, tapi seharusnya jangan di tengah periode masih berlangsung.

Saya masih ingat bahwa kebijakan promo yang baru ini baru saja diubah pada awal Januari kemarin. Namun sekarang baru juga masuk minggu kedua, promo sudah diubah kembali. Jawaban CS-nya yang seperti itu pun tampak jelas mengacuhkan konsumen dan mencerminkan betapa tidak bertanggungjawabnya mereka terhadap keluhan konsumen.

Saya yakin pasti tidak terhitung banyaknya konsumen yang juga dirugikan seperti saya. Seharusnya DANA bisa mencontoh seniornya seperti Gopay dan OVO. Mereka tidak pernah mengubah kebijakan di tengah-tengah masa promo masih berlangsung. Kebijakan baru diubah ketika periode telah usai dan masuk periode baru. Kebijakan sesuka hatinya yang seperti ini jelas membuat konsumen kecewa dan memilih tidak memakai DANA lagi.

Saya membuat surat di Media Konsumen ini agar konsumen-konsumen lain tahu seperti apa DANA sekarang ini, dan saya ingin DANA memberikan apa yang sudah menjadi hak saya.

Hary Gimulya
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:4    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Hary Gimulya

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Hary Gimulya yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Cashback atas Transaksi Memakai DANA Tidak Diberikan, Perusahaan Mengu…

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 min
0