Masih Bisakah JNE Diandalkan?

JNE merupakan salah satu perusahan besar di Indonesia yang bergerak di bidang jasa. Lebih tepatnya bergerak di Jasa Pengiriman yang melayani rute di seluruh Indonesia. Bisa dikatakan “sudah lama dan berpengalaman” lantas tidak menjadikannya Perusahaan Jasa yang selalu menjadi andalan/favorit bagi pegiat jual beli online via Marketplace maupun orang-orang yang ingin mengirimkan suatu barang ke saudara, teman, atau yang lainnya.

Seperti halnya saya, sebagai pecinta otomotif tidak jarang memanfaatkan marketplace sebagai sarana mencari sparepart untuk motor saya yang tidak tentu ada di daerah saya tinggal, dan benar saja JNE saya percayakan untuk mengirimkan barang yang saya beli dari salah satu marketplace (karena pihak pelapak hanya punya 1 pilihan yaitu JNE). Bayangan saya JNE konsisten dan selalu tepat waktu seperti dulu saat terakhir kali saya menggunakan jasanya, namun ternyata apa yang dikatakan banyak orang baru-baru ini terbukti dan saya sendiri yang membuktikannya.

Dari Jakarta menuju Blitar dengan nomor resi (8825112022078066) terhitung per tanggal 14-9-2020 sampai dengan saat ini 22-9-2020, barang yang saya beli masih berada di Jakarta (melebihi estimasi yang ditawarkan oleh JNE REG). Belum lagi pihak kurir masih butuh waktu juga untuk mengangkut ke Blitar ke kota saya. Padahal seharusnya barang sudah saya pegang hari ini jika pihak petugas JNE benar benar serius bekerja. Karena menurut saya barang hanya diam dan belum dikirim dalam waktu 1 minggu itu tidak seharusnya terjadi di perusahaan sebesar JNE.

Usaha mengirim email kepada JNE pun atas keluhan saya tidak ada jawaban. Alhasil motor saya lebih lama lagi terbongkar di bengkel menunggu barang yang dibawa oleh pihak JNE.

Semoga ke depannya JNE memperbaiki citranya dengan memperkerjakan SDM yang benar-benar siap kerja dan memiliki etos kerja yang tinggi. Harapan kedua saya semoga barang yang masih diam ditempat segera beranjak dan segera saya terima, jangan sampai hilang di tengah jalan.

Abid Alhamdani
Blitar – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:39    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Abid Alhamdani

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 23 September 2020 berjudul “Masih Bisakah JNE Diandalkan”,...
Baca Selengkapnya

Loading...

15 komentar untuk “Masih Bisakah JNE Diandalkan?

  • 23 September 2020 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin om…untung saya dah lama pensiun pakai JNE
    Sekarang pakai Expedisi singa terbang
    Alhamdulillah lebih cepat murah aman
    🙏🙏🙏

    • 23 September 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Terimakasih gan, begitu banyaknya jasa pengiriman di Indonesia sebenarnya bisa dijadikan ajang pembuktian bagi Perusahaan. Siapa yang lebih baik dan bersaing secara sehat tanpa menjatuhkan. Biarkan konsumen yang menilai. Banyak pro dan kontra jika membahas Perusahaan yang saya maksud dan itu wajar. Ada yang bilang cepat, aman dan juga sebaliknya. Alangkah baiknya pelayanan disamaratakan di semua kantor cabang / agen, disesuaikan dengan opsi pengiriman yang dipilih oleh konsumen. Yaah semoga saja kedepannya semakin baik, karena pihak jasa tidak pernah tau barang yang dikirim bersifat bagaimana, mungkin barang santai atau bahkan urgent/mendesak bagi si penerima. Meskipun pihak pengirim sudah memilih opsi pengiriman yang tercepat, membayar lebih mahal, namun di lapangan banyak kok yang diluar estimasi, dan sangat disayangkan sebenarnya.

      • 23 September 2020 - (13:30 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut saya, merk ekspedisi yang mana yang bagus/cocok untuk seorang konsumen itu separo untung2an/hoki2an & separo penelitian.

        Kenapa untung2an? Ya karena contohnya di kasus Anda ini, diam aja di kota asal pengiriman. Ini mah pasti ada yang gak beres, karena biasanya permasalahan adalah di tengah jalan (dalam perjalanan ataupun tempat transit) atau di kota tujuan (tidak di-antar2 ke alamat tujuan).
        Kalau berhenti di kota asal, bahkan sampe 1 minggu, biasanya sih hilang…
        Tapi bisa jadi juga tracking-nya yang kurang/gak update. Cuma kalau CS-nya juga gak ada jawaban, yah entah lah.

        Na yang penelitian, konsumen sendiri yang mesti tahu di daerahnya ekspedisi yang bagus servisnya apa, yang jelek/malas2an apa. Karena setiap daerah/kota beda2, di tempat saya ekspedisi A no problem sementara yang komplen di media banyak bener. Sebaliknya ekspedisi A tersebut saya tahu bahwa kalo dibuat kirim ke kota B bakal bermasalah (lama), karena saya pernah mengalami sendiri. Jadi kalau saya kirim ke kota B, saya pilih ekspedisi lain (bukan ekspedisi A), walaupun ekspedisi A tersebut kalau cuma sekedar dari Jakarta ke alamat saya pasti lancar.

