Penagihan Dana Rupiah dan Permohonan Keringanan

Saya salah satu pengguna fintech yang berada di bawah pengawasan OJK. Sebelum wabah corona beredar, sistem pembayaran saya lancar dan bagus. Namun semenjak wabah corona ini terjadi, pembayaran saya terhambat semuanya. Mau dicicil juga, dananya dari mana? Tidak ada pemasukan sama sekali.

Penagihan lewat telepon dan Whatsapp pun sangatlah tidak manusiawi, sangatlah kasar. Saya pun sadar, hutang tetap akan saya bayar. Saya masih dirumahkan, Juga terjadi pengancaman, kalaupun tidak ada uang data-data saya jadi jaminannya. Entah mau diapakan data saya. Terkecuali kalau saya lost komunikasi. Saya cuma hanya ingin minta keringanan.

Bukti penagihan

Mohon pihak OJK dan pihak pihak yang berwenang untuk bisa meninjaklanjuti masalah ini. Kami tidak lari dari tanggung jawab, kami hanya meminta sedikit jeda waktu. Semoga wabah ini cepat reda dan semua kembali normal. Amin.

Irma Intan Sari
Malang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masih banyak penagihan oleh dc yg tidak manusiawi, di saat seperti ini mereka tidak perduli dg kesulitan yg dialami oleh kami yg keuangan nya terganggu krna pandemi ini, cuma bisa berdoa semoga semua nya cepat berakhir ( berakhir wabah covid 19 dan semua org2 yg dzolim). Aamiin

    • Saya juga salah satu peminjam danarupiah,dana yg harus saya bayar tadinya 2,3jt lbh
      Dan sekarang uda hampir 3jt krn bunga berjalan terus
      Saya bukan nya gak ada itikad baik tuk bayar,tapi mau bayar pake apa
      Saya gak punya barang yg bisa di jual
      Skrng penghasilan saya cuma dr ojek online saja,itu pun hanya cukup untuk makan dan jajan anak saja
      Saya di rumahkan dan gak di gaji
      Tlng ke pihak OJK di tindak lanjuti dl untuk sementara
      Kami semua hanya butuh kebijakan,bukanya mangkir dr masalah ini
      Terima kasih

      • Kawan2 semua tidak ush takut sama namanya pinjol apalgi dijaman sekarang musibah covid..pesan saya stop byr pinjol dan jgn mau dicicil.ntr aja klu ada uang kita langsng keojk atau kebi..tdk ush takt utang perdata tidk bisa dipolisikan...STOP bayar pinjol

      • Biarin aja mas bro.stop byr pinjol klu emng mggak bisa byr.tdk usah takutklu dia wa atau sms tdk ush dibalas.ok...

  • Ojk tlonglah dlu pinjol dstop dlu..dmatiin dlu sistemny..karena dampak covid 19 ini semua lapisan masyarak terlena...gmn mau byr...denda berjalan terus...pinjolpun tak bs meminjamkan lagi....jadi setrlah covid 19 mereda pasti korban pinjol pasti pada bayar...skg kita drumahkan selalu diDAtangin DC..tlong OJK koreksi dlu pinjol yg melawan peraturan president...TLG non aktifkan dahulu semua pinjol dan tagihanny sehingga denda tidak berjalan...

    • Tidak ush takt.biarin aja..stop byr..klu nagih kermh sambil marah2 langsng aja bw kekantor polisi klu perlu teriakin maling...yg jelas klu ada penagihan minta yg jelas surat penagihan..

