Sertifikat Kartu PraKerja Gelombang 4 Tidak Muncul di Dashboard

Selamat pagi, untuk PraKerja, Tokopedia dan Skill Academy.

Saya Eka Astraliana dengan nomor kartu PraKerja: 1804202055732662, membeli pelatihan pada tanggal 22 Agustus 2020 di Tokopedia dengan kode voucher: PRATPPZEABR9 untuk platform pelatihan Skill Academy. Singkat cerita, sertifikat exam saya dapatkan tanggal 23 Agustus 2020 dan sertifikat excellent di tanggal 25 Agustus 2020.

Namun sampai detik ini sertifikat belum muncul di dashboard akun. Yang jadi permasalahan, tidak ada respon baik dari PraKerja (malah email saya dianggap SPAM), TokopediaCare (diam bisu) dan Skill Academy (jawaban robot).

Mohon info kejelasan dari 3 lembaga tersebut kenapa di tahun 2020 masih saja masalah sinkronisasi? Menjadi masalah bertele-tele bagi perusahaan yang mengelola keuangan sampai trilyunan.

Terima kasih.

Eka Astraliana
Kabupaten Lampung Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

111 komentar untuk “Sertifikat Kartu PraKerja Gelombang 4 Tidak Muncul di Dashboard

  • 7 September 2020 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Saya fikir hanya saya saja yang mengalami kendala belum update sertifikat di dashboard walaupun sudah dapat sertifikat dari skill akademy tgl 27 agustus 2020.

    BakingWorld Juga sama sertifikat tgl 28 agustus 2020 sampai sekarang belum update didashboardnya, Ada kendala apa sih gelombang 4 ini ?

    Biasanya Lancar” saja.

  • 7 September 2020 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga hampir sebulan belum muncul sertifikat di dashbord prakerja, mohon pihak terkait ini banyak sekali yang merasakan keluhan seperti ini,

  • 7 September 2020 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Mau sampe sebnyak apa pun komen kita .gak ada jawaban percuma aja gang .progam prank prakerja tuh nyata nya apa . Bnyak sama kita ikutin progam ini kan

  • 7 September 2020 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Sama saya gelombang 4,sertifikat keluar tgl 29agustus di gmail,email tokopedia sdh di teruskan di prakerja,tp sampe sekarang blm berubah di dasboard,sedikit kecewa saya dg program yg sedikit menyusakan,saya habis kena phk karena covid19,berharap dpat bantuan tapi merasa dipersulit,sedangkan yg masih kerja dan masih menghasikan tidak dipersulit sama sekali,uang langsunh di tf sama pemerintah 1.2jt,tanpa pelatihan ,cair langsung cuma modal terdaftar di bpjs ketenagakerjaan,sedangkan kuli atau pekerja swasta gaji minim yg gak terdaftar di bpjs tdk dapat sama sekali,jadi bisa disimpulkan tepat atau tidak tepatnya program ini mengenai sasarannya,

  • 8 September 2020 - (03:35 WIB)
    Permalink

    Menurut saya program ini bagus dan saya yakin pemerintah terutama bapak presiden Jokowi betul betul tulus dan serius ingin meringankan beban rakyat. Hanya prosudur utk mmendapatkan Insentif nya dibuat ribet sedemikian rupa sehingga banyak anggota yg sudah diterima tak bisa mengikuti pelatihan karena berbagai hal dan bahkan peserta yg sudah lolos pelatihan dan dapat sertifikat tapi insentifnya tak kunjung cair. Terus terang saya menaruh kecurigaan yg besar terhadap lembaga lembaga yg terlibat dalam prakerja ini. Karena bukan tidak mungkin hal ini bisa merekaMAINKAN. coba hitung dari 5,6 juta anggota prakerja yg diterima 1 juta saja mereka main kan sudah berapa jumlah nya yaitu 3,5 Triliyun. Mohon kiranya pihak yg berwenang terutama KPK agar benar benar mendalami hal hal yg ada di seputaran prakerja. Dan kalau boleh saya usul kepada pihak pemerintah. Apakah tidak lebih baik kartu prakerja ini dibuat semudah program bantuan karyawan anggota BPJS KETENAGAKERJAAN. Yang dibutuhkan Rakyat Mu adalah utk MAKAN bukan PELATIHAN. jika tidak diadakan pelatihan. Biaya 1 juta nya bisa dikembalikan ke kas negara dan itu jumlah nya 5,6 Triliyun.

