Kecewa LinkAja Bikin Dana Insentif Prakerja Tak Bisa Cair, Mohon Solusi Alternatifnya Terkait Upgrade Full Service

Sebagai salah satu penerima bantuan Kartu Prakerja dari pemerintah setelah menyelesaikan pelatihan pertama, yang diharapkan selanjutnya adalah menerima insentif. Dimana yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp 600.000,- /bulan (selama 4 bulan). Selanjutnya pada tampilan akun Prakerja saya, pihak tim Prakerja meminta saya untuk melakukan upgrade e-wallet agar dapat menerima insentif tersebut, kebetulan saya memilih LinkAja saat submit pendaftaran awal Kartu Prakerja.

Namun apa yang terjadi? Ketika melakukan upgrade di aplikasi LinkAja saya ditolak karena foto wajah di e-ktp sudah buram. Saya memaklumi hal tersebut, hingga akhirnya saya coba ajukan kembali. Sempat bisa melanjutkan ke laman isi data diri dan foto selfie, namun lagi-lagi ditolak.

Saya pun mengirim email pengaduan ke layanan pengguna milik LinkAja yaitu info@linkaja.id sejak kemarin, Jumat, 15 Mei 2020 pukul 09:24. Namun hingga surat ini saya tulis/tampil di Media Konsumen belum ada jawaban sama sekali. Saya merasa kecewa dengan pelayanan LinkAja (foto terlampir).

Email aduan ke info@linkaja.id

Ternyata bukan saya saja yang mengalami. Hal serupa juga dirasakan peserta Kartu Prakerja lainnya. Terbukti pada ulasan aplikasi LinkAja di Playstore banyak pengguna yang kesal dengan pelayanan LinkAja (foto terlampir).

ulasan di google playstore pada app LinkAja

Harapan saya dan mungkin peserta Prakerja lainnya tidak muluk-muluk, ingin mendapatkan solusi alternatif dari LinkAja perihal sulitnya upgrade akun agar menjadi full service. Misalnya dengan melakukan video call KYC (Know Your Customer) seperti beberapa bank digital atau menggunakan identitas lain seperti SIM C atau Kartu Keluarga. Saya berharap pihak LinkAja segera merespons email saya dan keluhan peserta Prakerja lainnya, mengingat dana insentif tersebut sangat dibutuhkan di kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat Surat Pembaca ini. Semoga menjadi keberkahan di bulan Ramadan ini.

Ibnu Fauzi
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai LinkAja:
[Total:30    Rata-Rata: 3.9/5]
Tanggapan LinkAja atas Surat Pembaca Bapak Ibnu Fauzi

Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Mengenai kendala yang dialami oleh Bapak Ibnu Fauzi saat melakukan upgrade akun untuk mendapatkan...
Baca Selengkapnya

Loading...

21 komentar untuk “Kecewa LinkAja Bikin Dana Insentif Prakerja Tak Bisa Cair, Mohon Solusi Alternatifnya Terkait Upgrade Full Service

  • 17 Mei 2020 - (15:01 WIB)
    Permalink

    jangankan link aja mas,saya saja yang gopay sudah verifikasi pun masih belum cair,tampaknya penyelenggara memang tidak niat untuk mencairkan dana ,dan tampaknya proyek prakerja ini benar benar dadakan karena saya rasa semua aspek masih belum siap dari pendaftaraan sama pembayaran insentif

    • 18 Mei 2020 - (15:09 WIB)
      Permalink

      Saya jg sdh fullservice sj gk bs cair pake linkaj.. Kmrn 2 di dashboard sdh terjadwal pencairan insentif skrng hilang semua dgn alasan NIK tdk sesuai.. Aneh bin ajaib pdhl dr awal pendaftaran sampai dpt sertifikat tdk ada kendala.. Giliran waktu pencairan insentif hilang semua.. Sdh komplain ke cs jg gk ada tanggapan..

    • 5 Oktober 2020 - (21:40 WIB)
      Permalink

      Naah!!
      Saya sangat setuju dngan pendapat anda bang!!
      Saya pengguna LinkAja fullService, dari pencairan insentif prtama bulan kmaren ga ada masalah/kendala sma skali!! Cepat pula insentifnya msuk!! Tpi stelah masuk tanggal pencairan insentf ke-2 malah di hadapkan dngan masalah yg keterangan di jadwal insentifnya,
      “E-wallet Belum KYC”
      “Insentif pada tanggal xx/xx/xxxx Gagal dicairkan, Verifikasi Identitas anda pada E-wallet yg di daftarkan pada akun Prakerja, agar bisa menerima insentif”.
      Laah, upgrade ke fullService kan harus melalui tahap KYC jga, wajib malah agar bisa upgrade.
      Untuk alsan perbedaan data di E-wallet dengan akun Prakerja pun sya rasa semua sudah singkron krna saat mengisi datadiri yah emang sudah super teliti samain dngan data di akun prakerja tpi sttus dashbord blum juga ada perubahan.

      Aneh + Kecewa.
      Macam tak ikhlaslah beri bantuan!!

  • 17 Mei 2020 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Linkaja.crash cuma bisa foto diri.aduh @parkerja.go.id ganti e-wallet buat pembenaran data nik.aku berhasil upgrade ovo.tapi Linkaja yang tersambung..

