Kekecewaan kepada Tiket.com dan Citilink Terkait Refund dalam Bentuk Voucher

Kekecewaan kepada Tiket.com dan Maskapai Citilink terkait refund dalam bentuk VOUCHER, ini diluar Perjanjian dan Kebijakan Refund di awal. Kami merasa tertipu.

Tanggal 13 April 2020 saya mengajukan Refund perjalanan Balikpapan Surabaya tanggal 20 Mei terkait adanya Pandemic Covid19, dengan total 2,8 jutaan dan dibeli via tiket.com. Karena saya melakukan pembayaran dengan kartu kredit pada bulan Januari dan pembayaran sudah lunas sejak Maret 2020.

Ini Proses Refund Saya

Pada Awal pengajuan refund, info refund akan diproses 30 hari dalam bentuk Penambahan Limit (Sesuai dengan Ketentuan dengan Maskapai)

Berikut Chat Dengan Tiket.com tanggal 10 April 2020.

  • [10/4 13.11] Tiket Com: Baik kak, perihal pengembalian dana refund jika menggunakan kartu kredit untuk order ID 96350570 ya. Kami informasikan jika kak Lativa melakukan pembayaran dengan cicilan dan ingin melakukan refund maka pembayaran cicilan dapat dilakukan pembayaran hingga selesai terlebih dahulu dan nantinya perihal refund akan terlihat pada billing statement bulan berjalan atau bulan selanjutnya ya kak
  • [10/4 13.13] Tiket Com: Apakah informasi yang kami sampaikan sudah cukup jelas kak?
  • [10/4 13.13] Lativa Nur: Cicilannya SDH selesai mba
  • [10/4 13.14] Lativa Nur: Trs pengembalian ttap lwt CC atau tf bank
  • [10/4 13.15] Tiket Com: Iya kak, jika nantinya akan melakukan refund maka pengembalian dana ke kartu kredit kembali ya kak karena pembayaran menggunakan kartu kredit dan dapat dilihat pada billing statement bulan berjalan atau bulan selanjutnya ya kak

Bulan Juni, saya follow up karena sdh 2 bulan tapi tidak ada Kabar Pengembalian. Tanggal 03 Juli 2020 saya menanyakan lagi ke pihak tiket.com.

  • [3/7 15.11] Tiket Com: Hai, Kak Lativa. Selamat datang di layanan WhatsApp tiket.com 🙂
    Perihal apa yang bisa kami bantu ?
  • [3/7 15.11] Lativa Nur: Tiket com
  • [3/7 15.12] Lativa Nur: Tolong bantu Kapa refund saya dibayarka
  • [3/7 15.12] Lativa Nur: Cicilan saya banyak, yang harus saya bayarkan. Tapi saya menunggu refund dari tiket com bahkan tak ada kunjung ada kabar
  • [3/7 15.13] Lativa Nur: Tolong bantu lah
  • [3/7 15.13] Tiket Com: baik kak, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya kak, terkait status refund tiket dengan order id 96350570, kami informasikan bahwa saat ini refund sedang dalam tahap proses oleh tim terkait kami, dan tim kami sudah mengirimkan email konfirmasi pada tanggal 24 juni lalu terkait refund nya kak, apakah kak Lativa sudah cek emailnya?
  • [3/7 15.15] Lativa Nur: Kami informasikan kepada Ibu Lativa untuk pemesanan Order ID 96350570-166465696
    Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanannya perihal kode booking WFW38A sesuai update terbaru maskapai Citilink penerbangan 24 April 2020 – 30 Juni 2020 refund dalam bentuk Vocher. Namun untuk saat ini kami masih menunggu informasi proses refund dari pihak maskapai. Apabila sudah ada informasi selanjutnya kami akan mengkonfirmasi Ibu Lativa kembali.
  • [3/7 15.15] Lativa Nur: Info yang terbaru pengembalian refund saya dalam bentuk voucher
  • [3/7 15.16] Lativa Nur: Sebelumnya pengembalian dlm bentuk limit kartu kredit
  • [3/7 15.17] Tiket Com: benar kak, sesuai informasi yang tertera pada email tersebut bahwa sesuai update terbaru maskapai Citilink penerbangan 24 April 2020 – 30 Juni 2020 refund dalam bentuk Voucher ya kak, dan perihal kebijakan refund adalah sepenuhnya kebijakan maskapai dan tim kami tidak memiliki kuasa apapun untuk mengubah kebijakan kak.

Saya kaget dan kecewa, refund yang saya harapkan bisa kembali dalam bentuk cash refund atau kembali limit. malah kembali dalam bentuk voucher. Untuk apa voucher ini, gak bisa dipakai bayar cicilan.

Pihak Tiket.com dan Maskpai Citilink seenaknya mengganti kebijakan mereka, kita diminta memaklumi mereka, lalu siapa yang mau memalukmi kita? Cicilan kami harus tetap dibayar, tiket dikembalikan dalam bentuk voucher dan voucher expired dalam 1 tahun, iya kalau 1 tahun kita ada penerbangan. Jika tidak ada, tiket hangus.

Saya Minta Tiket.com dan Citilink untuk mengembalikan Refund kami sesuai dengan perjanjian Awal.

Penumpang yang sangat kecewa:

Lativa
Balikpapan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat Ibu Lativa

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 18 Juli 2020 yang ditulis oleh Ibu Lativa berjudul “Kekecewaan kepada tiket.com dan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @tiket Kejadiannya sama dengan saya @tiket ban***. Saya sudah pakai asuransi antigalau tapi tetap diganti voucher.

    • Iya saya juga pakai anti galau, dengan harapan bisa ada jaminan di refund. Tapi malah dalam bentuk voucher, lalu kemana uang kami, jika semua dlm bentuk voucher. Sekarang terbang susah harus pake rapid dan swab, biaya mahal. Voucer gak dipakai hangus. Ini yang susah semakin susah

  • Saya juga sama.
    Saya memesan 2 tiket pesawat dari jakarta ke Makassar UPG. Sejak tanggal 24 april.
    Dan di batalkan dari pihak citilink karena alasan keterbatasan.
    Lalu pihak tiket.com menawarkan refund tiket dengan perjanjian uang kembali 100%
    Tiap bulan selalu ku folow up dan terakhir tgl 19 juli hr ini saya di chat sama pihak tiket.com kalo tiket di ganti voucher dan harus nunggu 90hr lagi..
    Saya sangat kecewa dengan kebijakan ini.
    Saya butuh uang cash bukan voucher..

    Semoga media konsumen dapat membantu saya dalam masalah ini.

  • Perjanjian awal dan waktu yg harus kita tunggu tidak sesuai dg kenyataan. Saya pun mengajukan refund pada tanggal 24 april jauh sebelum maskapai melakukan pembatalan penerbangan dikarenakan covid. Saya telp cs maskapai juga pihak travel agen ( citilink dan tiket.com) bahwa dikarenakan alasan refund sy karena pandemi covid maka akan kembali uang 100%. Tapi selain pemgembalian uang nya lewat dari 30hr kerja ( april ke 10 juli diberitahukan lewat email pengantian berupa voucher) yg membuat kecewa dan sedih adalah tidak sesuainya perjanjian awal refund yg akan berupa cash diganti dg voucher yg kemungkinan besarnya tidak bs kami pakai.😭😭😭😭