  • 8 September 2020 - (03:51 WIB)
    Permalink

    Sertifikat saya juga belum di input di dashboard prakerja, Sistem sangat kacau lambat diera digital seperti saat ini hal semacam ini seharusnya tidak perlu terjadi.
    Mudah-mudahan Kemenaker khususnya dalam hal ini mengenai Prakerja kedepannya bisa lebih transparan kalau sudah di anggarkan melalui APBN mengapa untuk pencarian insentif dipersulit padahal saya sudah menyelesaikan pelatihan dan memberikan ulasan serta sertifikat sudah dikirim melalui email oleh lembaga pelatihan yg kita ikuti.

  • 8 September 2020 - (08:33 WIB)
    Permalink

    cuma bisa pasrah setelah habis kuota dan uang banyak untuk ikut pelatihan tapi nasib digantungin gini. Padahal makin lama keluar sertifikat, makin tua umur untuk mencari pekerjaan. Sedangkan di beberapa perusahaan menerapkan batas umur dalam merekrut pegawai baru.

    yah… apa mau dikata, sistem yang berjalan tak seperti yang diharapkan.

    terima kasih prakerja, semua bakalmendapat balasannya… Amin…

  • 8 September 2020 - (11:56 WIB)
    Permalink

    sekolah disain Juga sama sertifikat tgl 31 agustus 2020 sampai sekarang belum update didashboardnya, Ada kendala apa sih gelombang 4 ini ?

    gelombang 5 dan 6 sudah pada keluar di dashbord

    • 8 September 2020 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Percuma lu pada ngomong ampe bebusa … Kaga ngaruh…yg penting mereka udah pada untung…bodo amat lu pada….

      • 8 September 2020 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Hampir rata rata gelombang ke 4 gk direspon…Sama semua pelatihan.
        Buat semua pelatihan tolong di infokan yg lulus / tidak lulus mengikuti pelatihan. Jangan status hanya aktv terus.
        Kami gelombang 4 seperti di anak tirikan. Dibedakan dengan gelombang 5 dan 6. Tolong buat SEMUA pelatihan prakerja selesaikan dulu gelombang 4 selanjutnya gelombang 5 dan seterusnya.

        2
        1
  • 8 September 2020 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Justru di Pintaria sertifikat belum ada muncul sampai sekarang di dashboard. Disuruh isi daftar hadir ikut pelatihan di Pintaria sdh…trus disuruh nunggu sampai 2 – 3 hari kedepan tetap jg gk muncul…padahal sdh semua ngikutin semua tugas nya. Status masih aktv…chat di Pintaria gk ada tanggapan.
    Tolong buat SEMUA pelatihan bila kami belum selesai atau belum bisa mendapatkan sertifikat di infokan kepada semua nya,,,,jangan status hanya aktv saja.

  • 9 September 2020 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Semua kasus sama q dari gel 2 sampai gel 5 baru lolos. udh lolos pelatihan dah dapat sertifikat, ulasan jga udah tp jga blm masuk jga di dashboard prakerja.
    Bagaimana ini BAPAK JOKOWI program Prakerjanya mohon platform2 terkait di koreksi kinerjanya. Terima Kasih.

    • 11 September 2020 - (00:53 WIB)
      Permalink

      GELOMBANG 4
      ini yang bikin resah peserta gelombang 4

      dan alahamdulillah
      hari ini sertifikat sudah muncul di dhasbor prakerja dan jadwal insentif sudah keluar

      dengan saya rubah rating di pemberi layanan menjadi 1 dan komentar yang buruk mereka langsung mengirimkan saya email untuk merubah rating dan ulasan.
      saya cuma balas saya akan rubah ketika sertifikat muncul di dhasbor prakerja.
      setelah muncul hari ini, EGP rating gak akan GUA rubah.

      intinya di tokopedia dan pemberi layanan apapun
      kalau bertele-tele kasih rating buruk. mereka akan geger dengan rating itu dan akan segera sigap menghubungi kalian.

