Refund Traveloka Tidak Ada Kejelasan

Di sini saya ingin berbagi sedikit keluh kesah saya mengenai pelayanan Traveloka. Kronologinya sebagai berikut:

1. Pada tanggal 28 Februari 2020 saya mendapat email dari pihak Maskapai Malindo Air mengenai pembatalan penerbangan saya dari Da Nang, Vietnam ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk tanggal 08 Maret 2020. Dan keesokan harinya tanggal 29 Februari 2020 saya langsung menghubungi pihak maskapai untuk mengonfirmasi apakah benar adanya pembatalan tersebut.

Pihak maskapai mengatakan bahwa benar terjadi pembatalan atas penerbangan saya, saya pun menanyakan apakah pembatalan tersebut bisa di-refund dan maskapai berkata akan me-refund full atas pembatalan yang terjadi namun saya harus menghubungi pihak Traveloka agar pihak Traveloka bisa memberikan berkas yang dibutuhkan terkait pembatalan saya ke maskapai.

Setelah selesai ber-contact dengam pihak maskapai, saya pun melakukan contact dengan pihak Traveloka dan menjelaskan detail kejadian. Singkat cerita, pihak Traveloka setuju untuk memproses pengajuan refund saya dan status refund di aplikasi Traveloka saya berubah menjadi “diproses” pada tgl 01 Maret 2020.

2. Namun, pada tanggal 13 Maret 2020 di aplikasi Traveloka saya, status refund yang tadinya “diproses” berubah menjadi “ditolak”. Pada hari itu juga saya langsung menelepon ke pihak Traveloka dan menanyakan perihal tersebut. Customer service yang melayani saya menjelaskan bahwa status tersebut berubah seperti itu dikarenakan saya yang mengajukan refund melalui aplikasi, padahal dari awal saya sama sekali tidak mengajukan refund melalui aplikasi karena tiket saya non-refundable.

Sejak awal perubahan status refund saya berubah menjadi “diproses” itupun bukan saya yang melakukannya. Jadi saya menjelaskan kepada CS yang bertugas, dan pada akhirnya CS tersebut meminta no rekening saya untuk mengembalikan refund saya maksimal 2-5 hari kerja.

Catatan: sebelumnya pihak Traveloka sama sekali tidak pernah meminta no rekening saya, setelah saya pertanyakan mengapa mereka tidak pernah meminta no rekening saya, barulah mereka menanyakan no rekening saya.

Setelah saya tunggu sampai tgl 17 Maret 2020, saya penasaran apakah refund saya sdh diproses, dari sinilah saya tidak dapat menghubungi pihak Traveloka lagi. Email saya dari tgl 17 Maret, 20 Maret, dan 23 Maret tidak dibalas sama sekali. Saya jg sudah melakukan contact melalui aplikasi, dm instagram hasilnya nihil, semua tidak dibalas. Saya juga sudah berusaha melakukan contact melalui telepon CS tetapi selalu berakhir dengan nada tunggu dan tidak pernah tersambung.

Selanjutnya saya tidak menyerah, sekitar pertengahan April saya mencoba untuk menelepon pihak maskapai Malindo. Ternyata info yang saya dapatkan bahwa Traveloka baru mengajukan berkas ke Malindo Air tgl 07 April, dimana lebih dari 1 bulan sejak pengajuan refund saya. Dari situ saya sudah malas berurusan dengan Traveloka, maka dari itu saya tunggu apakah ada itikad baik dari pihak Traveloka. Ternyata pihak Traveloka sama sekali tidak menghubungi saya kembali.

Setelah menunggu lebih dari 90 hari dari tanggal pengajuan saya (01 Maret 2020), saya mencoba untuk menelepon lagi ke maskapai Malindo. Apa yang saya dapatkan sungguh mengejuntukan. Berdasarkan info dari pihak Malindo, refund saya sdh di transfer ke Traveloka sejak tanggal 12 Mei 2020. Dari situ saya sudah mulai marah ke Traveloka.

Saya telpon berkali-kali, inbox berkali-kali dengan menyertakan bukti pengembalian refund saya yang saya dapatkan dari Malindo, namun semuanya NIHIL. Refund saya tetap digantung dan saya selalu diberikan jawaban yang sama oleh Traveloka, disuruh menunggu padahal refund saya sudah hampir 120 hari tanpa kejelasan.

