Tidak Pernah Pakai PayLater Gojek, tapi Dapat Tagihan

Sejak tanggal 29 November 2019, saya mendapat tagihan PayLater via SMS ke nomor saya yang terkoneksi dengan akun Gojek. Nomor saya 082226927*** atas nama Anggi. Saya berkali-kali mendapat SMS penagihan. Karena merasa tidak pernah menggunakan PayLater, SMS tersebut saya abaikan. Namun saya tetap melakukan pengaduan terkait hal tersebut ke pihak Customer Service Findaya via email di support@findaya.com.

tagihan melalui sms

Lalu mulai Desember 2019, saya mendapat telepon dari nomor asing yang mengaku dari pihak Findaya yang menagih saya untuk membayar tagihan PayLater. Findaya adalah pihak yang menangani masalah PayLater Gojek. Saya sampai ditelepon berkali-kali dan diancam oleh pihak Findaya diminta segera melunasi. Padahal saya tidak pernah menggunakan fitur PayLater, dan akun Gojek saya tidak terhubung dengan fitur PayLater. Untuk dapat terhubung dengan PayLater, kita harus memfoto KTP kita dan melakukan selfie dengan KTP. Padahal saya tidak pernah melakukan keduanya. Kok bisa-bisanya saya mendapat tagihan?

jumlah tagihan Paylater

Saya sudah berkali-kali melakukan pengaduan ke pihak Gojek dan Findaya. Via telepon dan juga email. Pihak Gojek menyarankan saya untuk mengadukan keluhan saya ke pihak Findaya. Lalu saya kirim email pengaduan lagi ke Findaya. Pihak Findaya membalas email saya bahwa akun saya disalahkangunakan oleh pihak lain dan saya tetap diminta membayar tagihan. Kok bisa seperti itu penyelesaiannya? Saat saya ditagih via telepon, saya jelaskan kronologinya dan diminta tetap membayar.

Lalu saya kirim email lagi. Tetap disuruh membayar dan menjaga keamanan akun saya sendiri. Padahal akun saya tidak pernah digunakan pihak lain dan saya tidak pernah memberikan kode OTP ke pihak lain. Sangat disayangkan.

Apakah sebegitu mudahnya akun Gojek saya diretas dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Padahal akun tersebut berisi informasi pribadi pengguna. Apakah tidak ada proteksi terhadap informasi pribadi pengguna? Bagaimana tanggung jawab dari pihak Gojek? Saya merasa dirugikan. Saya tidak menggunakan Paylater tetapi tetap diminta membayar. Apalagi dengan diteror telepon berkali-kali dari nomor asing pihak Findaya.

Akun saya yang tidak terhubung dengan Paylater

Saya hanya ingin minta tolong dengan sangat dan segala hormat untuk pihak Gojek segera menangani keluhan saya, karena sepengetahuan saya bahwa Gojek adalah perusahaan besar dan ternama di Indonesia, jadi saya mohon pihak Gojek untuk peduli terhadap keluhan dari pengguna Gojek.

Begitupun dengan pihak Findaya, saya sudah email dan dan menjelaskan via telepon tetapi keluhan saya tidak diurus juga. Sedangkan dari pihak Findaya sendiri selalu menagih saya melalui telepon dan berulang kali pula saya jelaskan kronologi, secara lengkap dan mengirimkan bukti melalui email, tetapi sampai sekarang masih ditagih juga.

Saya mohon dengan sangat untuk pihak Gojek dan Findaya segera mengurus keluhan saya dan bertanggung jawab atas kinerjanya.

Terima kasih banyak!

Annastasia Lita Anggi Utami
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

97 komentar untuk “Tidak Pernah Pakai PayLater Gojek, tapi Dapat Tagihan

  • 26 Juli 2020 - (03:28 WIB)
    Permalink

    Ini hanya opini saya aja ya. Saya bukannya senang dapat paylater gopay 750000, mungkin sebagian orang senang tapi segitu g ada apa apanya. Jujur saya emosi dan bertanya-tanya, kenapa saya dapat pinjaman tanpa persetujuan? Katanya findaya di awasi dan terdaftar OJK tapi nyatanya kita sebagai konsumen tidak pernah tandatangan diatas materai. Jangan itu tanda tangan dan nama terang aja kita ga d kasih klausulnya. Seenak jidatnya itu bukain akun pinjaman orang tanpa persetujuan. Saya udah hubungi findaya abal abal itu buat blokir ato tutup fasilitas paylater gopay. Mereka berkelit kalo itu fitur, kalo g dipake d biarin aja. Biar apa? Supaya orang tua kyak saya ini ga sengaja mencet ‘tombol utang’. Niat mau bayar cash malah kepencet paylater. Btw ini pihak findaya belum ada tanggapan?

