Baru Telat Beberapa Hari Penagihan Tunaiku Berkata Kasar dan Menghubungi “Emergency Contact”

Saya adalah nasabah Tunaiku dengan nomor pinjaman 65011089. Saya terima dana tanggal 16 April 2020. Namun dari pihak Tunaiku dengan sepihak mengatakan jatuh tempo pada tanggal 10 setiap bulannya. Saya memang terlambat melakukan pembayaran dengan denda Rp150.000. Ketika ditelepon DC-nya dengan tidak sopan berkata kasar, teriak-teriak dan marah-marah untuk segera melakukan pembayaran. Sedangkan saya dengan respon sopan bilang “iya mas jam 7 malam ini saya transfer”. Namun DC-nya tidak terima dan memaksa untuk ditransfer segera. Emergency kontak saya pun ditelpon dan diperlakukan sama.

  1. Apakah pantas nasabah yang hanya telat beberapa hari langsung diteriaki dan dimarahi dengan tidak sopan dan mulai melakukan penghinaan? Padahal kita nasabah merespon dengan baik.
  2. Apakah Tunaiku memang mempunyai kebijakan langsung memaki nasabahnya tanpa bisa bicara sopan dengan mengingatkan tagihan? Bertanya dengan baik kenapa belum bayar dan berikan solusi terbaik apabila ada kendala, Tunaiku saya rasa perusahaan besar bukan rentenir keliling yang harus menagih dengan teriak-teriak.
  3. Apakah pantas nasabah yang hanya telat beberapa hari emergency kontaknya langsung ditelepon? Padahal nasabah sudah kooperatif saat ditelepon DC Tunaiku. Emergency kontak adalah pihak yang hanya boleh ditelepon untuk menyampaikan pesan dengan sopan tanpa intimidasi, itupun kalau nasabah tidak bisa dihubungi/tidak kooperatif.

Saya minta respon baiknya segera dari Tunaiku untuk permasalahan ini dan tolong berikan pembekalan etika penagihan sesuai ketentuan OJK kepada DC nya. Apalagi ini baru bucket depan, bagaimana dengan nasabah macet berbulan-bulan perlakuannya apabila baru 3 hari saja sudah sangat brutal penagihannya.

Terima kasih.

Febri Juliyadi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku:
[Total:32    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Baru Telat Beberapa Hari Penagihan Tunaiku Berkata Kasar dan Menghubungi “Emergency Contact”

  • 14 April 2020 - (08:51 WIB)
    Permalink

    entah kenapa fintech ini selalu mempekerjakan orang yang kurang sopan dalam hal penagihan, beraninya cuma marah2 ditelpon, kalo konsumen gagal bayar yaaa jangan salahin konsumennya, kenapa ?, sistem pangihan harus diperbaiki, bukan asal telpon kontak darutat ataupun mengirim pesan berupa ancaman, jaman sekarang preman nggak laku bos, nanti dikroyok warga baru tau rasa

    • 20 April 2020 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Emang sdh telat berapa hari ka..sy juga lagi bingung nih ..jatuh tempo tgl 18 april 2020 sampai hari ini blm bisa bayar..karna dana yg akan di bayar masih kurang..
      ..

  • 14 April 2020 - (23:34 WIB)
    Permalink

    bener.tunaiku emang gitu.telat beberapa hari aja udah kaya telat 2 bulan 3 bulan.emang sih terdaftar OJK tapi cara nagih nya kek pinjol bodong.

  • 16 April 2020 - (23:36 WIB)
    Permalink

    Itu tunaiku tkut uang nya ga blik….lgi sikon bgini bnyak yg kridit mcet itu yg nlpon di sruh bgtu triak2 sma atasanya…g cwe/cwo ya bgtu krjaan nya…tiap hri gonti ganti no pula…tmen sya bnyak bekas krja di pinjol krna mereka g kuat tekanan dri atasanya sruh maki2 orng mlu….mrsa brsalah.. mkanya pada kluar. jadi sya sranin sesekali ja angkat slebih nya g usah. da duit byar!! ya klo ga da nunggu da duit bru byar!! stuasi bgini yri krjaan! yari smpingan ja susah..klo da dc yg rese otot dteng ke rumah tntangin ja klo dia sopan kita lwan sopan tpi klo udh rese g ikutin sop pnagihan trik ja ke polsek dket rumah klo g pnggilin ormas di dket rumah msing2…orng2 lgi nungguin bntuan sosial dmpak covid-19 dri pmerintah msih da yg nagih2 ksar ancem ajakin brantem ja…pmerintah udh eluarin kbijakan slma covid ini dc2 di larang nagih klo soal kringanan bwt fintek kyaknya susah klo KTA non bank kmungkinan da yg bisa da yg ga!!!!!!

    • 17 April 2020 - (07:23 WIB)
      Permalink

      Sama nie saya jg lagi di hubungi terus dari pihak pinjol tiap hari di tlp terus sudah bilang saya di berhenti kan sementara tp pihak pinjol tetep nga mau tau sampe di ancam2 padahal saya sudah niat bayar kalau sudah dapat dana berikut denda nya tp pihak pinjol nya tetap mau kirim DC nya ke rumah udah tau lg keadaan kaya begini orang pada stres mikirin keadaan begini mau makan aja susah hadew,sebelum ada kejadian covid 19 saya nga pernah telat bayar karna saya kerja dan istri jualan kecil2an di rumah tp semenjak covid 19 ini saya di rumah kan dan istri saya tutup jualan karna sepi nya tau harus mengadu kemana .

  • 23 April 2020 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Intinya ketika nasabah gagal bayar sebaiknya carikan solusi terbaik, negosiasi kedua belah pihak itu sangat penting, disini perusahaan harus selektive memilih DC , karena semua ada ketentuannya dalam peraturan OJK . Hutang itu kewajiban, konsekwensinya bunga dan denda kalau telat, bukan hinaan dan makian.

  • 24 April 2020 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga begitu sama tunaiku ,sudah bicara baik baik malah marah dan ngancam mau kerumah,kubilang silahkan saja toh dekat rumah ada yg kena covid serta saya ODP karena lingkungan kena eh malah nyumpahin mati .hadehhh

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Baru Telat Beberapa Hari Penagihan Tunaiku Berkata Kasar dan Menghubun…

oleh Febri dibaca dalam: 1 min
11