Akun Akulaku Dijebol, Pihak Perusahaan Lepas Tangan

Sabtu, 11 Januari 2020 sekitar pukul 21.56 WIB saya sedang membuka akun Akulaku. Karena ingin melihat tagihan yang tercetak dengan maksud membayarnya. Tetapi ada hal yang membuat saya kaget, ternyata ada transaksi yang tidak saya lakukan sebanyak 3 kali di marketplace Bukalapak. Dengan nilai transaksi Rp 106.514 (BL2014DNWO4QINV) , Rp 319.543 (BL2014DNWR6BINV), Rp 532.572 (BL2014DNWSBLINV). Transaksi itu dilakukan pada tanggal 9 Januari 2020 pukul 02.29 – 02.31 WIB. total kerugian Rp 1.308.000 (jika diakumulasikan pembayaran cicilan).

Minggu, 12 Januari pukul 08.26 WIB saya langsung hubungi pihak Akulaku untuk melakukan konfirmasi. Namun setelah saya berhasil menghubungi call centre Akulaku, sangat disayangkan bahwa pihak Akulaku tidak dapat memberikan tanggung jawab. Mereka hanya dapat memblokir tagihan limit saya. Pernyataan mereka “KAMI SUDAH BANTU BLOKIR LIMIT BAPAK, NAMUN TAGIHAN TETAP JADI TANGGUNG JAWAB BAPAK”. Padahal saya sudah memastikan bahwa itu bukan transaksi saya.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Akulaku. Karena keamanan mereka yang bisa dibobol tetapi harus nasabah yang menanggungnya. Saya sudah konfirmasi bahwa saya tidak ada mengklik link atau bahkan memberikan OTP pembayaran. Bahkan OTP nya saja tidak masuk ke sms handphone saya. Berarti ini membuktikan bahwa Keamanan Akulaku sangat rendah sehingga mudah untuk dibobol.

Perlu diketahui, bahwa Akulaku merupakan perusahaan Aplikasi kredit virtual finansial online terbesar. Bahkan berani menulis “transkasi aman, terdaftar dan diawasi oleh OJK” pada websitenya. Tetapi apa ini membuktikan itu semua? Saya tunggu tanggung jawab dari pihak Akulaku.

Kevin Maranatha
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Akulaku:
[Total:15    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Akun Akulaku Dijebol, Pihak Perusahaan Lepas Tangan

  • 17 Januari 2020 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Halo kak, kasus yang sama seperti yang sedang sy alamat. Total kerugian 5jutaan sampai lunas. Tanggapan pihak CS akulaku juga sama, HANYA LIMIT YG DIBEKUKAN. Saat ini saya sudah lapor kepolisian dan sedang ditindak lanjuti.

      • 31 Mei 2020 - (23:09 WIB)
        Permalink

        Kemaren tgl 29
        Akulaku suami ku ludes 5 jt lbh..
        Dlm 1 hr udah tlp.ke cs tanggapan nya lg di proses utk.pengaduaan tp skrg blm ad tlp.dr akulaku…pengen lapor kepolisi bingung syarat nya apa ajaa n barang bukti nya hamya dpt.nomer tlp ..tolong yang udah lapor.ke.polisi apa aja persayaratn.ny agar bs.dpt.surt.kepolisiaan biar bs tembus ke ojk 🙏

  • 18 Januari 2020 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Serem juga y… Keamanan nya tidak terjamin. Tutup aja setelah lunas tagihan nya.

    • 20 Januari 2020 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Ya benar.
      Otp tidak masuk, tiba” limit terkuras.
      Berarti membuktikan keamanan rendah.

  • 31 Januari 2020 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Mas kevin saya juga korban.dan kasusnya persis sama hanya berbeda marketplace.oh ya sampai saat ini apakah mas kevin sudah ada tindak lanjut atas kasus akulakunya?

  • 5 Maret 2020 - (14:11 WIB)
    Permalink

    saya kejadian baru pagi ini skali ..
    kurang dari 1 jam limit saya raib untuk pembelian pulsa jumlahnya 3.7jt ..
    dan itu pembelian dari pukul 01.42 s/d 01.59 pembelian pulsa semua . dan akulaku jawabanya bgtu tetep jadi tagihan saya 🙁

  • 25 April 2020 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal ini pada hari ini tgl 25 April 2020 tanggihan saya begitu banyak akibat diretas pelaku pejahat.
    Saya menelfon CS PIHAK AKUN LAKU dan mereka HANYA BISA MEMBLOKIR LIMIT TANPA ADA JALAN KELUARNYA.
    Tetap nasabah yang terbeban.
    Buat teman teman apakah tetap membayar tagiahan yg padahal bukan atas pemakaian kita?

  • 28 September 2020 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, ada yang bisa sharing jalan penyelesaian nya

  • 6 November 2020 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga ketipu diakulaku..saya sudah datangi kantor pusat akulaku di jl Sudirman sahid. Dan mereka tidak bertanggung jawab atas lemahnya keamanan akun nasabah akulaku.disana juga ada ratusan pengaduan yang sama tertipu mengasih kode otp ke orang lain.intinya jangan kita bayar cicilan di akulaku jika kitakena tipu begitu harus laporbareng sama pihak akulaku…jangan mau kita sendiri yang lapor…sebenarnya uang akulaku dibobol dibebankan kenasabah akulaku

  • 6 November 2020 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Keamanan akulaku sangat rendah sekali..masa penipu dengan mudahnya membobol akun nasabah akulaku hanya bermodalkan OTP,..seharusnya transaksi mencurigakan seperti pembelian pulsa sampe jutaan bukan ke nomer nasabah akulaku kan bisa dikonfimasi ulang…ke nomer hp nasabah atau email atau pasword…trus limit kredit itu membahayakan buat apa…itu namanya merangsang orang buat nipu…jadi sama aja memfasilitasi buat penipuan

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Dijebol, Pihak Perusahaan Lepas Tangan

oleh kevin dibaca dalam: 1 menit
20