J&T Lepas Tanggung Jawab atas Proses Klaim Asuransi Kerusakan

Pada tanggal 12 Mei 2020, saya mengirim barang 3 unit mesin kopi ke Surabaya dengan nomor resi JD0071850583. Kemudian barang tersebut telah sampai di tujuan pada tanggal 14 Mei 2020. Keesokan harinya, saya mendapat pesan dari pembeli bahwa 2 unit mesin kopi pecah pada bagian penampungan air. Pada saat itu juga saya langsung melapor melalui email dan meminta pengajuan klaim kepada J&T, karena barang tersebut sudah memakai asuransi.

Per tanggal 15 Mei 2020 sampai 4 Juni 2020, saya menghubungi J&T melalui email, telepon, dan Twitter tapi hanya mendapat jawaban yang tidak ada solusinya. Melalui call center dengan menelepon 7x hanya disuruh menunggu dan akan dihubungi kembali. Email 11x hanya direspon 2x, itupun hanya disuruh menunggu konfirmasi lebih lanjut. Tanggal 27 Mei 2020 pihak J&T Cabang menghubungi saya melalui pesan chat WhatsApp yang isinya bertele-tele dalam memberi keterangan dan intinya tidak mau mengganti kerusakan barang.

Pertama, Pihak Cabang mengatakan kalau proses klaim tidak berlaku karena tidak menggunakan packing kayu. Kedua, Pihak Cabang yang melakukan input data menyuruh saya untuk mencabut laporan klaim dikarenakan mendapat tekanan dari J&T Pusat dan pemotongan gaji. Ketiga, Pihak Cabang mengatakan jika tidak packing kayu maka tidak bisa asuransi dan menyalahkan saya yang sebagai pihak pengirim tidak mau memakai packing kayu.

Sebelum melakukan input data sempat ada penawaran antara packing kayu dan bubble, saya memilih bubble karena packing kayu dihitung volume dan saya menolak karena biaya tambahan yang memberatkan customer. Selama ini pun saya mengirim melalui expedisi lain tanpa packing kayu dan tetap menggunakan Asuransi.

Dari peraturan J&T yang saya baca antara asuransi dan packing kayu tidak ada keterkaitan, dengan kata lain peraturan tersebut terpisah. Kalaupun ada seharusnya J&T memberikan detail tentang asuransi dan packing kayu. Saya juga memiliki bukti screenshot percakapan chat dan call recording J&T Center.

Untuk J&T Pusat sekiranya memberikan solusi bagi konsumennya, jangan main lempar tanggung jawab antara Pusat dan Cabang. Terlebih lagi Pihak Cabang tidak mau mengganti dengan berbagai alasan dan bertele-tele dalam memberi keterangan tanpa ada solusi apapun.

Agus Setiawan Chandra
Jakarta Pusat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:10    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

J&T Lepas Tanggung Jawab atas Proses Klaim Asuransi Kerusakan

oleh Shun dibaca dalam: 1 menit
0