Kehilangan Saldo di Rekening Tabungan BRI Tanpa Sepengetahuan Saya

Saya Yuga Siswanto, ingin melaporkan kehilangan saldo sejumlah Rp5.000.000,- di rekening BRI tanpa sepengetahuan saya pada tanggal 28 September 2020, pada saat saya sedang WFH dan menjaga anak usia 1 tahun, dan istri sedang bekerja.

Kejadian kehilangan saldo di rekening BRI terjadi pada sore sekitar pukul 16.27, saya mendapat notifikasi melalui SMS banking dan saya cek rekening melalui aplikasi Internet Banking BRI telah dilakukan pendebitan saldo sebesar Rp5.000.000,- (penarikan Rp2,5 juta sebanyak 2 kali), sehingga saldo saya berkurang dan menyisakan saldo sekitar Rp1 juta di rekening.

Pada saat itu juga saya langsung menelepon call center BRI untuk memblokir Rekening ATM dan Internet Banking. Karena kejadian terjadi pada sore hari, maka saya menindaklanjuti laporan kehilangan saldo pada hari Selasa, 29 September 2020 di BRI Cabang Rawamangun dengan mengganti kartu ATM Lama berwarna hijau menjadi Kartu ATM berwarna Silver.

Sudah satu bulan lebih telah berlalu tetapi dari pihak BRI masih mengatakan masih dalam proses. Oleh karena itu pada tanggal 6 November, saya mendatangi CS BRI di kantor pusat untuk menindaklanjuti laporan kehilangan Saldo.

Berdasarkan keterangan CS, bahwa penarikan tersebut sukses dan menjadi tanggung jawab pemegang kartu. Keterangan dari CS tsb saya tidak dapat terima karena kehilangan saldo dilakukan tanpa sepengetahuan saya dan kartu ATM ada di saya pada saat itu.

Kemudian dari pihak CS BRI akan coba membantu untuk menyelidiki melalui tim FBI BRI dengan memeriksa CCTV ATM Merah Putih di Abdullah Syafeii Bank Mandiri dan dikenai biaya sebesar Rp250.000,-.

Tanggapan BRICare utk memeriksa cctv
Tanggapan BRICare untuk memeriksa CCTV

Tanggapan BRICare untuk memeriksa CCTV dan pada tanggal 9 November 2020, saya mendapat SMS dari BRIINFO bahwa pengaduan saya berdasarkan penelitian BRI, transaksi tsb normal atau sukses.

Yang menjadi pertanyaan saya terhadap SMS BRIINFO, apakah dalam penelitian tsb sudah dilakukan pemeriksaan CCTV dan tanggapan dari nasabah? Akibat hal tersebut, saya merasa dirugikan sebagai nasabah bank BRI karena kehilangan saldo tanpa sepengetahuan saya. Padahal rekening pada saldo tersebut merupakan sumber penghasilan utama dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari keluarga.

Terima kasih Media Konsumen yang bersedia memuat artikel saya.

Yuga Siswanto
Matraman, Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Rekening BRI:
[Total:28    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Kehilangan Saldo di Rekening Tabungan BRI Tanpa Sepengetahuan Saya

  • 12 November 2020 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Memang sudah banyak kasus pak di bri bahkan sampai ratusan juta bereskan sampai hak terpenuhi dan tutup kartu

  • 12 November 2020 - (14:44 WIB)
    Permalink

    seharusnya itu tanggung jawab pihak bank,,bagaimana ceritanya uang kita di ambil orang tampa kita ketahui??bukankah kita nabung di bank karna percaya sama pihak bank?toh juga kita kena potongan tiap bulan.dimna tanggung jawabny???

  • 12 November 2020 - (15:35 WIB)
    Permalink

    bank lokal emang begitu
    sayapun mengalaminya pd tgl 28november2020 di bank bni syariah malah tdk ada tanggapan sampai saat ini
    apakah memang permainan lokal model begitu
    tutup rekening aja lah ramai2 di bank lokal kalo pelayanan kpd masyarakatnya brgitu

  • 13 November 2020 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami kejadian yg sama. Semua prosedur yg dikatakan oleh CS bri sudah dilakukan.. tapi sampai sekarang tak berkabar. Dan uang tetap tidak kembali. Yg tidak mengenakkan malah pihak bri mengatakan bahwa saya telah menyetujui terjadinya transaksi penarikan tersebut.. sedangkan saya sama sekali tidak ada melakukan penarikan apapun. Atm dan buku tabungan ada di saya. Kenapa uang saya bisa hilang??? 😭😭

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Rekening BRI?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kehilangan Saldo di Rekening Tabungan BRI Tanpa Sepengetahuan Saya

oleh Yuga dibaca dalam: 1 min
10