Perhitungan Suku Bunga Home Credit Beda dengan Perhitungan Suku Bunga di Awal Penawaran

Halo Pembaca Mediakonsumen,

Nama saya Andi saya nasabah pembiayaan Multi Guna dari Home Credit dengan nomor kontrak 3904041504. Awalnya saya tidak minat untuk mengambil pinjaman di Home Credit, tapi karena dari marketing penawaran Home Credit telepon saya terus menerus akhirnya saya tergiur dikarenakan pinjaman tersebut bisa pelunasan di awal dan suku bunganya tetap perbulan. Dan saya berpikir nanti kalau ada rezeki saya mau lunasin semuanya di awal. Kemudian dari marketing Home Credit menjelaskan suku bunga tetap 2,39% per bulan, kemudian ok saya acc.

Saya mengambil pinjaman 20 juta dengan tenor 30 bulan, dengan suku bunga tetap 2,39% perbulan, dengan rincian:

  • Bunga: 2,39% × 20.000.000= 478.000
  • Pokok: 20.000.000÷30= 666.666
  • Asuransi: 35.000
  • Biaya pembayaran perbulan:5.000
  • Jadi total Angsuran perbulan: 1.184.600 dengan tenor 30 bulan.

Angsuran perbulan saya sudah 9 kali angsuran. Kemudian saya dengar di artikel-artikel atau di sosmed bnyak yang komplain kepada Home Credit mengenai perhitungan suku bunga atau pelunasan awal credit Multi Guna ini. Kemudian saya coba menghubungi call center Home Credit terus saya coba email untuk menanyakan rincian pembayaran angsuran yang saya bayar setiap bulannya. Betapa terkejut saya pas saya liat rinciannya ternyata selama 9 bulan saya bayar hampir 70% bayar bunganya. Angsuran pokok setiap bulannya hanya 300 ribuan. Sedangkan di awal penawaran suku bunga tetap 2,39% per bulan.

Kemudian saya tanya koq bisa seperti itu? Lalu pihak Home Credit menjelaskan kalau perhitungam suku bunganya menggunakan sistem anuitas, sistem anuitas ternyata di awal angsuran pokok yang kita bayar sangat kecil dan bunga yang kita bayar sangat besar, dan ini mempengaruhi kalau kita mau pelunasan awal (pantesan banyak yang komplain kalau mau pelunasan awal).

Dan saya mencoba terus menghubungi pihak Home Credit kalau saya maunya perhitungan suku bunga tetap perbulan dimana yang sudah dijelaskan oleh marketing penawaran dan saya baca juga di ringkasan perjanjian dokumen suku bunganya tetap.

Dengan surat yang saya buat ini mudah-mudahan ada solusinya. Terima kasih media konsumen.

Andi Lala
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Andi Lala

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Andi di MediaKonsumen.com pada 12 Agustus 2020 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Perhitungan Suku Bunga Home Credit Beda dengan Perhitungan Suku Bunga …

oleh ANDI LALA dibaca dalam: 1 menit
84