    • Tidak usah takut depcolwktor kermh.tantang aja sekalian saya siap dipenjara..pasti itu dc langsng pergi dan diam..kita sbgai masyarakat jgn pernh takut sama namanya depcolektor

      • Saya jg lg d kejar pinjol bang...dr Dana rupiah malah besok dya bilang mau dtng krumah saya bingung hrs bilang apa bang

  • Sangat Sedihh sungguh benar2 sedih kalo ingat ini tp nasi sdah jd bubur.Sudah sempat pinjam sudah d pinjol jadi kejerat.Penyesalan memang sllu datang terlambat.Tp memang hikma nya dr kejadian ini ,untuk besok2nya d kemudian hari jangan mau dan jangan pernah pinjam di pinjol lagi.Dr kejadian ini karena pandemi ini kita jadi tau siapa yang pro rakyat spa yang mau bantu rakyat siapa yang sebenarnya pihak yang baik dan yang jahat.Mdah2an kalo niat baik rejeki ksana nya makin lancar tidak mau lagi mengulangi kesalahan ini.Sabar saja kita sudah berniat baik tapi mungkin bagi mereka ini hanya permainan karena mereka2 tidak diposisi kita jadi mereka menganggap ini seperti lelucon atau bhkan tidak mau tahu sama sekali..

      Untuk pihak yang terlibat dsini.untuk pihak dibalik semua ini yang kita rakyat yang bodoh ini bagi mereka yang tidak tahu apa-ap ini,Semoga mereka ini diberi hikmat dari Tuhan.Kita yang mngkin tidak berarti bagi mereka yang tidak tahu ini memang untuk sementara ya harus bertahan saja dulu.Kita tidak bisa memaksa,Karena keadaan seperti ini.Ini hanya yang maha kuasa yang bs mengakhiri ini semua.Kita sabar dan sadar saja.Karena memang semua yg diperbuat harus ada harga yang hary

    Us dibyar.Kita memperbaiki diri saja.jangan mau lagi terlibat kesalhan seperti ini lagi.Jangan mau meminjam d online/pinjol apapun itu.Jangan coba coba lagi lagi.Mdah2an semua ini berkhir kita perbaiki saja pelan pelan semampu  kita.

      Untuk pihak pinjol kalau boleh kasih pendapat  dan berbicara.Maaf sebelumnya."Mengapa kalian pihak pinjol itu seakan menutup mata telinga hati kalian.pinjol juga ada karena ada nasabah/debitur kalian.Sebelum2 nya sebelum masa pandemi nasabah kalian ini selalu berusha juga untuk membayar tanggung jawab pinjaman mereka.nasabah kalian berniat baik karena tau kewajiban mereka. mereka sadar makanya mencari solusi mencoba menngajukan permohonan mereka meng'email karena tau ada yang harus kewajiban yng harus dibayar .niat baik karena sebentar lagi jatuh tempo buat byar kewajiban mencoba mencari solusi bukan menghindari untuk berhenti bayar lari dari tanggungjawab sesuai perjanjian sebelumnya.Tetapi pihak pinjol atau siappun pihak-pihak di belakang yang kita nasabah nasabah ini tidak tahu.Benar kalian tidak mau tahu tidak mau peduli tidak sedikit pun .kalian bahkan tidak mau mempertimbangkan dulu.Tidak membuka hati kalian.Kalian sama sekali tidak mau memberikan pilihan solusi apapun padahal kalian juga tahu bahwa pandemi ini memberi dampak pada semua baik individu juga.Kalian pihak pinjol dll seakan lupa kalau kalian ada juga karena ada nasabah kalian.Kalian ada karena ada debitur kalian.Tapi d pandemi ini memang semakin jelaslah kalian maksud awal sebenarnya ingin membantu atau tidak.Kalian pihakk yang sekarang d atas itu mngkin berpikir tidak mau tahu dan tidak peduli ..ya karena kalian tidak di berada diposisi kami rakyat yang...ini.Kalian benar-tidak mau membantu memberi solusi penyelesaian ini.Kalian tidak mau membantu memberi pilihan bantuan keringanan  pdahal sebelum pandemi ini kami nasabah sebagai debitur ini selalu berusaha membayar full tanpa ada keluhan apapun.karena itu sdah kewajiban kami sesuai perjanjian .Sebelum2nya sebelum pandemi ini  terjadi pasti kalian juga sudah meraup untung banyak.Bunga admin pokok segalanya pasti full terus dbayar debitur kalian dari semua kalangan debitur kalian.Tapi d situasi pandemi ini kalian pinjol/pihak2 d dalamnya seakan merasa jadi korban di masa pandemi ini,disaat nasabah kalian yg debitur kalian ini mencoba mengajukan keringanan pada kalian.Pdahal debitur kalian tidak lari,tidak berhenti ,hanya mencoba berniat baik mengajukan untuk diberi keringanan.Itu karena di masa pandemi ini melanda.nasabah/debitur kalian itu d PHK drumahkan.Nasabah/Debitur kalian mengalami kendala berberbagai macam.pendapat usaha menurus.PHK.Dirumhkan mencari mkan sehari-haripun susah.Tapi Kalian pinjol/pihak2 terkait di dalamnya tidak mau tahu seakan semua keadaan yang menimpa nasabah/debitur kalian itu hanya candaan hanya omongan semata yang dibuat.Padahal kalian juga tahu pandemi ini menimpa semua kalangan.Bahkan d tengah keadaan seperti ini.dimna nasabah/debitur kalian untuk menbyar pokoknya pun susah.Dan ada sudah pontang panting berusaha supaya bsa byar walaupun hanya pokok atau stengahnya.Kalian masih menambah bunga tiap hari nya bertambah terus semakin membengkak.Kalian malah terus menambah beban.Kalian tidak mau tahu kondisi fisik dan mental nasabah/debitur kalian yang berniat baik.Tapi malah menambah stress beban di masa pandemi ini.