Saya mohon dengan sangat agar proses refund saya tidak dipersulit, apalagi status refund saya sudah berubah menjadi “ditolak” tanpa persetujuan saya dan pastinya akan memberatkan saya ke depannya apabila saya melanjuntukan refund ini. Untuk itu, saya benar-benar kecewa dan marah dengan ketidak-profesionalan pihak Traveloka.

Stefani Alpian
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:3    Rata-Rata: 5/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Stefani Alpian

Kepada Yth., Ibu Stefani Alpian Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Loading...

7 komentar untuk “Refund Traveloka Tidak Ada Kejelasan

  • 28 Juni 2020 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Sama bro…tiket saya pake traveloka blm dikembalikan duitnya sama tuh agent..udh dr 10 maret 2020 keterangan refund disetujui tapi sampe skrg gak ada kejelasan..ditlp, diemail jawabannya standar..
    Saya pesen tiket Jkt – Hongkong pake malindo…
    Mgkin uangnya dibuat muter dlu kali yah ma tuh agent..kacau bener..

    • 29 Juni 2020 - (09:38 WIB)
      Permalink

      banyak kok mas yg seperti itu, malah ada yg tiketnya 40jt di ganti travel voucher oleh traveloka. Hati” aja nanti mas takutnya mereka bilang itu kebijakan maskapai, pdhl itu inisiatif mereka sendiri.

      • 1 Juli 2020 - (16:56 WIB)
        Permalink

        Trimakasih infonya, sudah saya hapus juga aplikasi trveloka dari smartphone saya walaupun masih ada poinnya. Lebaik menghindar.

  • 29 Juni 2020 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Mba Stefani ga sendiri koq. Saya juga mengalami kesialan yg sama persis dgn Mba. Proses refund dimulai sejak 2 maret hingga hari ini cuma diPHP doang😁. Bahkan udah sempat traveloka menginstruksikan saya melalui aplikasi utk mengecek rekening bank ybs, tapi zonk.
    Kecewa? Pasti. Belum lagi tiap kali bertanya soal progres refund melalui apk kita harus selalu mengulang kisah (sedih) dari awal kpd personil refund specialist mereka yg selalu berganti orangnya. Dan setiap kali ditanya jawabannya gak jauh2 dari ‘sedang menginvestigasi maskapai’ 😅. What??? Sejak awal maret hingga mau tutup bulan juni? Apa gak ada alasan lain?
    Kita cuma disuruh sabar tapi gak jelas batas waktunya. Krn batas maksimum 90 hari yg mereka minta pun sudah lama berlalu. Terpaksalah urut dada menghadapi traveloka.
    Seandainya uang itu diputar buat usaha dimasa susah ini, pasti banyak artinya bagi keluarga.
    Duh, traveloka. Minta ampun dah.

  • 29 Juni 2020 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Yg sabar ya mbak Tetty. Sy jg udh berkali-kali maki” via inbox app maupun tlp, tp kykny mrka gk gubris sm sekali. Di inbox maupun tlp jg jawaban ny itu” mulu, kyk udh ada narasi nya -.-
    Tp kalo iklan di socmed lancar bener, kykny mereka sengaja ngejebak customers lain, supaya uangnya bisa di puter lg utk bayarin refund yg tertunda.
    Sy beneran kapok pesan lewat traveloka. Lain kali mending lsg pesan lewat maskapai aja.

  • 30 Juni 2020 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Kalau traveloka memang 90 hari kerja. Dan lebih bagus langsung ke maskapai. Tapi per April 2020 kemarin, salah satu maskapai menerapkan kebijakan refund berupa voucher bukan cash.

  • 6 Juli 2020 - (16:30 WIB)
    Permalink

    sama teman teman , refund saya dari april 2020 juga dak ada kejelasan, inbox cuma gitu gitu aja balesnya , hub cs susah bener, sudah hub cs maskapai. dibilang suruh hub cs traveloka. payah emang sampai capek hub csnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Refund Traveloka Tidak Ada Kejelasan

oleh Stefani Alpian dibaca dalam: 2 min
7