Pemasangan Jaringan Indihome Baru Diminta Biaya Kabel Rp7.000 per Meter

Yth. Bapak/Ibu pimpinan PT. TELKOM INDONESIA.

Saya ingin menyampaikan keluh sekaligus lamanya proses pemasangan Jaringan baru, (ribet) untuk pemasangan baru jaringan internet di wilayah saya KP.Palupuy Desa Sindang Karya, Kecamatan Anyar – SERANG BANTEN.

Kronologisnya:

Pada tanggal 2 Juni saya mendatangi kantor Plasa Telkom untuk melakukan pemasangan jaringan baru. Pada tanggal 03 Juni 2020 datang si teknisi tersebut untuk melakukan survai lokasi, beliau sudah menghitung jarak ODP sekitar 300 m dari ODP tapi setelah saya liat di map jarak tidak sampai 200m.

Saya tidak langsung sepakat untuk penambahan kabel tersebut, pada saat itu saya sepakat dengan teknisi bahwa penambahan kabel tersebut dari saya (konsumen) dan saya sepakat untuk pemasangan pada hari Sabtu pada tanggal 6 Juni, mengingat tanggal 5 dan 4 saya harus masuk kerja.

Namun mengapa pada malam hari sebelum hari H si teknisi membatalkan pemasangan secara sepihak dengan keluhan jarak jauh dari ODP, dia mengaku bahwa dia adalah seorang teknisi baru, tidak mau tarik kabel; ya pada saat itu saya pun kecewa dengan tingkah teknisi seperti ini.

Pada siang harinya (Sabtu) saya kembali mendatangi Plasa Telkom untuk menceritakan ini, namun pada waktu itu plasa buka hanya setengah hari, dan saya hanya bertemu dengan securitynya. Alhasil saya sia-sia; buang-buang waktu, tenaga, uang (ongkos) namun entah kenapa pada malem minggunya si teknisi tersebut menanyakan kembali apakah sudah ada yang menarik kabel ke rumah. Saya jawab belum; setelah itu dia berjanji lagi akan menarik kabel Minggu sore ini tanggal 07 Juni 2020, tapi malam itu aku menceritakan kepada dia bahwa kabel FO orderan saya belum sampe ke rumah.

Lalu pada malam itu saya dengan dia membuat kesepakatan kembali, kalau saya mau dipinjamkan dulu kabel oleh teknisinya, dan setelah paket saya datang saya ganti kabel itu ke dia. Juga pada malam itu dia sepakat, namun apa dayakuu … dia beralasan kembali bahwa dia tidak bisa bawa kabel 300 m dia hanya bisa bawa 150 m.

Setelah saya tanya-tanya kembali, karena saya ingin terpasang hari ini saya coba negosiasi dengan dia, kalau saya minta kabel sama dia berapa? Dia minta harga 7.000 per meter, coba kalau di kali 200 m bisa sampe 1.500.000, semahal inikah saya melakukan pendaftaran indihome?

Juga sesulit inikah dalam melakukan pemasangan jaringan baru? Sedangkan saya hanya ada uang 400 ribu. Mengingat saya sudah beli kabel online dan saya sudah melakukan deposit, mau tidak mau saya harus menunggu kabel dari saya (entah kapan datangnya), alhasil hari ini tidak dapat dipasang kembali.

Deposit Invoice No. 10192672520001.
A.n. Kurniawati;
Kp. Palupuy RT 01/02 Kecamatan Anyar Serang Banten;
Pendaftaran tanggal 02 Juni a.n. nama saya sendiri DIKI DARMAWAN, mengingat nama saya sudah terdartar di Tangerang. saya daftar kembali memakai dengan memakai nama ibu saya sendiri Kurniawati.

Yth. kepada ibu/bapak mohon dibantu terkait kendala yang saya alami.

Diki Darmawan
Kab. Serang, Banten


Catatan redaksi (diperbarui 11/6/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:12    Rata-Rata: 4.7/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Diki Darmawan

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Diki Darmawan pada tanggal 08...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Pemasangan Jaringan Indihome Baru Diminta Biaya Kabel Rp7.000 per Meter

    • 8 Oktober 2021 - (00:07 WIB)
      Permalink

      Betul om.. Bulan kemaren saya mau pasang, pas ngobrol sama teknisinya katanya jaraknya sekitar 1km, yaa padahal ngeliat di maps sekitaran 500m, dan di pinta biaya tambahan buat bayar kabel 7000/m.. Kalo di itung² kemaren habisnya sekita 4800k sama pasang+bayar paket internet tuh. Untung nya ngga langsung fix, liat harga kabel di olshop 1km paling mahal 1000k padahal mah..

  • 11 Juni 2020 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Sama seperti yg saya alami, dengan alasan slot terdekat penuh hingga harus nambah biaya kabel. Kemudian ditanya apa sudah pernah daftar sebelum nya dan alasan apa blm di pasang indihome nya. Kalau kita jawab karena ada biaya penambahan kabel, mereka akan langsung hilang seketika. Dari yg sebelum nya terkesan ingin membantu proses pemasangan, menjadi mundur teratur tanpa kabar. Itu saya alami 3 kali dengan cs indihome yg berbeda. Padahal saya mengajukan pemasangan karena dapat pemberitahuan bahwa slot yg terdekat dari rumah saya tersedia. Setelah melakukan pendaftaran 2 kali. Tolong di jadikan perhatian untuk telkom, apakah memang prosedur nya seperti itu? Kalau pun ada biaya tambahan dijelaskan dalam promo tersebut, hingga konsumen tidak merasa keberatan dengan biaya tersebut. Trims

  • 12 Juni 2020 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja dengan perusahaan langsung ,
    Yang ad permainan teknisi di luar gaji bulanan . . .
    Wajib di beri sanksi teknisinya !!!

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Pemasangan Jaringan Indihome Baru Diminta Biaya Kabel Rp7.000 per Mete…

oleh Dikii dibaca dalam: 2 menit
4