  • 18 Mei 2020 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga pakai link aja sudah full service tapi dana insentifnya tidak cair malah dibilang kayak gini

    • 20 Mei 2020 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Danan insentif tanggal 17 Mei seharusnya saya rasakan belom juga di dapatkan upgrade link full Service udah lebih seminggu belom juga di acc, padahal tertulis proses 1x24jam sampai sekarang belom juga selesai. Mohon sesuai @mail disegerakan berkali- kali. jadwal insentif udah lewat 3 hari Yang lain udah pada cair saya belom mohon di bantu admin link .

  • 18 Mei 2020 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga
    Sudah berkali-kali upgrade dari basic ke full servis tapi ga bisa terus. Eeh malah sekarang di dashboard jadwal insentif hilang yang semula sudah ada.
    Gimana dong ?

  • 19 Mei 2020 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Untuk e-wallet menggunakan link aja menurut saya lumayan lama untk upgrade menjadi full service. Tanggal 28 April 2020 saya membuat akun baru link aja dan sekalian jg verifikasi untuk upgrade ke full service. Upgrade full service Berhasil ditanggal 10 Mei 2020. Insentif cair ditanggal 16 Mei 2020.

    • 21 Mei 2020 - (03:52 WIB)
      Permalink

      saya pun ada masalah di linkAja, padahal saya sudah mngisi data dengan benar dan teliti pada saat apgrade akun linkaja, malah tiba2 keluar di akun prakerja saya Nik tidak sama, mohon bantuan terimakasih

  • 19 Mei 2020 - (04:12 WIB)
    Permalink

    Maap nih kk, ane cuma mau kasi pendapat and saran aja..
    Pengalaman pribadi ane,, ane download and daftar linkaja tgl 1mei2020 soalnya ada yg mau kirim duit pake linkaja.. And hari itu jg ane lakuin proses upgrade ke full service yg katanya 1x24jam.. Tgl 2mei2020 ane liat masi blm beres prosesnya, and malemnya ane buka website linkaja pake PC dan lakuin online chat sm CS nya.. Alhasil tgl 3mei2020 ane cek ulang, and akun ane udah berhasil diupgrade ke full service&ane lgsg tarik duit yg ada di akun linkaja via transfer ke bank..
    Klo masi blm beres itu proses upgrade, coba online chat ke CS nya kyk ane, biar prosesnya dipercepat..

  • 19 Mei 2020 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Sama.. Sdh kluar jdwal insentif tgl 19 eh upgrade linkaja lbh dr seminggu blm ada kbr yg katanya 1x 24 jm. Di emai cmn blsan dr komputer msh dlm antrian, di emal ke 2 dak dibalas. Diemail lg ke 3 tetep komputer yg bls msh dlm antrian. Pas ngecek di dasboard Prakerja mlh jadwal insentifnus sdh ila.g yg smestinya hari ini tgl 19. Yok opo iki seng salah sopo?

    • 19 Mei 2020 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Sabar, saya juga punya masalah yang sama cuman setelah saya upgrade linkaja dengan mengikuti prosedur ternyata nggak jadi masalah. Jadi sabar saudara/i karena untuk memverifikasi dan memvalidasi data cs membutuhkan waktu, apalagi untuk banyak pengguna.

  • 19 Mei 2020 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Saya menggunakan linkaja tapi uang nya udah cair kok gdak kendala
    mungkin klian saja yg gak mengikuti prosedur

  • 19 Mei 2020 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Betul semua e walet yg bekerja sama dngan program kartu prakerja jd susah buat upgreade.
    Alih alih dapet uang insentip malah di dashboard jadwal insentip hilang…

    Mari tertawa karena kesal… Hahaha kesall

  • 19 Mei 2020 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya kasus yang sama, itu karena saya tetap pake foto ktp yang kelihatan buram, cuman setelah saya upgrade ulang linkaja seduai prosedur ternyata berhasil. Jadi sabar teman2, karena untuk memverivikasi dan validasi data, cs linkaja dibutuhkan waktu lama apalagi untuk banyak pengguna

  • 23 September 2020 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah,saya aman2 saja menggunakan linkaja.
    Dari ke 3 e-wallet saya upgrade semua dan sukses,yg pertama acc adl linkaja,ovo sempat gagal 2x.karna yg acc pertama linkaja, akhirnya saya pake linkaja utk disambungkan ke prakerja.

    Mitra pemerintah untuk pencairan dana insentif memang saat ini sedang sibuk2nya karena terjadi peningkatan yg signifikan pd penggunanya.jika tiap gelombang 800rb totalnya 7,2jt peserta.jika dibagi rata mk ada1,8jt data yg hrs diproses.pdhl sebelumnya linkaja/ovo/gopay melayani upgrade tidak sebanyak itu.(platform pelatihan jg kebanjiran order). Jadi memang butuh proses dan kesabaran..mohon maaf jika krg berkenan..
    Kita berdoa bersama semoga semua berjalan lancar,dan dimudahkan baik di pemerintah,mitra pemerintah dan peserta prakerja..aamiin.

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Kecewa LinkAja Bikin Dana Insentif Prakerja Tak Bisa Cair, Mohon Solus…

oleh Ibnu Fauzi dibaca dalam: 1 min
21