JNE Express Memutuskan Secara Sepihak Retur Barang Tanpa Persetujuan Pembeli

Saya membeli produk skincare dari luar negeri pengiriman ke Surabaya. Pada tanggal 20/01 pukul 00:07 paket sudah di Surabaya dan akan dikirim ke alamat pembeli pukul 09:50. Waktu itu rumah tidak dalam keadaan kosong, ada orang di rumah. Kebetulan waktu itu saya lagi di luar kota. Tapi saya sudah bilang pada orang rumah kalau akan ada pihak JNE mengirimkan paket saya. Namun pada pukul 13:40 status pengiriman menjadi rumah/kantor kosong. Saya bertanya pada pihak rumah tidak paket yang datang. Saya tidak bisa berbuat apa-apa waktu itu, saya lagi diluar kota. Saya berpikir mungkin besok akan dikirimkan kembali sama pihak JNE nya, dan orang di rumah saya suruh stand by. Selama 3 hari tak ada kabar paket datang.

Kemudian saya terkejut melihat di Shopee paket saya statusnya menjadi RETUR ORIGIN. Itu saya bingung setengah mati. Kok bisa jadi retur tanpa persetujuan saya? Kok bisa JNE memutuskan secara sepihak seperti itu? Saya bertanya pada toko bersangkutan, respon toko hanya memberi resi kepada saya.

Kemudian saya pulang dari luar kota tanggal 24/01 malam hari, JNE sudah tutup dan akhirnya saya ke JNE terdekat tanggal 25/01 pukul 11:00. JNE terdekat melacak paket saya menyatakan paket sudah diretur dan menyarankan untuk menghubungi CS JNE pusat untuk menanyakan keberadaan paket saya.

Saya akhirnya menghubungi CS JNE baik email maupun telepon, telepon berkali-kali selalu sibuk hingga akhirnya diangkat dan saya menanyakan semua tentang keberadaan paket saya. Saya meminta untuk mengirimkan ulang paket ke alamat saya, tidak diretur secara sepihak.

Ketika CS JNE melacak paket saya dan paket saya dalam keadaan diretur/dikembalikan ke alamat asal oleh pihak JNE. JNE tidak bisa mengirimkan ulang paket saya karena dalam keadaan perjalanan ke alamat asal/alamat penjual. CS JNE menyarankan untuk mengirimkan ulang paket harus menghubungi penjual untuk mengirimkan ulang dengan resi yang baru.

Di sini saya kecewa kok bisa paket diretur tanpa persetujuan pembeli? JNE kok memutuskan secara sepihak atas paket saya? Dan lebih kecewanya kurir yang mengirimkan tidak menghubungi saya sama sekali jika rumah/kantor kosong padahal di paket sudah tertera no hp saya. Jika menghubungi saya kan saya bisa bilang orang rumah/saya bisa kasih alternatif lain untuk paket saya, tidak malah menyatakan rumah kosong kemudian paket diretur secara sepihak begitu saja.

Untuk JNE mohon diperbaiki pelayanannya, jangan buat customer kecewa seperti ini.

Nurfadila Cyntia P.
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:3    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Nurfadila

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 29 Januari 2020 berjudul “JNE Express Memutuskan Secara Sepihak...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “JNE Express Memutuskan Secara Sepihak Retur Barang Tanpa Persetujuan Pembeli

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

JNE Express Memutuskan Secara Sepihak Retur Barang Tanpa Persetujuan P…

oleh Nurfadila dibaca dalam: 1 menit
2