Sertifikat PraKerja Tertahan oleh Tokopedia

Saya peserta pelatihan PraKerja gelombang 4 yang telah menyelesaikan pelatihan dan semua persyaratannya. Pelatihan Adobe Ilustrator dari Sekolah Desain telah selesai tanggal 28 Agustus 2020, sertifikat dikeluarkan oleh Sekolah Desain tanggal 2 September dan telah dikirimkan ke Tokopedia.

Sejak tanggal 5 September 2020, saya sudah menghubungi Tokopedia perihal sertifikat yang belum muncul di dashboard PraKerja via pusat bantuan Tokopedia serta email, tapi gak pernah ada respon dari pihak Tokopedia.

Tanggal 18 september saya coba hubungi kembali Tokopedia melalui email dan messengger. Karena gak ada tanggapan, terpaksa saya hubungi semua akun Sosial Media Tokopedia seperti FB, Instagram maupun Twitter dan baru ada tanggapan. Sayang hanya sebatas jawaban robot.

Tokopedia minta saya mengirimkan bukti invoice transaksi, dan telah saya kirim.

Tokopedia Cetak Print
Invoice Kartu Prakerja
Invoice ini merupakan bukti pembayaran yang sah, dan diterbitkan atas nama Partner:

Nomor IVR/20200824/XX/VIII/487703352
Tanggal 24 Agu 2020 09:14
Status Transaksi berhasil
Metode Pembayaran Kartu Prakerja
Harga Rp 75.000
Kode Voucher A01J1LiKV901
Total Bayar Rp 75.000

Namun balasan yang saya terima sangat mengecewakan, Tokopedia seolah lepas tanggung jawab dan cuci tangan atas kesalahan di dalam sistemnya sendiri.

Hai kak, maaf atas keterlambatan respon dari kami. Rhema infokan Sertifikat Prakerja akan diberikan maksimal dalam 7×24 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan libur nasional) setelah penyelesaian pelatihan dan memberikan rating serta ulasan, silakan cek secara berkala pada website Prakerja ya. Proses verifikasi dilakukan oleh Tim Prakerja secara manual sehingga penginputan sertifikat dari pihak Prakerja berpotensi mengalami keterlambatan. Apabila sudah melebihi batas waktu tersebut silakan Kakak bisa langsung menghubungi pihak Prakerja ke contact center:
Email : info@prakerja.go.id
Call center : 021-25541246
Jam operasional Call Center: Hari Kerja Senin – Jumat, pukul 08.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB. Thanks 🙂

Bahkan muncul balasan yang lebih mengecewakan dari CS Toped:

Hai Kak, maaf atas keterlambatan responnya ya, Rusli akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan kendala Kakak, mohon kesediannya untuk menunggu dulu ya Kak maksimal 29 September 2020, dikarenakan proses verifikasi dari Tim Prakerja masih dilakukan secara manual, jadi kemungkinan berpotensi mengalami keterlambatan, apabila sudah melebihi batas waktu yang diinfokan Kakak bisa langsung menghubungi pihak Prakerja di contact center :
Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja
info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat:
021-25541246
Jam operasional Call Center:
Hari Kerja Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB
Semoga info dari Rusli dapat membantu ya Kak. Terimakasih

Sejak kemarin semua laporan ditutup (Case Closed) sepihak oleh Tokopedia tanpa ada penyelesaian masalah sama sekali.

Puluhan ribu peserta PraKerja gelombang 4 yang sertifikatnya masih tertahan di Tokopedia tanpa ada kejelasan kapan sertifikat akan muncul di dashboard.

Kuntolo Herubroto
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Sertifikat PraKerja Tertahan oleh Tokopedia

    • 24 September 2020 - (02:17 WIB)
      Permalink

      Lebih baik cari penyedia platform yg lain, begitu juga untuk belanja online, Toped paling lemah dan terkesan gak peduli untuk melindungi hak-hak konsumen yg ditipu seller-sellernya.

  • 23 September 2020 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Katanya bukalapak lebih bagus kalo utk pelatihan prakerja dan ga ribet. Benar ga, infonya?

    • 24 September 2020 - (02:10 WIB)
      Permalink

      Hampir semua platform penyedia pelatihan ada masalah di sistemnya. Tapi untuk kecepatan dan ketepatan melayani keluhan konsumen Toped berada di peringkat terbawah dibanding Aplikasi Olshop lainnya.