      semoga membantu
      salam gelombang 4

  • 10 September 2020 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Sama semua kendalanya,,,kalo saya sertifikat udh ada di dasboard..tapi kenapa insentif yg ke 2 tanggal 22 Juni belum cair.bahkan insentif ke 3 dan seterusnya belum ada yg cair juga..di email.katanya antrian penuh,di telpon katanya belum nulis ulasan dan rating…saya cek di Tokopedia udh di tulis rating dan ulasan nya dan udh di kirim juga ke prakerja nya.di suruh tunggu 7×24 jam…sudah saya tunggu belum juga cair.. saya telpon ke prakerja lagi.katanya pihak prakerja belum menerima Rating dan ulasan.saya chat lagi ke Tokopedia dia bilang sudah dikirim dan saya sudah mengisi…jadi sebenernya kendalanya ada dimana sih…dan yg benar dari pihak prakerja nya apa dari pihak Tokopedia nya yah..jadi bulak balik aja..kagak ketemu solusinya..temen saya aja yg gelombang 2 barengan saya sudah diterima semua insentifnya.tp kenapa punya saya belum..dan kendalanya dimana.masa insentif pertama cair,,, selanjutnya pending terus..

  • 10 September 2020 - (09:09 WIB)
    Permalink

    saya juga ngalamin nih, udah 2 minggu, dari eudeka gak jelas, tokopedia apalagi , semoga DPR, KPK usut yang jelas program ini, bikin resah rakyat aja

  • 10 September 2020 - (23:06 WIB)
    Permalink

    kasian kita gelombang 4,, saya juga sama udah dapat nilai 80 dan progres 100 di skill academy (beri rating, pre exam, exam, webinar) dan juga udah kasih rating tokopedia 5*. dapat 2 sertifikat di tanggal 24 & 25 agustus 20, tapi sampai sekarang tgl 10 september..sertifikatnya belum muncul di Dashboard prakerja. Temenku yang lain udah muncul dan mulai cair 7 september kemaren.

    udah email skill academy & ruang guru, wa, telpon prakerja ampe habis pulsa susah minta ampun.

    Intinya pasrah & lupakan aja brooo. Untuk yang dapat, semoga berguna dan bermanfaat. selamat bersenang-senang. Move on anggap kursus gratis udah itu aja, rizki kita tidak sekarang…

    • 11 September 2020 - (08:06 WIB)
      Permalink

      semoga sertifikat kamu cepat muncul di Dashboard prakerja.sabar yaa…kalo aku daftar di gelombang 3 tidak lulus dan gelombang 4 baru lulus…aku beli voucher pelatihan di bukalapak sedangkan pelatihan di skill academy..ternyata itu berpengaruh…bukalapak lebih cepat mengirim sertifikat di di Dashboard prakerja..banyak juga temanku yang terlambat karena beli voucher di tokopedia..lulus exam nilai 80 juga…dapat sertifikat tanggal 27 Agustus dan insentif cair tanggal 6 september kemaren.

    • 11 September 2020 - (08:09 WIB)
      Permalink

      kalo udah dapat 2 sertifikat di skill academy..berarti tinggal nunggu tokopedia memunculkan sertifikat kamu di Dashboard prakerja

  • 11 September 2020 - (00:55 WIB)
    Permalink

    GELOMBANG 4
    ini yang bikin resah peserta gelombang 4

    dan alhamdulillah
    hari ini sertifikat sudah muncul di dhasbor prakerja dan jadwal insentif sudah keluar

    dengan saya rubah rating di pemberi layanan menjadi 1 dan komentar yang buruk mereka langsung mengirimkan saya email untuk merubah rating dan ulasan.
    saya cuma balas saya akan rubah ketika sertifikat muncul di dhasbor prakerja.
    setelah muncul hari ini, EGP rating gak akan GUA rubah.

    intinya di tokopedia dan pemberi layanan apapun
    kalau bertele-tele kasih rating buruk. mereka akan geger dengan rating itu dan akan segera sigap menghubungi kalian.

    semoga membantu
    salam gelombang 4

  • 11 September 2020 - (01:01 WIB)
    Permalink

    GELOMBANG 4
    ini yang bikin resah peserta gelombang 4

    dan alhamdulillah
    hari ini sertifikat sudah muncul di dhasbor prakerja dan jadwal insentif sudah keluar

    dengan saya rubah rating di pemberi layanan menjadi 1 dan komentar yang buruk mereka langsung mengirimkan saya email untuk merubah rating dan ulasan.
    saya cuma balas saya akan rubah ketika sertifikat muncul di dhasbor prakerja.
    setelah muncul hari ini, EGP rating gak akan GUA rubah.

