Miris! Perhitungan Pelunasan Awal Kredit Multiguna Home Credit Indonesia Tidak Sesuai Penjelasan Marketing saat Penawaran

Dear Redaksi Media Konsumen,

Nama saya Siti Khodijah, peminjam Multiguna Home Credit Indonesia dengan nomor kontrak 3902343587. Awal saya tertarik untuk mengambil Multiguna Home Credit Indonesia karena penjelasan marketing saat menawarkan pinjaman tersebut yang berujar “Kapan saja ibu bisa melakukan pelunasan awal dengan hanya membayar: (jumlah yang ibu terima – jumlah yang dibayarkan) + adm Rp 150.000”.

Bahkan sebelum saya diharuskan tanda tangan kontrak secara online (yang terkesan diburu-buru sekali pada saat itu oleh marketing), saya dengan tegas menanyakan kembali kebenaran pelunasan awal tersebut sebanyak 2 kali berturut-turut dan pihak marketing Home Credit Indonesia masih dengan jawaban perhitungan pelunasan awal yang sama (jumlah yang ibu terima – jumlah yang dibayarkan) + adm Rp 150.000.

Sehingga pada 9 September 2020, saya berniat melakukan pelunasan awal. Karena dirasa sudah sedikit kewajiban hutang di Home Credit Indonesia dan mengingat usia saat ini sudah lebih dari 50 tahun yang tidak tahu kapan Allah SWT akan memanggil saya. Sehingga saya berniat menyelesaikan segala sangkutan hutang di dunia.

Dari Juli 2019 sampai Agustus 2020, saya sudah melakukan pembayaran ke Home Credit Indonesia sebanyak 16 kali cicilan Rp1.628.100/bulan sudah termasuk bunga, asuransi Aman dan biaya-biaya lain:

  • Nominal yang diterima: Rp25.000.000
  • Angsuran per bulan: Rp1.628.100
  • Angsuran dari Juli 2019 sampai Agustus 2020: 16 x Rp1.628.100 = Rp22.793.400
  • Pelunasan Awal sesuai penawaran marketing: (Rp25.000.000 – Rp22.793.400) + Rp150.000 = Rp2.356.600

Maka dari itu saya menghubungi CS Home Credit Indonesia bermaksud menyegerakan pelunasan awal tersebut. Namun alangkah kaget nya ketika CS bilang bahwa pelunasan awal yang harus saya bayar Rp19.000.000-an. Saya harus mengatakan ‘setuju’ untuk melakukan pengaktifan pelunasan awal dan apabila sampai pada masa jatuh tempo dan belum melakukan pembayaran, asuransi Aman yang dibayarkan setiap bulan akan hangus. Dalam arti kata setelah pengaktifan, tidak dibayar, setiap bulan saya tetap akan dikenakan biaya asuransi Aman ini tapi tidak ada perlindungan apapun.

Mendengar penjelasan CS tersebut sangat membuat saya syok setengah mati mana sudah umur begini, bagaimana bisa? Sudah bayar Rp22.793.400 dan sekarang mau melakukan pelunasan awal harus membayar Rp19.000.000-an sangat berbeda dengan janji manis penawaran awal marketing. Perincian tidak akan diberikan sebelum ibu setuju asuransi Aman tidak di-cover lagi, tapi tetap harus dibayar.

Beberapa kali mengirim email ke Home Credit Indonesia jawaban mereka kurang lebih sama semua, tidak ada solusi sama sekali. Padahal mereka yang menawarkan dan memikat di awal. Tolong Home Credit Indonesia apabila niat kalian baik ingin membantu ekonomi masyarakat kecil dengan memberi pinjaman janganlah memakan saudara sendiri.

Terima kasih redaksi Media Konsumen. Besar harapan saya surat ini bisa dimuat di Media Konsumen.

Siti Khodijah
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:128    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Siti Khodijah

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Siti Khodijah di MediaKonsumen.com pada 9 September 2020 di kolom...
Baca Selengkapnya

Loading...

45 komentar untuk “Miris! Perhitungan Pelunasan Awal Kredit Multiguna Home Credit Indonesia Tidak Sesuai Penjelasan Marketing saat Penawaran

    • 10 September 2020 - (20:36 WIB)
      Permalink

      saya kok ikutan gemes bacanya. harusnya homecredit seneng duitnya dikembalikan dlm waktu cepat. knp malah dipersulit? aneh….
      sudah bu, mending tdk usah pelunasan awal. atau kalau perlu datangi langsung kantornya.

