Refund Traveloka Belum Diterima meski Citilink Telah Mengembalikan ke Traveloka

Kepada Pihak Traveloka

Saya telah mengajukan refund untuk Booking ID 618833603 tertera di tanggal 31 Maret 2020 (terlampir di foto), namun sampai hari ini tanggal 9 Mei 2020 tidak ada kejelasan proses pengembalian dananya. Di aplikasi traveloka tertera bahwa status refund masih dilakukan pengecekan oleh maskapai Citilink. Padahal saya menggunakan prosedur refund 100% dimana prosedur itu wajib membayarkan Rp 49.000 sebagai jaminan dan prosedur itu menggaransikan untuk refund selama 1×24 jam.

Lalu pada hari ini (9 Mei 2020) saya coba telepon ke pihak Customer Service pihak maskapai Citilink,ternyata informasi dari mereka bahwa dana refund saya dengan nomor penerbangan H8L42S  telah ditransfer ke deposit Traveloka pada tanggal 21 April 2020.

Wooow aneh ya, antara informasi di aplikasi Traveloka berbeda dengan informasi yang diberikan oleh pihak maskapai.

Jadi dana refund saya dibiarkan menggantung di deposit Traveloka tanpa ada pengecekan dari Tim Traveloka dari tanggal 21 April 2020 hingga hari ini. Atau benar benar tidak ada pengecekan sama sekali? Atau mungkin baru mereka cek ketika ada hard complaint di media sosial? Atau baru dikerjakan hingga estimasi yang diberikan? Jawaban yang saya dapatkan, Traveloka mengulur-ngulur permasalahan refund ke konsumen.

Itu pasti banyak dana konsumen yang telah di-refund oleh maskapai tapi menggantung di deposit rekening Traveloka. Wahai tim Traveloka, Jangan jadikan musibah ini untuk alasan ada mengulur kepentingan konsumen.

Lalu saya coba sampaikan masalah ini ke customer service Traveloka, jawaban dari awal saya komplain sampai sekarang masih sama ‘mohon menunggu 90 hari untuk proses refund.

Hey Traveloka, itu dana sudah di refund dari maskapai tanggal 21 Maret 2020, berarti uang sudah dikembalikan ke Anda, masa masih butuh waktu lama buat kembalikan dana ke konsumen saja, gak masuk akal.

Saya juga tidak bersedia kalau dana dalam bentuk refund voucher, saya mau dikembalikan dana refund sesuai nominal pembelian ke rekening saya. Karena saat saya melakukan pembelian di awal, tidak ada peraturan untuk refund di kembalikan dalam bentuk voucher (jangan mempermainkan konsumen!!)

Pihak Traveloka, mohon ditanggapi permasalahan saya saat ini.

Mohammad Denny Ikhsan Karismatullah
Bekasi Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:6    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Mohammad Denny Ikhsan

Kepada Yth., Bapak Mohammad Denny Ikhsan. Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Refund Traveloka Belum Diterima meski Citilink Telah Mengembalikan ke …

oleh Mohammad Denny Ikhsan Karismatullah dibaca dalam: 1 menit
0