Pelayanan Komplain Akulaku Sangat Lambat dan Mengecewakan

Halo, saya Nurul Fitria, pengguna pemula aplikasi Akulaku, baru pertama kali pakai aplikasi ini. Awalnya saya kira aplikasi ini fine-fine aja. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan transaksi pertama kali pada tanggal 03/01/2020, yaitu pembelian sebuah TV dengan sistem DP, dengan 6 kali angsuran. Sampai akhirnya pesanan saya diterima oleh merchant MEGAH JAYA ELEKTRONIK dengan nomor pesanan 1578049341547100827972. Saya tertarik melakukan pembelian TV karena di situ tertera ongkir “0” rupiah. Lumayan dong dalam hati aku bisa beli tv kredit dengan ongkos “0” rupiah dan langsung diterima sama pihak merchant-nya.

Status pesanan
Status pesanan masih saja dalam pengemasan

Selang beberapa jam kemudian si merchant telepon mengabarkan bahwa TV yang saya pesan tidak dapat dikirimkan karena ongkos yang dia tanggung tidak sama dengan apa yang tertera di aplikasi. “Lah, ngerti gitu lha kok diterima pesanan saya” dalam hati aku gitu. Tapi it’s oke, mungkin itu masih salah saya karena saya belum terlalu paham dengan prosedurnya Akulaku seperti apa. Dan anehnya lagi, kalau memang dia tidak mau mengirimkan barangnya, saya menyuruh dia untuk cancel pesanan saya tadi. Namun dia malah mengancam saya “Kalau di-cancel nanti kena penalti 150 ribu” bilangnya.

Ya saya kaget dong terus tanya lagi “Loh, yang kena penalti siapa? Kan yang salah penjual kenapa gak dikasih nominal ongkir yang benar berapa, dan kenapa pesanan saya buru-buru diterima?”. Malah jawabnya yang kena penalti si pembeli. Kan aneh banget ya ini merchant baru tahu aku kalau transaksi kaya gini ada penalti. Semacam ada ancaman kan guys biar saya tetep beli di dia, padahal dia yang salah.

Terus akhirnya si merchant bilang “Saya suruh telpon ke CS Akulaku saja soalnya dari dia gak bisa cancel, soalnya pesanan sudah dalam tahap pengemasan”.

Oke sampai sini saya masih sabar.

Akhirnya saya telepon ke CS Akulaku. Saya ceritakan kronologi kejadiannya. Si CS bilang suruh nunggu 5-7 hari kerja. Sampai sini sedikit lega. Tapi setelah saya tunggu-tunggu 3 hari, 4 hari sampai 15 hari lebih sampai sekarang belum ada pemberitahuan di aplikasi yang menandakan bahwa pesanan saya sudah diganti statusnya oleh pihak Akulaku.

Bahkan saya juga sudah kirim feedback, kirim email berkali-kali.tidak hanya satu kali. Tapi tetap saja tidak ada perubahan yang membantu. Dan seakan-akan Akulaku tidak terlalu serius dalam menanggapi apa keluhan dari customer. Padahal masalah saya sudah jelas banget, si merchant memang tidak mau mengirimkan barangnya dan saya mau pesanan saya tersebut di-cancel oleh Akulaku dan saya mau uang DP saya kembali. Saya pun juga sudah mengirimkan SS percakapan saya dengan merchant kalau memang kami menyepakati untuk cancel pesanan. Tapi seakan-akan Akulaku tidak paham dengan apa yang saya maksud. Sampai saya bingung harus lapor yang model bagaimana agar si Akulaku paham.

Semoga dengan keluh kesah saya ini bisa membantu saya dalam mengambil hak saya sebagai konsumen dan Akulaku segera memperbaiki sistem yang sangat buruk ini.

Nurul Fitria
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:5    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Akulaku untuk Surat Pembaca Ibu Nurul Fitria

Menanggapi dimuatnya Surat Pembaca di Mediakonsumen.com yang ditulis oleh Ibu Nurul Fitria pada tanggal 22 Januari 2020 dengan judul “Pelayanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Pelayanan Komplain Akulaku Sangat Lambat dan Mengecewakan

  • 22 Januari 2020 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Senasib Mb, sy juga pesan dari 20 Desember 2019 ga ada stock di merchant udah sepakat cancel. Udah lalui prosedur pelaporan dll, udah telp CS berkali2 sampe emosi dan ngomel2 tapi tetap aja tanggapannya “sedang diproses oleh tim terkait” dan sampe skrg uang DP sy blm kembali. Malah udah muncul tagihan atas barang yg tidak pernah sy terima.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Komplain Akulaku Sangat Lambat dan Mengecewakan

oleh Ria dibaca dalam: 2 min
1