      • 10 September 2020 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Saya aja punya tanggungan di hci dah telat 2bulan. Gak ada keringanan sama sekali udah ngajukan keringanan karena gak kerja. Padahal setiap bulan ya bayar asuransi aman. Hitung²annya kemarin itu sisa angsuran 13 bulan udah bayar 22 bulan pinjaman 12.100.000 kalo mau dilunasin d awal harus bayar 9.000.000 yg aq bayarin kemarin masuk kemana. Menyesal seumur hidup berurusan sama HCI

        • 11 September 2020 - (03:09 WIB)
          Permalink

          Ibu, saya turut prihatin dengan apa yang ibu alami.
          Tapi mohon maaf harus saya sampaikan, berdasarkan pengalaman saya yang dulu juga pernah meminjam dana 20jt dari HCI.
          HCI menggunakan sistem anuitas dalam angsuran per bulannya. Sehingga angsuran2 yang ibu bayarkan di bulan-bulan pertama adalah sebagian besar bunganya saja dan hanya sebagian kecil dari pokok pinjaman yang terbayarkan.
          Akibatnya, jika ibu melakukan pelunasan di awal, tentunya sisa pokok bunga di tenor yang belum terbayar masih akan tetap besar, karena memang yang ibu bayarkan di bulan-bulan sebelumnya “sebagian besar adalah hanyalah bunganya saja”.

          Terkait informasi dan janji manis marketing, tentu ini strategi pemasaran agar marketing mendapatkan closing. Mereka ditarget per bulannya sehingga untuk menarik calon debitur maka tidak secara mendetail menjelaskan.

          Untuk lebih jelasnya ibu sebaiknya tanyakan langsung skema pembayaran melalui call center resminya.

          Semoga informasi ini bs bermanfaat dan dibuat pembelajaran untuk kita semua di sini. Terima kasih.

      • 24 September 2020 - (04:58 WIB)
        Permalink

        Seneng darimana? Ya gak seneng lah..
        Misalnya gini, anda akad pinjam kpr ke bank 15 tahun, sebesar 10juta, dengan cicilan 1jt pertahun.
        Nah kalau ditotal kan bank untung 5 juta. (15 tahun x 1jt pertahun = 15jt. Dikurangi dengan uang yg dipinjamkan 10jt, berarti untung bank 5 juta).
        Artinya bank udah ancer2 “oh gue dapat sekiat juta dalam sekiat tahun kedepan”.
        Nahh, ternyata pas ditahun ke 9, anda mau pelunasan awal. Anda ngmong “saya dulu pinjem 10juta, saya sudah mbayar 9 juta, berarti tinggal balikin 1 juta dong”. Lha bank ya gak seneng, potensi profit 5 jutanya ilang.
        Soalnya apa? Untuk menyalurkan kredit itu, bank perlu banyak resource: dia perlu analis kredit, dia perlu marketing kredit, dia perlu macem2 dan semua itu cost, yang semua itu dibayar dari bunga 5 juta itu.

    • 12 September 2020 - (13:57 WIB)
      Permalink

      Serem memang HCI, kasian ayah saya sudah sakit, umur sudah mau 70, diteror terus sama HCI, mau pelunasan di awal malah dipersulit, belum lagi soal denda kwitansi yg 1x angsuran, dahsyat banget HCI ini memeras orang padahal sudah jaman pandemi, sales diawal gak ada informasi apa2, kasian orang tua ditipu diiming2i. Sebelumya selalu bayar tepat waktu tapi giliran telat berapa hari, telponnya masuk terus kaya orang kesurupan gak kenal waktu. TOP memang HCI ini

  • 9 September 2020 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Kejar terus bu home creditnya. Jgn kasih kendor. Tagih janji manis mereka…jgn biarkan mereka menghancurkan hidup ibu. Itu namanya penipuan…

    6
    1
    • 9 September 2020 - (21:44 WIB)
      Permalink

      Waktu buat perjanjian bayar dp 600 rb angsuran 266.rb x12 setelah barang di terima di suruh download app home credit tapi belum bisa terkoneksi pagi nya saya lihat berubah jadi 15 bulan gilaaa sekarang sisa pembayaran terakhir eh di suruh bayar 4++ sama

      • 22 September 2020 - (18:07 WIB)
        Permalink

        Saya malah lebih parah lagi, ketahuan lagi pandemi begini, d suruh lunasin semua. Malah dpt ancaman kalau gk d bayar lunas, bakal d bawa k jalur hukum, duit dari mana coba, aneh bener hci ini, manis di awal, pahit di belakang.

