JD.ID Tidak Memproses Refund dan Menggantung Status Konsumen

Salam sejahtera untuk Media Konsumen,

Saya ingin menceritakan kemalangan dan kerugian yang saya alami akibat transaksi online yang saya lakukan di JD.ID. Ada 3 transaksi yang saya lakukan sebagai berikut:

  1. Nomor Pesanan: 1028924918 dengan nominal Rp2.006.180
  2. Nomor Pesanan: 1029379691 dengan nominal Rp2.000.000
  3. Nomor Pesanan: 1029840940 dengan nominal Rp2.178.000

Ketiga pesanan saya merupakan pesanan untuk kamar hotel, dimana JD.ID bekerja sama dengan Traveloka untuk layanan ini.

Saya kemudian melakukan pembatalan hotel (Sesuai kebijakan Free Cancelation) pada tanggal 19 Agustus 2020 di aplikasi Traveloka sesuai prosedur yang berlaku. Proses sangat cepat di pihak Traveloka yaitu cuma 2 hari. Setelah 2 hari, dana sudah dkembalikan ke pihak JD.ID, yaitu tanggal 25 Agustus 2020 dikarenakan Sabtu/Minggu tidak terhitung.

Saya pribadi sudah mengecek ke Traveloka untuk memastikan refund saya, dan pihak Traveloka menyatakan kalau dana sudah 100% kembali ke pihak JD.ID. Di status JD.ID sendiri pada menu pesanan saya sudah tertulis “Refund Sedang Dalam Proses” sejak tanggal 25 Agustus 2020.

Namun hingga hari ini (10 September 2020) dana saya untuk 3 nomor pesanan itu belum juga kembali. Saya sudah berkali-kali (mungkin sudah lebih 20 kali) mengajukan komplain ke JD.ID baik lewat telepon, live chat, email, dan whatsapp. Tapi JD.ID selalu menyuruh saya untuk menunggu 2×24 jam, setelah 2×24 jam, saya hubungi lagi, dan disuruh lagi tunggu 2×24 jam. Ini terus menerus terulang hingga hari ini, surat ini saya tulis.

Mungkin bagi JD.ID nominal transaksi saya tidak seberapa, namun nominal ini amat sangat berarti untuk saya. Saya mohon dengan amat sangat JD.ID tolong kembalikan uang saya. Ini uang saya, hak saya. Saya merasa sedang “dirampok” oleh JD.ID karena pihak JD.ID tidak memproses refund saya sama sekali. Saya sangat butuh uang saya. Tolong JD.ID kembalikan uang saya!

Kalau memang JD.ID tidak mau mengembalikan dana dari transaksi yang dibatalkan, tolong jangan buat menu refund. Ini namanya penipuan!

Tjia Elmy Samer
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:2    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Tjia Elmy Samer

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Tjia Elmy Samer pada hari Sabtu, 12 September 2020...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

JD.ID Tidak Memproses Refund dan Menggantung Status Konsumen

oleh Elmy Samer dibaca dalam: 1 min
0