Servis 2 Kali di ASUS Service Center, Smartphone Asus ROG Phone II Tak Kunjung Membaik

Semenjak 5-6 bulan yang lalu, smartphone saya (Asus ROG Phone II ZS660KL) mulai mengalami kendala auto-restart yang kadang dilanjutkan dengan notifikasi charging port temperature. Gejalanya bisa muncul tiba-tiba, bahkan jika smartphone tidak terkoneksi dengan kabel sama sekali. Saya memutuskan untuk membawa smartphone ke ASUS Service Center Denpasar karena masih dalam masa garansi.

Proses servis pertama memakan waktu 5 hari, yang penanggulangannya berupa reinstalasi firmware. 1-2 bulan kemudian, smartphone masih mengalami kendala yang sama. Saya bawa kembali ke service center yang sama, serta saya jelaskan bahwa pernah reinstalasi firmware dan notifikasi charging port tidak akan hilang kecuali di-restart kembali, yang menunjukan bahwa charging port-nya sendiri tidak memiliki masalah.

Saya juga menyatakan bahwa saya masih bisa mengecas dan men-transfer data seperti biasa. Mereka tetap memutuskan untuk mengambil smartphone beserta charger dan kabel untuk servis. Sesaat waktu pengambilan, 5 hari setelah servis, saya tanyakan mengapa saya pernah datang dengan alasan yang sama namun tidak ada tanda-tanda yang membaik. Alasan dari mereka karena sistem dari ASUS tidak menunjukan kejanggalan, maka dianggap telah diperbaiki.

Penanggulangan servis kedua dari mereka yaitu reinstalasi firmware lagi dan rekoreksi USB port, seperti mengecek, membersihkan, dan kalau perlu mengganti thermal paste. Walaupun saya sudah nyatakan kemungkinannya kecil kerusakan diakibatkan oleh charging port.

Kendalanya masih berulang hingga Oktober kemarin, yang akhirnya tanggal 20 saya bawa ke service center yang sama. Saya jelaskan semuanya serta pernyataan dari mereka bahwa sistem ASUS tidak menunjukan kejanggalan, jadi saya berprasangka bahwa smartphone saya faulty. Saya tanyakan kali ini apa langkah mereka agar smartphone saya bisa diperbaiki.

Akhirnya setelah pertemuan yang ke-3 mereka memutuskan untuk mengganti sparepart, yang memakan waktu 1-14 hari untuk pemesanan dan 1-5 hari untuk servis tidak termasuk tanggal merah. Sampai sekarang, status di web sama sekali belum update, dan akhirnya saya sempat menelpon ke call center kemarin untuk menanyakan perihal tersebut. Ternyata dari mereka juga mengalami kendala, sehingga pemesanan sparepart baru dapat dilakukan 2 hari setelah saya memberikan smartphone untuk diservis, yang tidak sesuai dengan janji dan pernyataan mereka.

Dear ASUS, mengapa perlu saya datang sampai ke-3 kali baru ditanggapi dengan pergantian sparepart, di saat brand lain ada yang berani mengganti dengan unit baru hanya pada pertemuan pertama? Jika perangkat masih bermasalah hingga 5 kali saya servis, apakah langkah penanggulangan ASUS tetap untuk mengganti sparepart dan reinstalasi software?

Saya mohon kejelasan dari ASUS, karena saat saya tanyakan ke operator di service center juga melalui call center mereka hanya dapat memberitahukan masalah ini ke pusat. Tidak ada penjelasan apa-apa seperti proses apa yang dilakukan atau sparepart apa yang diganti. Yang mereka katakan hanya, “jika smartphone masih berkendala, karena servis sudah tercatat oleh sistem, dapat dibawa kembali untuk servis dan diambil langkah selanjutnya.”

Kenapa anggapan tersebut tampak seperti menyatakan bahwa selama saya masih dalam jangka garansi saya tidak perlu cemas, padahal saya membuang-buang waktu untuk pulang pergi ke tempat servis, bahkan menunggu proses servis dan pemesanan sparepart yang kemarin sempat tertunda 2 hari karena kesalahan sistem ASUS sendiri?

Sekian. Terima kasih.

Amadeus Veda Kanaka
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ASUS:
[Total:15    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Servis 2 Kali di ASUS Service Center, Smartphone Asus ROG Phone II Tak Kunjung Membaik

  • 8 November 2020 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Lama sekali servicenya. Kalau merk Korea bisa ditunggu langsung selesai. Kalaupun part ga ada paling nunggu 1-2 hari.

    • 8 November 2020 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Kl udah tahu ASUS gak bagus after sale nya .. ganti merk lain yg udah pasti kualitas nya bagus .. mahal sedikit tp gak di bikin ribet dan gak buang2 wkt dan tenaga buat mondar2ir gak jelas hsilnya dan ttp sll bermasalah .. buang dan ganti baru yg udah jelas kualitasnya ..

      • 8 November 2020 - (15:15 WIB)
        Permalink

        Iya kapok saya. Kemarin sy kira ASUS merk bagus, krn pernah keluarga dulu pake ga ada mslh. Laptopnya jg pernah pake tanpa kendala selama 3 tahun. Baru tau ternyata after-sales nya kaya gini. Mungkin lain kali gantinya ke merk korea atau merk berlogo apel…

  • 8 November 2020 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Hm, nampaknya memang perlu diwaspadai HP merk yang 1 ini.
    Servis (mungkin) boleh “bagus,” tapi kelihatannya ada potensi masalah di ketersediaan spare parts. Kemarin2 rasanya juga ada surat yang mirip2 kendalanya.
    Padahal yang kena masalah adalah tipe “mahal” nya.
    Sementara pangsa pasar tidak terlalu besar (bukan tergolong merk yang top2 selling), tapi sudah susah menjamin ketersediaan spare parts.
    Jadi memang pantas kalau pangsa pasar tidak bisa terlalu besar. Tidak mampu atau tidak ada kemauan?

    • 9 November 2020 - (16:55 WIB)
      Permalink

      pengalaman yang sama , kalo saya laptop gaming nya , jadi memang sevice center itu tidak punya stok sparepart hardware jadi sebisa mungkin yang di betulkan itu softwarenya. kalo kita udah berkali2 datang baru lah ada gerakan untuk ganti hardwarenya.

  • 9 November 2020 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Pantesan susah laku meskipun produknya sangar. Ternyata service centre nya melempem.

  • 25 November 2020 - (12:56 WIB)
    Permalink

    kayaknya kl dr segi kualitas kurang intuk merek ini,
    istri saya pake rog 2 cuma jatoh 30cm udah pake pelindung layarnya langsung retak,
    retakannya jd item trus ngerembet ke seluruh layar kaya angus gitu
    ujung2 nya service dan lumayan mahal harga layar 1 set
    dan untuk kendala sering restart pernah 1 atau 2 x beberapa bulan terakhir

 Apa Komentar Anda mengenai ASUS?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Servis 2 Kali di ASUS Service Center, Smartphone Asus ROG Phone II Tak…

oleh Second dibaca dalam: 2 min
9