        • 25 September 2020 - (16:29 WIB)
          Permalink

          Sama saya jg begitu di hci. Mengajukan relaksasi TDK di kabulkan bahkan say sdh telat 4 blm. Di suruh lunasi.. hutang 18.jt sdh di angsuran 23bln dr 40. Suruh lusai 17.566.000 Khan gila…
          Uang masuk saya di hanguskan
          Coba gimana solusinya ?
          Sdh minta keringanan jg ngk bisa hrs lunas 17 JT lebih … Lg pademi begini dpt uang dr mana ?

  • 9 September 2020 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Di kontraknya apa ada disebutkan bunga pinjamannya bu? Kl sesuai perhitungan bu siti brarti tanpa bunga ya. Emang ada pinjol yg tidak meminta bunga.

    1
    3
    • 23 September 2020 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Menurut saya ini memang kejahatan intktual. Karena pihak HCI membuat pasal yg sebenarnya kontrakdiktif yg sulit dipahami nasabah dan pihak HCI menjelaskan secara terburu-buru dan kita sebagai nasabah akan sulit untuk mencerna isi pasal perjanjian/kontrak tersebut.

      Adapun pasal yang kontrakdiktif itu adalah
      Mengengai sistem penghitungan bunga pinjaman dan sistem pengalokasian pembayaran cicilan terhadap bunga dan pokok

      Di awal surat perjanjian di tuliskan bahwa suku bunga ?% dengan metode suku bunga tetap. Ini sangat besar di tuliskan di surat kontrak

      Kemudian beberapa pasal kemudian di tuliskan dengan ukuran jauh lebih kecil bahwa pengalokasian pembayaran cicilan dengan sistem metode bunga menurun.

      Tapi saat mereka mengubah sistem bunga tetap ke bunga menurun suku bunga tidak di infokan bahwa suku bunga ikut berubah jadi lebih besar.

      Saya juga terkena jebakan batman. Cukup 1 kali lah sudah

  • 9 September 2020 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Dari beberapa artikel yg saya baca, ternyata memang semua bermasalah dgn pengajuan pelunasan di awal, saya mohon pencerahannya utk konsumen home credit yg pernah mengeluh di media konsumen,dan ditanggapi oleh pihak home credit.Jadi solusi apa yg home credit berikan ?? Soalnya saya juga mau mengajukan pelunasan di awal…mohon pencerahannya …

  • 9 September 2020 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Sekedar membagi pengalaman saja, saya sudah menggunakan pinjaman multiguna hci sudah 2 x dan semua berjalan baik.

    untuk kasus ibu saat ini ,mungkin ibu belum paham mengenai bunga dan jumlah pokok bulanan yg seharusnya ibu kali kan juga apabila ingin melunasinya, jadi apabila melunasi tdk hanya pokoknya saja namun bunga angsuran di tambahkan, sekian semoga bermanfaat

    3
    4
    • 9 September 2020 - (23:56 WIB)
      Permalink

      saya rasa memang benar perhitungannya ibu siti, karena pihak HCI nya sendiri yang bilang kalo pelunasan awal itu yang dibayarkan (jumlah yang diterima – jumlah yang dibayarkan) tambah adm 150.000 sewaktu penawaran awal di telfon, bahkan bu siti nanya 2x dijawab sama. tindakan bu siti tepat sekali, harus tegas tetap pegang penawaran awal dr marketing HCI, toh pihak HCI yang janji manis biar orang terpikat. aku juga pernah di posisi ini. semangat bu siti..

      7
      2
  • 9 September 2020 - (22:03 WIB)
    Permalink

    mohon maaf Bu Siti .ibu salah hitung

    kalo menurut perhitungan Bu Siti benar.

    berarti pihak Home Credit hanya untung 150 rb saja setelah meminjamkan uang Rp 25 jt selama 16 bulan.

    Pokok Rp 25 jt nya dihitung bunga dulu baru dikurangi angsuran yg sudah dibayar.