        • 23 September 2020 - (13:50 WIB)
          Permalink

          Iya gan benar sekali, memang kalo bicara soal jasa pengiriman itu agak gimana gitu ya, soalnya tiap pribadi punya pengalamannya masing saat memilih jasa pengiriman. Yaa semoga saja untuk paketan saya ini hanya bermasalah di tracking nya saja yg telat update dan aslinya paketan barang saya tetep jalan. Jadi PR juga tuh gan untuk Perusahaannya bagaimana pemerataan kualitas servis petugasnya di setiap daerah. Biar tidak terjadi “Di sini cepat, Di sana lambat” .

          • 24 September 2020 - (06:34 WIB)
            Permalink

            Jne kurirnya pemalas …saya dah 8 kali orderan gagal belanja online lazada padahal sebelum lazada menggunakan ninja atau jnt nggak ada masalah sekarang dengan jne masalah terus komplain seribu kali pun respon nya malah nyalahin alamat lah no tlp lah ..penerima menolak lah…padahal saya dah ratusan kali belanja online dengan alamat tetap…

      • 25 September 2020 - (07:34 WIB)
        Permalink

        Kalo saya mohon mangap 😀 walaupun selisih harga jauh lebih murah tetapi kalo pilihan kirinya cuma JNE pasti saya blacklist seller

      • 25 September 2020 - (08:46 WIB)
        Permalink

        Saya sudah 2x kejadian sampai barang diluar estimasi, udah komplain minta kompensasi ga dijawab sama CSnya. Padahal sengaja pilih yg paling mahal karena paketnya urgent/butuh segera. Pertama kirim dokumen, nyampenya seminggu Dari estimasi 2-3 hari, kedua kirim makanan, nyampenya 5 hari, makanannya udah busuk pas paket diterima. Saya sudah stop pake JN#, ogah pokoknya, mending pake yg lain.

  • 23 September 2020 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Sama gan, saya juga seller di marketplace, Customer saya pada ngeluh minta di bantu, JNE parah, saya sudah komplain by phone, email, tidak ada tanggapan, saya coba ke Official social media nya facebook busettt ternyata bukan cuman saya aja yang mengalami, tapi ada ratusan orang yang komplain sama kayak saya,

    Harusnya JNE tau dalam berbisnis itu ada namanya kompetitor,

  • 24 September 2020 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Mau pakai ekspedisi apapun kemungkinan barang terselip, atau mungkin lupa ke tracking itu pasti ada. Karena apa? Pegawainya hanya MANUSIA, yang tidak luput dari yang namanya “Salah”. Kesalahan bisa karena sengaja maupun tidak sengaja. Karena proses orang yang terlibat di ekspedisi ini banyak sekali. Dari pergantian dari karyawan Gudang, Sopir, hingga kurir.

    Mau itu JNE, J&T,SiCepat, Pos, dll. Tidak ada yang bisa menjamin tidak ada kesalahan.

      • 24 September 2020 - (06:38 WIB)
        Permalink

        Bahkan bukan hanya di cilacap mojokerto cikarang ..saya perantauan kadang butuh barang tak tau tempat solusinya belanja olshop ujungnya jne yang nganter selalu bermasalah sedangkan alamat dan no tlp bener

  • 24 September 2020 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saya salah satu penjual di market place, sedikit informasi , untuk status pengiriman JNE lambat update, bisa dilihat via webstite Google, salin nomor resi yg ada distatus pesanan, berdasarkan pengalaman expedisi JNE memang lama dibanding yg lain, sampainya bahkan bisa melebihi estimasi waktu pengiriman, entah itu faktor SDM nya atau manajemen pengirimannya saya tidak tau, dan saya sudah menonaktifkan jasa kirim JNE.

  • 24 September 2020 - (19:52 WIB)
    Permalink

    maaf sebelumnya…. iseng² saya cek no RESI yg anda cantumkan di atas. barang baru terinput tgl 15, bukan tgl 9 sprti yg anda katakan. dan paket pun sudah terkirim dan diterima ybs.
    maaf kalau saya salah

  • 24 September 2020 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Betul paket sudah saya terima, pihak JNE jg meminta maaf atas keterlambatan saat proses pengiriman. Penjual ngasih paketan yg saya beli tgl 14 ke JNE, JNE mulai input tgl 15 (hanya input), tgl 22 baru bergerak statusnya (dikirim setelah kurleb 7 hari digudang). Tgl 24 sampai di kota saya. Kurir bilang jika memilih servis JNE REG cashless, paket “disamakan” dg JNE TR karena pihak pengirim tidak bayar dimuka (saat penyerahan barang) meskipun memilih servis JNE REG namun cashless. Berarti kesimpulannya ada uang dimuka baru segera diproses walapun biaya ongkirnya sama dengan JNE REG.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Masih Bisakah JNE Diandalkan?

oleh Abid dibaca dalam: 1 min
15