  • 10 Agustus 2020 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Ya sama saya juga.. Ada tagihan voucher go food yg gak pernah saya ajukan.. Karna saya pakai akun gojek hanya sesekali dan gak pernah pakai paylater kecuali pertama kali. Saya kaget dapat email tagihan dari paylater yg gak pernah aku gunakan.. Akhirnya saya telpon gojek dan hubungi email findaya aneh juga findaya gak ada call center nya.. Saya tanya klo sudah bayar saya bisa tutup paylater sama langganan go foodnya gak? Kata mereka gak bisa.. Dan saya belom bayar tagihan2nya.. Serem ternyata banyak korbannya..

  • 28 September 2020 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Kejadian nya sama yg Sekarang saya alami saat ini tidak menggunakan gopay later tetap di suruh membayar.sampe saya datengin ke kantor Gojek yg berlokasi di blok m kantornya tutup smpe akhir tahun kata security yg sedang bertugas sudah kesal sekali hati ini ingin marah atas sikap Gojek dan findaya yg tidak ada pertanggung jawaban nya

  • 5 November 2020 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga sekarang lagi ngalami ngga pernah makai paylater tiba2 dapat tagihan plus bunga2,setiap hari ditelp sama menagih makanya terganggu sekali….aku telp gojegnya buat matikan akunnya malah psbb ….anehnya pemakain pada tanggal yang sama 20 agustus 2020,50rb pemakaian pembayaran etoll pdhl aku sama sekali ngga pernah masuk toll dijawab sama pihak penagih kemungkinan dipakainsaudara kan aneh masa akun privasi bisa orang lain yang makan,200rb aku ngga sempet nanya pemakaian apa,gopay saya juga pernah ketarik gara2 buat pembayaran bunga….ada yg tahu harus gimana ya

  • 14 Desember 2020 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. 27 Nov 2020 membayar 2 tagihan paylater yaitu Biaya paylater + Biaya Akhir bulan. Sesudah payment, ternyata saya cek tidak ada transaksi apapun karena tidak menggunakan paylater di bulan & tgl tersebut. Tgl 10 Des akhirnya sya kirim email ke Findaya dengan bukti screenschoot. tgl 13 Des biaya paylater saya direfund, tetapi tidak dengan biaya akhir bulan!
    jumlahnya memang kecil, tetapi kenyataannya tidak pakai paylater kenapa harus bayar! Saya kirim chat kembali tgl 13 & 14 des ke aplikasi gojek, tapi selalu diinfo ada transaksi di halodoc tgl 27 Nov 2020. Kenyataannya tgl 27 nov teman saya pakai hpnya sendiri untuk halodoc dan bayarnya dg Kartu Credit Card saya, trus kenapa saya diinfo pakai paylater di halodoc?? Saya cek telp telp ke halodoc, dan tdk ada transaksi apapun dari gojek saya. Dari semua cs findaya diinfo bahwa saya ada transaksi halodoc di tgl 27 Nov dan versi gojek terbaru 2.0. Apa hubungannya dengan versi aplikasi dan saya membayar biaya akhir bulan (dijadikan biaya halodoc – padahal tidak ada transaksi halodoc)??? Simple nya, saya tdk pakai paylater halodoc, dan semua paylater apapun!! seharusnya langsung dikembalikan full saja dari biaya paylater dan biaya akhir bulan. Tetapi trus saja berputar-putar kalau saya bayar halodoc dg paylater, padahal tidak!!

    • 28 Desember 2020 - (10:53 WIB)
      Permalink

      untuk bisa mengakses paylater ,pengguna harus upgrade Gopay Plus
      apakah kakak pernah mengupgrade Gopay plus ?
      untuk mengupgradenya pun harus mengupload foto KTP terlebih dahulu

      • 6 Januari 2021 - (14:49 WIB)
        Permalink

        iyah saya bisa akses paylater dan sudah ter upgrade ke gopayplus juga (upload ktp sudah pernah dulu saat di minta upload), apakah ini akan ada kaitannya dengan masalah yang saya alami dengan pembayaran halodoc saya yang menggunakan CC (kartu kredit) di aplikasi gojek?
        jika tidak ada transaksi pembayaran menggunakan gopay/gopaylater, seharus nya tidak ada tagihan kan?
        saya sudah melakukan pembayaran menggunakan CC di aplikasi gojek karenaaaa, halodoc arahkan payment ke situ.
        jadi pembayaran mana yang harus di lakukan sementara transaksi menggunakan gopay/gopaylater tidak ada sama sekali?
        mohon bantuannya.
        thanks.

        • 1 Februari 2021 - (10:07 WIB)
          Permalink

          Intinya apakah tagihan tersebut atas nama mba Anggi? Jika ia berarti kemungkinan ada orang terdekat mba Anggi yang telah menggunakan data dan nomor hp mba Anggi membuat akun gojek.

        • 30 Maret 2021 - (08:31 WIB)
          Permalink

          Saya tidak tau menau soal gojek paylater. Bagaimana bisa saya terdaftar dan melakukan transaksi?

          Betapa buruknya keamanan dalam teknologi transaksi keuangan. Terutama dalam hal ini Gojek. Bayangkan, customer hanya diberikan jawaban oleh Gojek agar menjaga kerahasian akunnya. Lalu melempar kesalahan pada customer.