         Mengapa kalian pinjol/pihak didalamnya  tidak mau tahu.Mengapa kalian tega.Kalian ada karena kalian ada debitur kalian juga.Sebelum pandemi ini juga nasabah/debitur2 kalian ini kan tidak pernah tidak membayar apa yang jadi tanggungjawab kewajibannya.Pandemi ini juga hanya sementara tidak selamanya.nasabah/debitur kalian ini kan tidak bilang mau berhenti tidak mau bayar lagi. Tetapi berusha mengajukan solusi untuk keadaan di pandemi ini.Apakah kalian berharap pandemi ini selamanya nya.Mengapa kalian di bahkan dpandemi ini tidak mau tahu.Bunga pun bertambah terus malah menambah beban.Bayangkan 3bulan ini misalnya dirumahkan.tanpa gaji  dphk.pendapatan tidak normal seperti biasa. Bunga misalnya 2rbpun dikali  seminggu sudah berapa.beban bukannya berkurang tapi bertambah...Belom lagi pinjol itu akan menagih meneror terus dr telpon.WA ato alat/media lainnya.Ada lagi yang sampai meneror juga menelpon k pihak orang2 yang seakan2 pihak pinjol ini sok tau itu teman keluarga pihak nasabh/debitur.Bukan hanya kontak darurat lagi.Hubungan nasabah/debiturpun dengan orang yg dikasi jadi hancur.Ditambah lagi debt colector yang tidak ada hati yang seenaknya menambah pusing nambah bebann nasabah/debitur.Sadisss memang semuanya..Membayangkan saja benar benar kalian itu ternyata pihak yang tidak membantu rakyat tapi... 😭😭

