Gojek dan Findaya Memblokir Paylater Tanpa Alasan yang Jelas

Dear Gojek dan Findaya,

Pada tanggal 5 Desember 2020 akun paylater saya dalam keadaan terblokir dan saya menghubungi Gojek dan Findaya. Namun saya tidak mendapatkan jawaban yang seharusnya saya terima.

Pertanyaan saya kepada pihak Gojek dan Findaya yang tidak bisa dijawab:

  1. Apakah saya ada permintaan blokir paylater??? Tidak dijawab.
  2. Apakah saya ada tagihan tertunggak? Tidak dijawab.
  3. Apakah saya ada pelanggaran di Gojek dan Findaya yang membuat paylater saya terbokir? Tidak dijawab.
  4. Apakah saya lalai dalam tagihan saya? Tidak dijawab.
  5. Apakah saya ada tagihan di tempat lain yang tertunggak? Tidak dijawab.

Tolong Gojek dan Findaya berikan jawaban yang kompeten, kenapa akun paylater saya terblokir tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu?

Dedi Siahaan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek PayLater:
[Total:4    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Gojek dan Findaya Memblokir Paylater Tanpa Alasan yang Jelas

    • 7 Desember 2020 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Folow up terus aja mas, mereka gak boleh secara sepihak memblokir tanpa alasan yg jelas, kecuali ada pelanggaran berat.

    • 26 April 2021 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Hal serupa juga terjadi sama saya, entah alasan mereka apa (suspicious activity), belum ada klarifikasi lengkap dari mereka (masih saya tunggu)

  • 6 Desember 2020 - (20:27 WIB)
    Permalink

    Rasanya tidak mungkin Gopay memblokir paylater paylater tanpa sebab, kuat dugaan sistem Gopay mendeteksi aktifitas tidak normal dari akun tersebut, mungkin karena asa upaya login di device yang lain tanpa logout dari device yang lama, sehingga sistem menganggap sebagai aktifitas yang tidak normal.

    Sistem Gopay sudah tepat mem-blokir paylater untuk melindungi akun pengguna dari upaya pembobolan saldo paylater oleh penjahat. Masalahnya, serba salah bagi Gopay, ketika sistem memblokir akun paylater dianggap salah, jika sistem tidak memblokir sampai saldo dikuras dianggap sistem tidak bisa melindungi pengguna.

    2
    1
  • 8 Desember 2020 - (03:32 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan sering log in dan log out alias gonta ganti akun dalam 1 hape secara beruntun demi mendapatkan cashback. Sistem gojek sekarang mengenali 1 perangkat 1 IP Address (koneksi internet) jadi kalau ada beberapa akun yang sering terdeteksi dalam 1 perangkat, gojek akan memblokir semuanya. Ini untuk alasan keamanan dan mencegah tindakan fraud. Makanya pertanyaan anda tidak dijawab karena sistem yang mendeteksi.

    • 8 Desember 2020 - (05:56 WIB)
      Permalink

      Saya jarang log out dan saya hanya satu akun gojek dari dulu, saya rasa alasan itu tidak masuk akal.

    • 8 Desember 2020 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Gak mungkin gojek memblokir kalau tidak ada pelanggaran. Soalnya pengalaman saya begitu. Coba log in ke hape lain yang udah pernah log in akun gojek dan setelah log in kembali ke hape lama terdeteksi sistem kecurangan. Menurut saya itu masuk akal mengingat banyaknya penyalahgunaan akun terutama paylater yang bisa disalahgunakan oleh oknum tertentu jika sembarang log in log out. Maka dari itu gojek mengenali perangkat yang dipakai.

      • 8 Desember 2020 - (06:12 WIB)
        Permalink

        Saya berharap gojek dan findaya yg jawab ini. Kalau ada kecurangan tolong dibuktikan.

  • 8 Desember 2020 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Susah bos. Gojek dan Findaya itu bekerja mengikuti kebijakan aplikator. Jadi bukan manusia yang bekerja tapi algoritma komputer. Kalau sistem sudah mendeteksi fraud ya tanpa perlu bukti mereka sudah otomatis blokir. Sama kayak ibarat anda salah masukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut. Langsung blokir oleh sistem.

    Kalau anda baca SK Paylater yang berisi:

    4.3.2. Apabila Findaya mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah melakukan pelanggaran, kejahatan atau tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan PayLater ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Ketentuan Penggunaan PayLater ini atau tidak, maka Findaya berhak untuk dan dapat membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses Anda terhadap layanan Paylater, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang Findaya anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.

  • 21 Mei 2021 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Sama hal yg tjd dgn saya. Paylater 1,2jt tidak pernah telat bayar, tidak ganti2 akun tp terblokir dgn alasan suspicious activity. Jd setelah sya membayar tagihan sekitar 1,2jt lsg terblokir n ga bisa digunakan.

    Yg anehnya hampir setiap saat dapat notifikasi promo paylater. Bahkan ada notif yg masuk menyatakan “Selamat! Limit paylater kamu baru saja dinaikkan!” Stress apa gmn ya?? Ngeselin bngt sih stlh terblokir lalu sya terima notif dan juga ads di FB ttg paylater.

    Tentu saja sangat mengganggu krn sya biasa bayar halodoc utk beli obat dan gofood utk makan sehari2.

    Berkali2 sya tanya CSnta mereka ga pernah bisa kasih jawaban masuk akal. Maka saya skr yg tadinya belanja sampe 1,2jt dgn paylater gojek skr sya pke aplikasi sebelah aja.

    Penasaran bngt sama alasan terblokirnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek PayLater?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Gojek dan Findaya Memblokir Paylater Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Dedi Siahaan dibaca dalam: <1 menit
10