Shopee Menjual Voucher Hemat Bodong yang Tidak Bisa Dipakai

Pada tanggal 27 Juni 2020 saya melakukan pembelian Paket Voucher Hemat Shopee sesi 22 Juni – 5 Juli 2020 melalui aplikasi Shopee. Voucher tersebut terdiri dari beberapa voucher ongkir dan Cashback yang berlaku sampai dengan tanggal 5 Juli 2020.

Pada tanggal 2 Juli 2020 saya mencoba menggunakan salah satu voucher Cashback 20% sd 10 ribu koin Shopee di menu Tagihan. Saya sudah mengikuti Syarat dan ketentuan penggunaan voucher tersebut, namun setiap saya memilih voucher cashback di menu voucher saya tab “Belum dipakai”, saya selalu gagal karena voucher tersebut tidak muncul pada saat checkout.

Saya langsung melakukan komplain melalui chat customer service dengan nomor kasus 76665031 dan disampaikan akan dilakukan penelusuran permasalahan saya.

Sejak tanggal 2 itu sampai tanggal 5 Juli 2020 (batas akhir masa penggunaan voucher) , saya selalu mencoba untuk menggunakan, namun masih gagal. Tanggap 5 Juli 2020 saya kembali komplain melalui chat, dan disampaikan bahwa case saya masih dalam antrean dan diminta menunggu konfirmasi. Di sore harinya, saya di telpon oleh customer service shopee disampaikan bahwa ada masalah teknis di voucher itu sehingga saya diberikan perpanjangan masa berlaku voucher.

Namun ternyata pada tanggal 6 Juli 2020, voucher tersebut berpindah ke tab “Tidak berlaku” karena masa berlaku yang sudah habis.

Komplain case saya masih berlanjut melalui email dan beberapa kali menyampaikan bukti dan informasi yang dibutuhkan kepada tim shopee. Namun betapa kagetnya saya, jawaban akhir dari tim Shopee bernama Fahira, bahwa voucher tersebut sudah tidak bisa digunakan karena saat ini sudah melewati masa berlakunya.

Saya merasa sangat dikecewakan oleh Shopee. Voucher Hemat yang saya beli tidak bisa digunakan. Shopee terindikasi menggunakan produk tersebut untuk mengambil keuntungan dari pembelian voucher, namun sengaja voucher tidak bisa digunakan sampai dengan batas waktunya. Jadi mungkin kita bisa berhati-hati dalam membeli produk voucher seperti itu. Walaupun kita sudah berusaha memenuhi Syarat dan ketentuan yang ditetapkan, namun tetap kendala teknis yang bisa dikendalikan di internal shopee.

Saya mohon Shopee bisa segera menyelesaikan komplain ini dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih.

Ilsan NP
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:10    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Shopee Menjual Voucher Hemat Bodong yang Tidak Bisa Dipakai

  • 10 Juli 2020 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Itu Voucher yang dibeli kan “Voucher Tagihan” pak. Produk yang bisa menggunakan Voucher itu adalah “Produk Tagihan di Shopee”.

    Coba perhatikan di gambar pertama yang Anda attach. “Produk” dalam voucher itu isinya “Produk Tagihan di Shopee”

    Produk tagihan itu meliputi, tagihan listrik, tagihan BPJS dan tagihan – tagihan lain. Gak bisa buat gratis ongkir, dan pembelian barang.

    • 10 Juli 2020 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Sdh benar kok, bpknya coba voucher di menu tagihan. Klo salah khan cs shopeenya pasti tahu. Dan anehnya voucher tagihan tapi tgl berlakunya pada waktu diluar aturan masa pembayaran rata2 tagihan yg ada.

      Kejar terus pak, mereka khan sdh mengakui ada kesalahan teknis, pernyataan itu bpk pakai tuk kejar hak bpk.

      • 10 Juli 2020 - (20:33 WIB)
        Permalink

        Komentar itu yang memberikan pencerahan dan pemahaman ke masyarakat luas mas bro. Jangan malah memprovokasi dan mengaburkan pokok permasalahan. Penulis SP ini pasti sudah paham dengan penjelasan kita diatas.

        Bahwa voucher yang coba digunakan adalah “Voucher Tagihan” yang seharusnya berlaku untuk pembayaran tagihan. Kita juga bisa menyimpulkan “Voucher Ongkir” yang ada dalam “Paket Voucher Hemat” ini sudah bisa digunakan sebelumnya, karena tidak dipermasalahkan.

  • 10 Juli 2020 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Mhn maaf ya gan tp SP ini kurang dalam pembuktiannya, tidak ada screenshot pada waktu penggunaan voucher yg menunjukkan voucher tidak bisa dipakai. Screenshot chat dgn CS jg hanya yang kenal-kenalan saja. Jadi agak kurang jelas..mau dukung sih, tp buktinya kurang.

    • 10 Juli 2020 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf saya sebenarnya menyertakan capture mengenai voucher yang tidak keluar pada saat checkout. Namun krn terbatas gambar yg di upload, jadi hanya 2 gambar diatas yg masuk.

  • 10 Juli 2020 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Saya menggunakan voucher itu di menu tagihan untuk membayar tagihan telkom Pak. Jadi memang bukan untuk bebas ongkir. Jadi voucher hemat ini memang terdiri dari beberapa voucher. Dan salah satunya voucher diskon utk produk tagihan.

  • 10 Juli 2020 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Tadi sore pihak Shopee atas nama Bernard telah menghubungi saya dan berjanji akan segera menyelesaikan komplain saya ini. Akan dilakukan penelusuran lebih lanjut. Semoga permasalahan bisa segera diselesaikan.

  • 11 Juli 2020 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Dari pengalaman saya pribadi, kalau voucher hemat tidak bisa dipakai, maka ajukan pengembalian dana. Kemarin saya juga mengalaminya. Voucher hemat yg saya beli tidak ada yg bisa digunakan satupun. Lalu saya ajukan pengembalian dana, dan dana sayapun dikembalikan. Dalam kasus saya ada peringatan “voucher sudah pernah digunakan”, meskipun sesungguhnya voucher belum saya gunakan. Tapi dalam kasus saya ini dikarenakan terindikasi punya lebih dari satu akun Shopee.

  • 16 Juli 2020 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Bp/Ibu dan rekan2 pembaca Surat Pembaca ini,

    Alhamdulillah setelah dihubungi oleh pihak Shopee beberapa kali, akhirnya voucher hemat yang saya komplain telah diaktifkan kembali dan telah berhasil saya gunakan pada tanggal 14 Juli 2020. Terima kasih atas bantuan dan atensi dari tim Shopee Center khususnya Pak Bernard dan Pak Iis. Per hari ini saya menutup komplain saya kepada Shopee. Semoga dikemudian hari ini, Shopee dapat semakin mengimprove pelayanan kepada customernya agar hal-hal yang saya alami tidak terulang kembali.

    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Shopee Menjual Voucher Hemat Bodong yang Tidak Bisa Dipakai

oleh Ilsan NP dibaca dalam: 1 min
9