     Semua teman2... kita mengambil hikmat dari semua ini.Mudah-mudahan semua ini cepat berlalu.Perlahan kita selesaikan masalah kita ini.Stop pinjam d pinjol.kalau memang tidak terbayar lagi pokoknya stop jangan malah nambah utang lagi d tempat lain.Kalau seperti itu nanti masalah tidak akan selesai.Berjanjilah jangan pokoknya untuk coba utang di pinjol lagi.nanti makin terjerat lagi.Nanti semakin pusing penyelesaiin nya.kalau sudah sempat terjebak d online,perlahan kita selesaikan maslah ini.dtengah keadaan ini kita bayar semampu kita berusaha lakukan yang terbaik yang kita bisa,karena itu kewajiban kita.perlahan saja gpp,yang bayar tauu sudah dimana kewajibannya.Untuk kita yang sudah melakukan kesalahan ini.memang semuanya ini harus ada harga yang harus dibayar.Kita pokoknya bertobat aja dari masalah pinjol ini.Jangan coba coba lagi.Mudah mdahan niat baik ada saja jalannya.Jangan mau terjerat lagi.Stay safe dan stay healty semuanya.

       Mudah-mudahan pemerintah mau mendiskusikan tidak mau ttup mata telinga hati untuk masalah kita ini.Semoga mereka diberi hikmat oleh Tuhan.Semoga pihak Ojk. AFPI dll bertindak tegas terbuka hatinya untuk mencari solusi benar benar yang benar memang harus diberikan kepada nasabah/debitur pinjol ini.Semoga Pihak lender dan semua yang meraih untung dari bisnis pinjol ini dibukakan hati mau memberi keringanan kepada kita kita nasabah/debitur online ini.semoga mereka mau membantu mau memberi pilihan bantuan keringanan.Mau berbagi kasih di masa pandemi ini untuk orang orang seperti kita ini.Aminnn!!!

      Sekali lagi kita semua nasabah/debitur pinjol kita harus bertobat ya.Selesaikan masalah.selesaikan kewajibanmu.Tetap harus tau apa yang sudah sempat dilakukan harus bertanggung jawab ya.Belajar dari kesalahan ini.Terimakasih pandemii karena dari pandemi ini kita jadi tahu siapa yang baik dan yang jahat dari kejadian ini.

    • benar pinjol ga ada perikemanuasiaan, ga tau sula kedua dari pancasila, toh kita jg kalau dah membaik pasti bayar,

      • Pinjol klo di hitung²kn udh banyak sekali untung nya sebelum covid datang...skrg nasabah lg pada susah..apa salahnya klo di kasih tenggang waktu..pinjol jg kn manusia seperti nasabah juga..buka lah hati anda..andai saja itu terjadi pada anda atau kluarga anda.pasti anda jg merasa stres seperti kami.krn blm bisa melaksanakan tanggng jawab nya membayar hutang.kami skrg ini stres krna smua usaha sudah kami lakukan.kami bukan diam dan tenang krn blm membayar hutang.kami stres😭😭

    • SAYA AJA KALAU DC DATANG KE RUMAH SAYA, PASTI SAYA NYURUH DULU SEDIAIN KANTONG MAYAT DULU, SEBAB KLO GAK SEDIA MASA KITA YG MAU NYEDIAIN ITUKAN KONYOL.

    • Stop byr pinjol...jgn pernh takut yg namanya pinjol..klu mereka kermh marah2 sekalian aja nggak ush dibyr sekalian.jgn pernh takut kita tdk bisa byr