          Pertanyaanya, yang daftarkan dan melakukan transaksi menggunakan akun customer tanpa sepengetahuan dan persetujuan customer siapa?

          Bagaimana bisa terdaftar tanpa ada data pribadi yang valid?

          Saya tidak pernah melakukan upload data pribadi untuk gojek.

          Dan kalau saya baca komentar, sepertinya Findaya juga seenaknya sendiri bertingkah kepada customer. Gelap mata.

          #gojek
          #findaya

  • 6 Februari 2021 - (23:02 WIB)
    Permalink

    apakah saudara-saudara yang pernah merasa dirugikan ada yang pernah melaporkan ke pihak YLKI? karena bila hanya lapor ke findaya, tidak ada pertanggung jawaban karena di syarat dan ketentuan penggunaan paylater tertulis pihak gojek tidak bertanggung jawab bila ada kesalahan yang timbul, dari aturan ini sudah tidak sesuai dengan peraturan UU Perlindungan konsumen, mungkin pihak YLKI bisa membantu permasalahan ini agar tidak ada permasalahan yang serupa

    1
    1
  • 28 Mei 2022 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Saya akhir2 ini jg dapat teror wa sms dan telpon. Bahkan telpon berkali2 setiap harinya. Padahal sy ga pakai gopaylater. Pakai jg itu dulu 1th lalu dan sudah dibayar. Ini install gojek lg dan isi gopay buat isi pulsa. Udah ga ngapa2in lg krn emang install gojek buat jaga2 aja. Tp tau2 dapet teror begini. Ga pernah sy jawab telpon dan wa. Sy jg ga tau tagihan sy brp dan utk apa. Hr ini malah ada ancaman debt colector akan datang ke tempat sy. Padahal sy ga pinjam. Mohon solusinya untuk yg sudah pernah mengalami dan sudah selesai kasusnya. Krn sy cm single parent dg 2 anak, kerja pun di buruh pabrik. Ga beranilah utang2 online dan gaptek. Mohon infonya. Mo nagis rasanya

  • 9 September 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Kejadian menimpa saya. Emang bobrok baget. Ga tokopedia nya ga gopay later. Saya pengguna Toped sudah cukup lama dan tidak pernah menggunakan gopay later untuk transaksi (pernah aktifkan tapi tidak pernah sekalipun digunakan).

    == ini email saya ke mereka (Findaya,MAB, CS. Sebelumnya saya email ke tokopedia care 1 hari sejak kehilangan hp dengan respon yang luar biasa tidak memihak user==

    Hp saya hilang (note 9) pada jumat 14 Juli kemudian si maling melakukan pembelian pulsa dan hp (dibatalkan). Saya sadar sabtu 15 juli. Sy langsung minta blokir nomor sim dan akun toped saya minta blokir. Dan saya langsung ke grapari utk mendapatkan sim fisik baru Ternyata maling senin dini hari 17 juli melakukan pembelian. Saya pikir akun saya sudah aman krn biasanya ketika akun diretas dan sudah lapor ke tokopedia, protokolnya adalah sistem melogout semua device. Ini tnyt si maling masih bisa masuk walaupun tidak punya sim fisik saya. Parahnya utk belanja dengan gopay later tidak ada permintaan otp ke nomor sim fisik.
    ==================
    Respon :

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saya siap untuk membantu kamu.

    Kami bantu informasikan saat ini keluhan kamu sedang dalam pengecekan tim terkait pada nomor laporan 169191160. Mohon menunggu balasan email selanjutnya dari kami. Kami secepatnya akan menghubungi kamu dan memberikan jawaban melalui email ini.

    Jika kamu memiliki pertanyaan atau kendala lain, mohon untuk mengunjungi halaman Bantuan di aplikasi Gojek. Kamu juga bisa mengikuti perkembangan status laporanmu pada halaman Laporan Saya

    Kami harap penjelasan di atas dapat membantu kamu. Pengalaman kamu akan menjadi pembelajaran bagi kami untuk menjadi lebih baik ke depannya.

    Salam,
    MAB
    ==
    Tapi saya ga ada dapat email balasan lagi setelah berhari2. Yang ada saya di berondong wa debt collector yang luar biasa ganggunya dan beberapa kata2nya kasar. PS: Gopay later ga aada call centernya. Email juga ga responsive. Anehnya saya tanya berapa total tagihan si maling mereka (debt collector) ga bisa jawab. maunya saya cuma bayar keterlambatan aja. (Akun toped saya skrg sudah saya tidak aktifkan dan tidak akan saya aktifkan kembali sampai kapapnpun melihat protokol keamanan yang sangat buruk dan banyaknya alternatif lain yg lebih aman). Yang jelas saya tidak akan pernah lagi mau belanja di platform yang ga ada call centernya.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek Paylater?

Ada 97 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Pakai PayLater Gojek, tapi Dapat Tagihan

oleh anggi dibaca dalam: 2 menit
97