Kecepatan Internet MNC Play Tidak Bisa Diandalkan untuk Game Online (Bagian 2)

Saya adalah pelanggan MNC dengan nomor 1000057545. Sekali lagi saya ingin menunjukkan bahwa MNC tidak ada niatan untuk membantu konsumen dan malah sebaliknya. Saya di sini tidak ingin terlalu panjang. Tapi sebelumnya saya sudah menanggapi tanggapan MNC terhadap permasalahan saya sebelumnya. Berikut tanggapan saya:

“Saya rasa masalah ini justru memasuki babak baru. Saya jabarkan dulu kronologinya, panjang tapi ini penting sekali:

Oke kalian menawarkan solusi dengan memberikan saya trial/percobaan dengan IP Public selama beberapa hari. Saya akui memang berjalan dengan smooth/lancar dan tidak ada permasalahan tiap malam yang selalu saya alami sebelum pakai IP Public.

Tapi setelah trial selesai dan kembali kepada IP non public, masalah kembali muncul.(detik itu juga langsung koneksi hancur, nanti saya jelaskan di bawah)

Di sini saya mulai berpikir, apakah kalian MNC sengaja melakukan trik kotor agar saya terpaksa ambil IP Public yang mana saya harus menambah Rp.165.000?

Pertama, saya sudah berlangganan MNC ini sekitar 6 tahunan, saya ingat betul sekitar 4 atau 5 tahun sejak saya berlangganan tidak pernah ada masalah seperti ini. Dan sejak awal saya tidak pernah ditawari menggunakan IP Public bahkan di dalam paket kalian pun tidak ada. Lalu mengapa baru sekarang ditawari IP Public yang sebenarnya kelancarannya mengingatkan saya pada kualitas awal-awal pemakaian dulu?? Apakah memang kalian sekitar 3 tahun lalu sengaja mempermainkan konsumen dengan “mengutak atik IP” dan akhirnya berusaha mengeruk keuntungan lebih lagi dari konsumen dengan “IP Public” ini???

Kemudian, saya ingat betul sekitar hari Jumat (3 April 2020) kalau tidak salah, mendapat telpon dari pihak MNC yang justru menawari saya untuk ikut program “8+4” bayar 8 bulan gratis 4 bulan. Saat saya menyebut kalau saya dalam trial IP Public si perempuan CS seperti tidak tau menau. Kita berbincang-bincang dan si perempuan CS pun mengatakan kalau IP Public memang tidak berubah ubah, tapi IP non Public berubah ubah. Dia mengatakan kalau hanya perlu matikan ONT/Router selama 5 detik saja IP sudah berubah (bagi pengguna IP non public), tapi kenyataanya adalah mau 5 detik atau lebih sekalipun tidak akan berubah – alias static dan hanya berubah otomatis sesuai settingan dari pusat. Bahkan saat saya mengatakan mematikan router selama 30 detik seakan saya yang disalahkan.

Saya juga ingat sehari sebelum saya diberikan trial IP Public, saya ditelpon technical support dan dibantu penggantian IP keesokan harinya. Ketika saya pakai bermain malam harinya memang sempat dua kali tidak bisa konek ke server game, tapi kemudian bisa dan lancar saja (lucunya tepat saat saya mencoba saat itu, MNC mengubungi saya menanyakan bagaimana keadaan setelah IP diganti sekaligus menawarkan IP Public).

Dari pengalaman ini saya pikir saya tidak memerlukan IP Public karena sebenarnya dengan mengganti IP saja bisa ada solusi.

Tanggal 7 April 2020 sekitar pkl 17.45 saya mendapat telpon dari MNC untuk menanyakan tentang IP Public, apakah saya mau meneruskan IP Public atau tidak? Begitu saya memutuskan tidak (saat itu kebetulan saya sudah menyalakan PS4 dan bahkan dalam party chat bersama teman-teman), beberapa saat kemudian koneksi putus sebentar dan saat saya bergabung kembali ke party chat, suara teman saya sudah seperti “robot” dan saya tahu itu artinya koneksi saya buruk dan akhirnya tidak bisa bermain.

Tanggal 8 April 2020, saya telpon ke MNC di 1500121 untuk menagih pernyataan MNC yang katanya hanya perlu matikan router 5 detik IP berubah. Pertama kali telpon – saya dibiarkan menunggu lama sekali, dan karena menggunakan hp maka otomatis pulsa tersedot banyak maka dari itu saya matikan. Kemudian saya telpon lagi untuk memastikan solusinya, itupun memerlukan beberapa kali sebelum terhubung ke CS karena dikatakan semua CS pada sibuk, sedangkan untuk tersambung saja lama sekali karena harus mendengarkan ocehan perkenalan yang terlalu panjang. Saya lanjutkan…

Akhirnya saya terhubung kembali untuk menanyakan masalah restart router untuk mengganti IP dan akhirnya hanya bisa dimasukkan ke daftar pengaduan tanpa solusi. Sekitar pukul 13.00 speed sudah mulai turun (saya mencoba download melalui PS4 karena ada beberapa update game) sampai malam hari. Alhasil download update tidak selesai karena download speed bahkan tidak mencapai 10Mbps dan tidak bisa bermain.