    • Benar2 memori pahit dlu.sy trjerat hampir skitar 80an pinjol wktu itu. Kuncinya 1.berhenti pinjam ke pinjol buat nutupin karena itu malah bikin sesak nafas.tetap tenang sembari kita berusaha mnyelesaikan.karena semua ini mslah perdata bukan pidana.dri sini peminjam jg salah tp mau bgaimna namanya jg terjerat gali lubang ttup lubang.bnr2 hancur rasanya hidup aj enggan. Ud banyak caci maki dari pihak dc.awalnya sy tggapi baik2 dg rasa takut luar biasa.segala macam nama hewan hinaan setiap hari sy dengar. Hingga akhirnya penyebaran data via wa,dibuatin grup bilang maling lah bawa kabur uang perusahaan bla bla bla. Dr stu sy mmutuskan akan mnyelesaikan semua dg cra byr pokok saja.karena kita tahu, misal pnjam 700k dan acc, kita akan terima mgkin skitar 400 atau lbih sdkit dg alasan biaya admin,bunga aj cma skitar 16-20rbu. Dg tenor 7 hari. Itu ud pembodohan. Kdang ad jg yg balikin lbih dr 700 rbu. Rasa malu sy nikmatin mskipun teman,keluarga,saudara tau prmslahan sy lewat pnyebaran data. Sampai ad dc bilang dg logat timur mau k rumah sama pihak kepolisian. Sy persilahkan bahkan sy tgguin tp hanya gertak,smnjak itu stiap ad tlfon sy diamkan toh sy ud malu juga. Tp dr 80an pinjol itu sd sy slesaikan skitar 60an kare itikad baik dr sy. Slbihnya karena ud nyebar data g sy bayar. Stiap dc tlf kasar sy kasarin juga. Bilang ud d dpan gang rumah sy samperin bawa belati eh gertak doang. Intinya g perlu takut dc, sm2 makan nasi. Misalpun dtg k rumah utarakan baik2 msal sanggupnya cicil atau bayar pokok aja. Msal sampai dc kasar itu keuntungan malah buat pminjam, sebar data aj ud kena pasal kok. Atau kalau kasar mghina caci maki lgsung tendang aj muka nya. Dc pinjol d setting agar bsa dpt uang krena ada bbrpa% buat dc kalau pmnjam bayar tunggakan. Dc sampai k rumahpun sy kira g bakal, apalagi dc2 via wa pke fto org2 serem. Gertak doang. G perlu stress ttap tenang. Skdar pmbelajaran jgn sampai sprti sy, intinya jika pnya prmslahan slesaikan. Ad kendala dbicarain baik2.utarakan baik2 kendala kita knp telat.jika mereka kasar,mghina apalagi malah sebar data g usah bayar. Boro2 bayar, dipermalukan itu g ada obatnya. Smoga bisa sdkit mmbantu yg lagi trjerat pinjol karena para dc itu nyerang psikis dluan. Jd ttp tenang dan brusaha slesaikan.

  • Masyarakat harus kompak untuk nglawan para rentenir itu..kita ngadu ke OJK mereka tutup mata gak ada tindakan...jadi kita masyarakat yg harus kompak ngelawan para rentenir itu.kita datangi OJK bila perlu..

  • Masih mending nagihnya seperti itu saya aja belum jatuh temponya habis sdh dibilang maling data mau disebar2rin

  • Sy juga di tlpnin trus sama lising ..kaya ga punya empedu orang lising...padahal sudh minta keinganan atau memperpanjang wkt biar bisa napas dn sy jg kan sudah di rumh tdk ada penghasilan..maksa bgt supaya bayar..buat buka dan sauur aja empot2an malah nagih trus..apa mereka ini ga paham kali ya dgn kondisi pandemi..atau mereka kebal virus....

    • Dibiarin aja klu pwrlu tdk ush diangkat.klu mrka kermh bilang aja nggak ada uang.klu mwreka maksa dan tdk sopan langsng aja geret kekantor polisi..pasti mrka takut

  • Sehat aja dulu,gk usah d pikirin.klw mau bergerak jgn satu2 ayok kita ramaikan ojk

  • Bergabung Group Nasabh Pinjol dan Share Sebanyak banyaknya https ://www.facebook.com/groups/224042629046989/?ref=share

  • Saya juga bingung ini ada pinjaman ke danarupiah ada uang buat bayar buat sehari hari gak ada suami cuman ojol bapa saya gak kerja saya jadi tulang punggung minta solusi ya sama minta keringanan ya bagaimana? Takut biasa ya juga suka tepat waktu bayar telat dikit langsung neror aja di wa aku takut ya neror ke temen temen padahal biasa ya juga tepat waktu bayar

  • Saya jg korban pinjol..malah hari ini DC nya bilang mau dtng krumah saya bingung hrs bagaimana