Hasil Investigasi Pembobolan Kartu Kredit BNI Tidak Ditindaklanjuti

Kepada Yth. Petinggi Bank BNI46, khususnya bagian Kartu Kredit BNI.

Perkenalkan nama saya adalah Dewa Gede Ananta Wijaya, sekarang saya berdomisili di Bali. Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya atas investigasi kasus pembobolan kartu kredit saya pada tahun 2018 lalu.

Sekitar bulan Agustus 2018 tepatnya 19 Agustus 2018 saya menerima lembar tagihan kartu kredit BNI saya dengan total tagihan Rp8.636.059 yang membuat saya sangat terkejut. Adapun dengan rincian bahwa Rp2 jutaan saya pakai belanja dan selebihnya iuran tahunan, serta perisai plus. Selain itu ada belanja online yang tidak saya kenali seperti Dinomarket, game on dan jd-id yang jumlahnya mencapai Rp6 juta lebih. Saya bukan gamers, tidak pernah juga belanja online, tentu saja saya membantah tagihan itu adalah transaksi yang saya lakukan sendiri.

Sekitar tanggal 03 September 2018 saya mengirimkan pernyataan sanggahan kepada pihak BNI melalui email dan dibalas pada tanggal 07 September 2018 bahwa akan ditindaklanjuti.

Sebulan, dua bulan saya tunggu, tapi tidak juga ada jawaban dari pihak BNI, bahkan saya menelpon pun hanya dibuatkan laporan. Setelah itu tidak ada pemberitahuan lagi apa hasil investigasinya, hingga saya pikir ini sudah selesai, jadi saya tidak hiraukan lagi. Namun alangkah terkejutnya saya ketika membuka email dan menemukan bahwa kartu kredit saya terdapat tagihan sejumlah Rp13.635.345. Berarti selama ini pihak BNI menyatakan bahwa transaksi pembobolan tersebut adalah benar transaksi yang saya lakukan.

Saya di sini ingin menyampaikan beberapa hal:

  1. Atas pembobolan ini, saya adalah korban, tapi mengapa justru saya yang harus membayarnya?
  2. Atas investigasi yang dilakukan, tidakkah pihak BNI melihat dengan logika, bahwa saya tidak pernah sama sekali belanja online dengan kartu kredit tersebut? Karena memang saya tidak bisa belanja online, saya tidak percaya.
  3. Saya berhak atas surat pemberitahuan hasil investigasi atas pernyataan dan laporan saya, tapi mengapa tidak ada pemberitahuan kepada saya baik melalui surat maupun email?
  4. Atas pembobolan ini saya bertanya, apakah selemah itu sistem keamanan kartu kredit ini sehingga dalam satu waktu dana bisa dicuri dari kartu kredit BNI?
  5. Secara logika, tidak masuk akal orang belanja dalam satu waktu dengan nominal yang sama selama satu hari yang sama, di tempat yang sama dan jam yang sama senilai nominal Rp1.015.229,-. di Dinomarket sebanyak 3 kali transaksi! Kenapa saya tidak langsung saja belanja 3 juta lebih? Atau kenapa belanja di game on dalam hari yang sama, jam yang sama dengan nominal yang berbeda senilai masing-masing Rp38.000, Rp182.876, dan Rp518.500, kenapa tidak saya beli voucher sekaligus?

Di sini saya tidak terima dengan hal ini. Kepada Bank BNI saya sangat kecewa dan merasa benar-benar diperlakukan dengan tidak adil.

I Gede Dewa Ananta Wijaya
Gianyar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:14    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan BNI atas Surat I Dewa Gede Ananta Wijaya

Menanggapi surat Bapak I Dewa Gede Ananta Wijaya di www.mediakonsumen.com pada tanggal 12 Desember 2020 berjudul “Hasil Investigasi Pembobolan Kartu...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Hasil Investigasi Pembobolan Kartu Kredit BNI Tidak Ditindaklanjuti

  • 14 Desember 2020 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya apa bpk menerima notifikasi OTP atau notifikasi pernyataan transaksi di HP bapak? Kalo tidak menerima, kan aneh, berarti sistem keamanan merchant atau BNI ini perlu dipertanyakan. Karena pernah bbrp kali saya belanja online pakai cc BNI, tidak melalui 3d-secure, jadi begitu data no kartu, exp date, kode cvv nya sesuai lgsg proses. Serem banget, lapor ke merchant dan bank , seperti biasa saling lempar tanggung jawab. Kalau udah kejadian gini,yg dirugikan nasabah, pdhl kita korban.

    duh BNI ini saya juga 2x sudah hampir kena fraud… tp untung nya ga sampai masuk ke tagihan karena OTP masuk ke HP saya dan mgkn maling nya masih amatiran. Lgsg saya block kartunya.
    Rata-rata percobaan transaksi fraud selalu tengah malam.
    BNI juga CS nya jutek-jutek, sama sekali tidak ramah.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Hasil Investigasi Pembobolan Kartu Kredit BNI Tidak Ditindaklanjuti

oleh Dewa dibaca dalam: 2 menit
2