    3
    2
    • 9 September 2020 - (22:08 WIB)
      Permalink

      Yg bilang pinjaman di HCI itu bagus ,pasti orang yg kerja di HCi
      Hci itu emang kayak gtuh walaupun kita sudah bayar brapa bulan pinjaman pokok ny tetap seperti semula,jd kalau mw pinjam di HCI pikir2 ja dlu ya…
      Dr sekian banyak orang yg pinjam di HCI smuany mengeluh yg tidak mengeluh emank dia sebagai pekerja HCi

      12
    • 9 September 2020 - (23:54 WIB)
      Permalink

      saya rasa memang benar perhitungannya ibu siti, karena pihak HCI nya sendiri yang bilang kalo pelunasan awal itu yang dibayarkan (jumlah yang diterima – jumlah yang dibayarkan) tambah adm 150.000 sewaktu penawaran awal di telfon, bahkan bu siti nanya 2x dijawab sama. tindakan bu siti tepat sekali, harus tegas tetap pegang penawaran awal dr marketing HCI, toh pihak HCI yang janji manis biar orang terpikat. aku juga pernah di posisi ini. semangat bu siti..

  • 9 September 2020 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 3 kali pengajuan di homecredit dan yg terakhir saya lakukan pelunasan diawal seperti yg ibu ini lakukan . Tapi kayanya ibu salah hitung deh . Kalo cara ngitungnya seperti yg ibu jabarkan berarti gk ada bunganya dong . Di dokumen perjanjian kontraknya juga ada kok tata cara pelunasan di awal saya di jelaskan oleh sales hci langganan saya di tangerang .

    Sebelumnya ibu harus tau berapa pokok cicilan ibu dan berapa bunga cicilan perbulannya ?

    – POKOK CICILAN = Jumlah yg ibu pinjam : Tenor yg ibu ambil

    – BUNGA PERBULAN = Jumlah yg ibu pinjam × Bunga perbulannya

    CICILAN PERBULAN = Pokok Cicilan + Bunga Perbulan + 5000 (Admin perbulan atau apalah itu namanya)

    Contoh :
    PINJAMAN : 10 Juta
    BUNGA : 2%
    TENOR : 12 Bulan

    – POKOK CICILAN : 10 JUTA : 12 BULAN = 833.333
    – BUNGA PERBULAN : 10 JUTA × 2% = 200.000

    – CICILAN PERBULAN = 833.333 + 200.000 + 5000 = 1.038.000

    Pelunasan di awal hanya perlu membayar
    Cicilan yg akan jatuh tempo (CICILAN PERBULAN) + (POKOK CICILAN × SISA TENOR) + Adm 150.000

    Misal saya sudah 3 kali cicilan, dibulan ke 4 saya ingin melakukan pelunasan cicilan . Maka yg saya harus bayar adalah berikut :

    1.038.000 (Cicilan bulan ke 4) + (833.333×8) + admin 150.000 = 7.854.600

    Total yg saya bayar ke hci adalah
    Cicilan 3 bulan yg sudah masuk (1.038.000 × 3) 3.114.000 + 7.854.600 (Total pelunasan) = 10.968.600

    Semoga bisa membantu untuk ibu rincikan sendiri . Kalo bisa minta asuransinya di ilangin aja pas pelunasan jadi gk di itung lagi

    Sekian terimakasih

    4
    1
    • 9 September 2020 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Perhitungan Di HCI bukan seperti perhitungan yg kakak rincikan seperti itu,
      HCI itu sudah bnyak melakukan penipuan mulai dari marketing penawarannya,
      Saya juga berpikiran seperti kk perhitungan pelunasan awalnya seperti itu.
      Namun stelah HCI memberikan rincian angsuran saya ternyata dia menggunakan perhitungan anuitas(pokok menurun)atau bila kita mau pelunasan awal di bulan2 awal ,pembayaran angsuran pokok kita hanya berkurang 30%dari angsuran perbulan yg kita bayar,dan 70%nya itu yg kita bayar bunga.
      Jadi apabila kk mau pelunasan awal di bulan ke 4 bukannya 7 jtan tapi kalo perhitungan HCI 11jtan .

      • 10 September 2020 - (00:10 WIB)
        Permalink

        Coba jabarin gimana jadi 11 juta nya . Pake simulasinya yah . Bunga 2% . Tenor cicilan saya 12 bulan .