    • 24 September 2020 - (02:14 WIB)
      Permalink

      Katanya dari tgl 2 dah dikirim ke Toped, kemudian tgl 17 kirim ulang data ke Toped, ternyata semua BOHONG.
      Pantes di DM gak pernah mau respon. Ternyata @SekolahDesain sengaja nunggu dibongkar semua kebobrokannya ke publik, baru mau respon… 🤣🤣🤣🤣

  • 23 September 2020 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Selamat Malam….
    Sy membeli pelatihan prakerja semua-nya(4 pelatihan) di tolopedia dan bukan tanpa masalah tapi semua masalah dapat terselesai-kan dg baik dan cepat…
    Artinya dalam menyikapi suatu permasalahan harus tau dulu salah nya di mana dan kemana jalur untk penyelesaian-nya…

    • 24 September 2020 - (02:04 WIB)
      Permalink

      Persoalan gak semudah teori anda, bila pihak Sekolah Desain dan Tokopedia mau merespon dengan baik semua keluhan maka saya gak akan menulis disini. Kedua pihak terkesan gak peduli dan saling lempar tanggung jawab, dan PMO Prakerja yg dijadikan kambing hitam

      • 29 September 2020 - (23:59 WIB)
        Permalink

        Tau email toped gak? Atau apapun yg bisa dihubungi soalnya saya mau complain. Saya udah menulis ulasan tapi masih belum centang hijau

    • 24 September 2020 - (02:07 WIB)
      Permalink

      Belum pernah sekalipun keluhan ataupun komplen saya diselesaikan dengan baik oleh pihak Tokopedia.
      Setiap komplain yg saya dapat hanya jawaban robot, mengulur-ulur waktu dan cases closed sepihak dari Toped tanpa ada penyelesaian masalah sama sekali.

  • 24 September 2020 - (02:27 WIB)
    Permalink

    Saya ucapkan terima kasih ke admin Media Konsumen atas diloloskannya surat pembaca ini.
    Setelah surat pembaca ini diposting, Alhamdulillah CS Tokopedia mau menunjukkan itikad baik menyelesaikan masalah sertifikat prakerja saya yang tertahan.
    Biasanya CS Tokopedia selalu membalas email secara robot tanpa membaca keluhan konsumen dan terkesan gak peduli, pukul 20.43 CS Toped menghubungi saya via telpon dan via email. Pihak Toped berniat untuk selesaikan masalah dengan baik.
    Saya dijanjikan paling lambat tgl 2 Oktober 2020, sertifikat sudah ada di dashboard prakerja. Saya berharap @Tokopedia benar-benar menepati janjinya.
    Terima kasih.

  • 24 September 2020 - (02:55 WIB)
    Permalink

    Gmana carax mengganti email… Alx email yg di kartu prakerja beda sama yg dikartu prakerja sama di sertifat lain…padahal sertifikat dah keluar tp gak ada di dashboard … MohonsolusinyA

  • 24 September 2020 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Toped parah..istri w bli platihan prakerja..sampai skarang gk ad tanggal untuk platihannya kapan..udh lebih 2 minggu..bli platihan lain pun gk bisa krn platihan masih aktif..krim komen yg bales robot..gimana mau dapat sertifikat klo kya gitu..

    • 24 September 2020 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Tulis keluhan di surat pembaca, biar ada respon dari Tokopedia. Hari ini sertifikat saya muncul di dashboard prakerja. Kebohongan ada di @sekolah desain dan @Tokopedia, data baru dikirim ke PMO tanggal 23 September, setelah surat pembaca di loloskan admin media konsumen.

  • 24 September 2020 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan perusahaan sekelas @Tokopedia terlalu memandang rendah/meremehkan konsumennya. Harus menunggu dibuka aibnya ke publik baru mau memberi respon dan menyelesaikan permasalahan yang bersumber dari kesalahan internal pihak @Tokopedia sendiri. Semakin banyak konsumen yang dikecewakan dengan sistem di CS Tokopedia, maka akan semakin banyak calon konsumen beralih ke Aplikasi lain.

    Kenapa harus menunggu konsumen yang kecewa menulis surat pembaca dan buka aib @Tokopedia, baru ada respon dari CS Tokopedia ????

    Kegagalan rekrutmen dan sistem di @Tokopedia sungguh keterlaluan dan konsumenlah yang menjadi korbannya

  • 25 September 2020 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga sampai sekarang sertivikat saya belum muncul juga di dashboard saya sudah menyelesai pelatihan dari tanggal 17 agustus sampai sekarang belum muncul juga sertivikat ya
    Saya dh email tokopedia cuman saya dapat cuman jawaban robot dan saya juga sudah hubungi kelas com
    Dari kelas com lagi memproses permasalahan saya ini terkait dengan sertivikat
    Mohon buat tokopedia memberi jawaban ya

  • 30 September 2020 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Tau email toped gak? Atau apapun yg bisa dihubungi soalnya saya mau complain. Saya udah menulis ulasan tapi masih belum centang hijau

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Sertifikat PraKerja Tertahan oleh Tokopedia

oleh Koens dibaca dalam: 2 min
21