Apakah ini benar-benar trik kotor MNC?? Yang ada di otaknya hanya duit tanpa memikirkan konsumen. Kalau memang begitu lebih baik kalian langsung aja masukkan 165rb di semua paket kalian agar tidak merugikan konsumen. Bahkan menurut saya kualitas kalian yang sebenarnya itu ya seperti pakai IP Public itu, tapi seakan kalian menipu konsumen untuk “merampok” lebih lagi.

Ini merupakan penipuan sekaligus pembodohan kepada konsumen.”

Sebagai tambahan saya juga menerima laporan dari teman kakak saya yang juga menggunakan MNC dan mengeluhkan kecepatan yang melambat yang tidak biasa atau bisa dikatakan terlalu parah.

Tolong MNC berhenti bermain-main di hari-hari seperti ini. Semua yang lainnya saling bantu membantu tetapi kalian malah berusaha “merampok” dan merugikan konsumen.

Intinya di sini adalah dengan biaya per bulan sebesar Rp.557.500 itu saya hanya mendapat kualitas koneksi internet 1/4 saja(bahkan bisa jauh kurang dari itu) dan apabila ingin menikmati kualitas secara utuh maka harus menambah sebesar Rp.165.000/bulan. Menurut saya ini sudah keterlaluan dan merupakan penipuan.

Catatan: Kalau pihak MNC tidak bisa menyelesaikan masalah ini, maka saya akan menindaklanjuti dengan membuat petisi.

Michael Octavianus
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MNC Play:
[Total:20    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan MNC Play atas Surat Bapak Michael Octavianus

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Michael Octavianus ID pelanggan 1000057545 melalui mediakonsumen.com yang tayang pada Jumat 10 April...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Kecepatan Internet MNC Play Tidak Bisa Diandalkan untuk Game Online (Bagian 2)

  • 26 April 2020 - (05:25 WIB)
    Permalink

    sama, saya jg pelanggan hampir 5 tahun lebih, selama puas tidak ada masalah dengan kecepatan internetnya bahkan selalu stabil di 20 Mbps sesuai paket, tetapi setelah ditelpon untuk perpanjangan paket, saya upgrade di 30 Mbps dengan harapan kecepatan meningkat, tetapi kenyataannya tidak sesuai dengan paket yg dijanjikan, malah lebih parah dari paket saya sebelumnya, kecepatan tidak stabil, bahkan sering dibawah 10 Mbps.
    paling parah setiap subuh, kadang cuman smpai 2 Mbps saja.

    sudah hubungi CS, dan sudah coba restart, tetapi tetap saja tidak ada perubahan.
    menyesal saya upgrade paket, bukannya kualitas naik malah menurun.
    oh iya saya jg ditawari ip public dalam balasan di emailnya yg merupakan salah satu solusi penyelesaian.
    MNC PlayMedia seharusnya bisa menjaga loyalitas pelanggan lama seperti kita.

    id pelanggan : 1000051354

  • 2 Agustus 2020 - (13:36 WIB)
    Permalink

    saya setuju saya pelanggan baru 1bln yang saya rasakan bandwith yang ditawarkan pada promo tidak sesuai.hal ini menyebabkan terkendala saat bekerja dirumah (WFH) dimasa pendami ini ! dan sales rencana mau pindah provider lain tetapi saya mendapat ancaman dari salesnya untuk membawa orang dan memaksa saya membayar penalti.mnc sebagai layanan provider seharusnya memberikan layanan terbaik bukan mengecewakan.. apalagi saya sebagai pelanggan merasa dirugikan dengan ancaman sales dari MNC

    id mnc: 1000530701

  • 27 Agustus 2020 - (13:38 WIB)
    Permalink

    ID pelanggan 1000462068 wilayah surabaya, saya juga mengalami masalah yang serupa, kecepatan internet saya menurun dari 10Mbps ke 5Mbps malah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, hal ini saya alami kurang lebih 2 minggu an, pada mulanya saya kira itu hanya ganggung teknis dan paling beberapa hari akan pulih kembali namun nyatanya malah makin parah, saya sempat mencoba contact CS MNC Playmedia lewat web http://www.mncplaymedia.com hanya memberikan instruksi restart router dan mengirimkan bukti speed test internetnya saja, yang saya sayangkan lagi saya malah yang disuruh untuk menanyakan lagi atas laporan ini bukan mereka yang menghubungi saya!! konsumen kok malah yang laporan perbaikan, adanya konsumen itu menerima laporan atas problem yang sudah diperbaiki!!

 Apa Komentar Anda mengenai MNC Play?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecepatan Internet MNC Play Tidak Bisa Diandalkan untuk Game Online (B…

oleh Mike dibaca dalam: 3 min
3