        • 10 September 2020 - (00:21 WIB)
          Permalink

          Ibu kalo mau minta penjabarannya sama HCI, ibu minta rincian angsuran pembayaran yang ibu bayar setiap bulan,trs sama rincian pelunasan awal bila ibu mau pelunSan awal di bulan ke 4,pasti ibu sangat sangat terkejut.,sama seperti sy dan nasabah flexi flast yg lain.
          Kalo mau simulasi ibu srching aja di google simulasi kredit anuitas bunga 2% .

          • 10 September 2020 - (00:35 WIB)
            Permalink

            Loh mas nya kan tadi bilang hci pake sistem anuitas apalah itu ada pokok berkurang 30% bayar bunga 70%. Itu mas bisa bilang gitu dasarnya apa ?

            Saya minta jabarin kalo hitungan yg saya hitung salah dan yg mas bilang jadi 11 juta itu , mas malah nyuruh saya nanya pihak hci atau searching di google .

            Terus gimana solusinya buat ibu ini kalo ujungnya mas nyuruh nanya ke pihak hci atau cari di google ???

          • 10 September 2020 - (00:56 WIB)
            Permalink

            Intinya ibu rita harus menanyakan kepada hci rincian pelunasan awal pinjaman ibu,
            Solusinya bnyak nasabah hci yg setop membayar

      • 10 September 2020 - (06:55 WIB)
        Permalink

        NgeRIBAnget sistem Anuitas. Bayar bunga dulu baru bayar pokok. Makanya Allah ngelarang RIBA. Hanya menyengsarakan peminjam

  • 9 September 2020 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Kaka saya pinjam hci 20 juta, sudah bayar cicilan masuk 9juta. Minta pelunasan awal disuruh bayar 17.300.000. Dibilang yang sudah dibayar hanya bunganya saja. Berarti 2x lipat, gilaaaaaaaaaaaa
    Bunganya tinggi banget !! Ga kaya di awal bilang pelunasan gampang

    • 10 September 2020 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Stop dan berhentilah berhubungan sama pinjol pinjol gak usah maksain diri sekepepet apapun. Karena mereka bukan jalan keluar yang baik tapi jalan panjang menuju kesengsaraan. Percayalah sekali berhubungan selama hidup anda akan bermasalah. Sayangilah keluarga anda.

    • 2 Oktober 2020 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga pinjaman 20 juta sudah di bayarkan 26 juta tapi harus di lunasin 15 jutaan lagi 😭😭😭

  • 10 September 2020 - (02:13 WIB)
    Permalink

    Itulah akibatnya kalo ngeRIBA yg memang haram hukumnya krn memang merugikan, menyengsarakan dan membuat gelisah. Allah SWT akan memerangi para pelaku RIBA dan memusnahkan hartanya. Oleh krn itu mari kita jauhi RIBA. Mudah2an kita semua dijauhkan dr jeratan RIBA.. #ngeRIBAnget

    • 10 September 2020 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf perhitungan pinjaman uang dengan bunga ( total pembayaran )
      Tenor 18 bulan hampir 2x lipat.
      Pengalaman dengan BFI angsuran 460.000 x 18 bulan ( pinjaman dana 5.000.000 ) = 8.280.000 total yang harus dibayarkan .

      Untuk ibu jumlah tenor 16 bulan
      16 x Rp1.628.100 = Rp22.793.400 +Rp19.000.000an ( pelunasan awal )
      Total yang harus dibayar Rp.41.739.400-an termasuk
      Bunga dsb ( keuntungan pihak kreditur / pemberi kredit ) dan perlindungan asuransi aman.

    • 24 September 2020 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Ya @Donnie HCI ternyata kaga terdaftar di daftar Fintech yang legal di OJK,,saya barusan udh liat juga,,kaga ada nama HCI,,parah ternyata HCI PENIPU kaga terdaftar di OJK

  • 10 September 2020 - (09:05 WIB)
    Permalink

    hukum nya yang berlaku saat ini :
    Syarat gampang = bunga tinggi contoh nya pinjol
    Syarat rumit = bunga kompetitif contoh bank.

    besok lagi buat kesepakatan di atas materai untuk perhitungan pelunasan dengan marketing nya kalau perlu rincian cicilan perbulan sampai lunas dari situ ketahuan sistem nya pakai anuitas atau bungan flat. Kalau cuma by omongan tanpa bukti tidak akan kuat ketika kita fight dengan mereka.