    intinya di tokopedia dan pemberi layanan apapun
    kalau bertele-tele kasih rating buruk. mereka akan geger dengan rating itu dan akan segera sigap menghubungi kalian.

    semoga membantu
    salam gelombang 4

  • 13 September 2020 - (23:40 WIB)
    Permalink

    SAYA ANGGAP INI HOAX
    SDH TIDAK LG BERHARAP 2MINGGU LEBIH SEMENJAK SERTIFIKAT TERBIT SDH KOMPLAIN CASE INI KE BUKALAPAK DAN SITUS IDSINTERNATIONAL NAMUN APA JWBANNYA SURUH NUNGGU NUNGGU NUNGGU DAN NUNGGU SABAR SABAR DAN SABAR, KALO DIINDOMART DAN ALFAMART JUALAN SABAR TAK BELI DEH DAN EMAIL HUBUNGICS YG DIDASBOARD PRAKERJA CUMA HIASAN AJA TDK BISA DIEMAIL 3X EMAIL TDK ADA YG TERKIRIM JADI SAYA ANGGAP CASE INI HOAX DAN HANYA DIPERGUNAKAN UNTUK MEMPERKAYA KELOMPOK ATAU GOLONGAN TERTENTU

  • 14 September 2020 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Saya peserta kartu Prakerja gelombang 7. Sudah ikut pelatihan di Skill Academy, belum ikut webinar tapi sudah dapat SERTIFIKAT karena progress sudah 95% dan sukses menjawab exam dengan hasil excellent.
    Sampai sekarang saya menunggu sertifikat yang belum masuk ke dashboard kartu prakerja.
    .
    Kira-kira bakalan lama gak ya? apa bakalan gak dapet juga? ?

  • 15 September 2020 - (13:58 WIB)
    Permalink

    kalo diliat2, sepertinya yang paling banyak bermasalah pembelian kursus yang melalui e-commers (tokopedia dan bukalapak) ya? yang pembelian kursusnya langung ke jasa penyedia kursusnya lancar2 aja.

  • 15 September 2020 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Min maaf mau tanya saya gelombang 5 kartu prakerja saya membeli pelatihan di bukalapak ngambil kiat menjadi pekerja lepas (freelance) dari sekolah desain id min
    Nah pertanyaan saya, kan saya sudah mengikuti webinar lewat telegram, saya juga sudah menjawab soal ujian ujian nya dan saya juga sudah menonton videonya tidak ada yang saya skip dan juga di sekolah desain id sudah dapat sertifikat nya tetapi kenapa di dashboard prakerja saya belum ada sertifikat nya yah min
    Tolong di balas ya min
    Terimakasih

  • 17 September 2020 - (03:11 WIB)
    Permalink

    Adakah yg mengalami sertifikat excellence skill academy tidak bisa di download?
    Nyeri hateee sertifikat tidak muncul dan insentif tdk ada..

  • 17 September 2020 - (11:58 WIB)
    Permalink

    saya membeli pelatihan skilla acdemy melalui bukalapak , apakah harus mengisi ulasan dan rating di mitra bukalapak juga…
    sertifikat lulus materi tidak ada padahal progress kelas 100 %

  • 30 September 2020 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Begitulah kalo orang begok.. Udah tau sistemnya lambat malah buka trus glombang yg glombang 4 ajah masih banyak blm keluar sertifikat glombang trus di buka, jadi amburadul kerjanya, pusing sendiri, mikir sertifikat mikir insintif yg blm nerima, puyeng,, mana nunggu tokopedia nunggu skill ademi,,jagn marah kalo di bilang begok,,coba kalo suruh peserta aja yg upload sertifikatnya to selesai platihan kan langsung kluar sertifikat dari lembaga pelatihan..ini malah mau di kasih ke tokopedia mau beri ulasan mau beri bintang ribet lah. Akhirnya yg pusing mereka sendiri di tanya sama peserta malah bukam diem nggk tau mau jawab apa.,email penuh, telpon nggak bisa nyambung, smuanya jdi susah karna ini urusan orang banyak ratusan ribu, ,
    Otak 1 sendok tumpah, begitulah

 Apa Komentar Anda mengenai Program PraKerja?

Ada 111 komentar sampai saat ini..

Sertifikat Kartu PraKerja Gelombang 4 Tidak Muncul di Dashboard

oleh King dibaca dalam: <1 menit
111