  • 10 September 2020 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Setuju sekali dengan kalimat2 yang di atas di komen di atas saya.

    Kalau dapat duit (pinjaman) cuma modal klik2 di HP, pasti bunga tinggi & kalau mau ubah2 pelunasan (maju ataupun mundur) bakal rumit/dipersulit

    Sebaliknya, kalau untuk dapat duit (pinjaman) nya susah, mesti banyak syarat maupun surat2, itu ntar bunga “normal” & sudah jelas segala ketentuan maupun persyaratan kalau mau pelunasan awal; kalau mau mundur pun relatif lebih gampang nego nya.

    Jadi, ketika butuh duit pinjaman, silakan pilih sendiri, mau yang mana.
    Mikir bener2 di depan, jangan sampai bingung/paniknya di belakangan.

  • 10 September 2020 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Inti nya gini saja.. kalau hci itu gak usah di bayar.. bunga sudah gede nelpon pun kayak gak tau jam untuk menagih.. pagi siang malam subuh.. biadab bukan… keringanan pun juga tidak ada.. lebih baik gagal bayar.. biar dia gugatan di pengadilan..

  • 10 September 2020 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Setuju Banget Untuk Pak Sjamsiah, Gagal Bayar Sekalian Aja, Kita dah mengajukan Relaksasi dari awal Pandemi Ndak ada Realisasi Yang Membantu, malah jawaban Anda Bukan Kreteria Berdampak Covid, Padahal sudah 3 kali saya Pengajuan HCI keduanya Lancar tanpa Halangan, Giliran Kita Kesusahan pinjaman yang ketiga Gabay pihak HCI terus Meneror Telpon Pagi, siang, sampai Pagi Lagi, bahkan Hari Minggu Pun Ditelpon Gila Bener HCI, Padahal Pinjaman ketiga ini Saya sebelumnya lancar bayar sampai angsuran ke 16 tenor 34, Giliran Bulan April Pandemi Muncul Kita Gabay, Bahkan Sampai Bulan Ini, sy dapat SMS harus Bayar sisa Hutang 14jtan Lebih Dengan Pinjaman awal 13jt. GILA BENER HCI.
    Yang Penting Prinsip Saya Lebih Baik Malu Sesaat Dari Pada Sakit.

    • 24 September 2020 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Sama saya ada jg pinjaman 18jt, tenor 40bln bln April masuk cicilan 23x cicilan per bulan 1.032.700 dr pandemi SDH tiap bulan mengajukan relaksasi ngk di kabulkan sampai sekarang di putus cicilan hrs lunasi 17.566.000.
      Minta keringanan malah di suruh cari pinjaman….
      Bener berner lintah darat

  • 16 September 2020 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Perlu diketahui bahwa pelunasan di awal atas cicilan akan jauh lebih besar kita bayar daripada membayar secara teratur setiap bulan sampai lunas. Kenapa? Karena pelunasan awal ada penaltinya (hukuman). Serta ada perhitungan sendiri yang berbeda dg perhitungan secara reguler (membayar sampai habis waktunya). Lagi pula dalam perjanjian disebutkan nasabah akan membayar sacara teratur setiap bulannya sampai habis waktunya. Tidak ada disebutkan membayar setengah jalan baru bayar sekali gus sisanya. Habis. Kalau ada seperti itu berarti pelanggaran dong.

    • 23 September 2020 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Ada di sebutkan mengenai pelunasan di awal. Mulai dari team marketing kita menggaet nasabah di jelaskan berulang ulang kalau dengan sistem bunga tetap pelunasan di awal akan lebih mudah tinggal bayar sisi pokok + 150.000(biaya adm)

  • 23 September 2020 - (14:32 WIB)
    Permalink

    kena jebakan ….biasanya consumen malas baca isi perjanjian nya yang beratus lembar. langsung tandatangan aja. yang penting duit cair.
    giliran di akhir baru sadar..

  • 24 September 2020 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Tidak masuk akal kalau perhitungannya : jumlah yang diterima – jumlah yang dibayarkan) + adm Rp 150.000. Kalau jumlah yg dibayarkan lebih besar bagaimana? Minus dong. Sedangkan kredit pasti lebih mahal dari uang yg diterima karena adanya bunga.

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Miris! Perhitungan Pelunasan Awal Kredit Multiguna Home Credit Indones…

oleh siti dibaca dalam: 2 min
45