Terintimidasi dan Dipermalukan DC Akulaku

Sebelumnya memang saya mempunyai tunggakan cicilan di Akulaku sebesar 2,2 juta rupiah. DC berkata boleh dibayarkan 50%nya dahulu. Tapi tiba-tiba DC Akulaku atas nama Tr*** Kris******* (nama lengkap ada pada redaksi) datang ke kantor saya dan berbicara dengan saya. Yang awalnya dia berbicara secara lantang seolah ingin membuat gaduh sekitar kantor saya dan saya akan bayarkan setengahnya dahulu.

Si DC datang setiap hari ke rumah saya bahkan sampai jam 9 malam datang ke rumah saya bertemu ibu saya menagih. Setiap hari pun dia chat WA ke saya. Bahkan telpon sampai jam 11 malam untuk menagih. Lebih kejamnya lagi dia datang lagi ke kantor saya sampai nanya ke security saya apa benar gak dibayarkan gaji saya selama 2 bulan dan dipotong gak gaji saya?? Dan berkata saya gak bayar bayar hutang 1,1jt tsb kepada security saya.

Kurang puas dia bertanya pada security, dia juga bertanya pada salah satu rekan kerja saya dan berkata “Akan menagih ke kantor pusat saya karena punya hutang 1,1 juta tsb agar saya dipecat”.

Apa DC punya SOP penagihan seperti itu ???? Saya merasa sangat diteror dan dipermalukan seperti ini. Adakah lembaga yang bisa membantu? Kalau bukan karena dampak pandemi mungkin gak akan saya sampai selama ini menunggak.

Akulaku saya telepon juga hanya bilang lapor ke CS pembayaran, dari CS pembayaran bilang bisa email ke email yang dia sebut. Tapi tetap gak ada solusi. Macam hutang saya ratusan juta aja sama Akulaku padahal hanya sisa 1,1 juta saja.

Dea Yana Savitri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:124    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Dea Yana Savitri

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Dea Yana Savitri pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

55 komentar untuk “Terintimidasi dan Dipermalukan DC Akulaku

  • 21 Desember 2020 - (17:59 WIB)
    Permalink

    saran dari ane cari pinjaman ke sodara atau teman, lalu lunasi biar ente ga di teror terus.

    FYI : yg namanya hutang jelas akan ditagih bos, mau itu ratusan juta atau cuma ratusan ribu, ga ada istilah di hutang itu HANYA

    12
    12
    • 21 Desember 2020 - (18:11 WIB)
      Permalink

      Iyah paham mau hutang berapapun ttp namanya hutang . Tapi kalo ente diposisi saya , apakah itu hal yang bisa dimaklumi ?? Dengan cara penagihan yang tidak sesuai SOP ??? anee yakin entee pun juga akan kesal ???

      11
      2
      • 21 Desember 2020 - (18:21 WIB)
        Permalink

        yg namanya kesal itu wajar mas, manusiawi.
        lagian pan di atas ane juga kasih solusi, klo hutang di tagih y wajar, caranya nagihnya bagaimana ya tergantung DC, lagipula klo cuma telat 1-2 hari kaya y ga mungkin ditagih dg cara tsb

        4
        2
        • 21 Desember 2020 - (19:10 WIB)
          Permalink

          Saran saya jgn beruhutang lagi kalau sudah lunas, lebih baik menabung sisihkan semampunya saja. Smoga cepat terselesaikan masalahnya.

          12
          • 21 Desember 2020 - (22:45 WIB)
            Permalink

            Iyaah mba benar sekalii . Mudahmudahan tidak akan terjerat hal semacam ini lagi

    • 22 Desember 2020 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Dari screen shot nya pake iPhone, jual aja iPhone nya bayar hutang nya bro, beli hp yg murah dulu, daripada malu jg di dunia maya

      14
      6
      • 23 Desember 2020 - (01:59 WIB)
        Permalink

        Hahahah mana ada tampilan WA iPhone kyk gitu. Centangan WA iPhone bentuknya ga kyk gitu woy.

        Below pernah pake iPhone apa gimana kok bisanya nuduh2 orang ngatain pake iPhone. Ngakak weyy. ๐Ÿคฃ

        • 23 Desember 2020 - (08:45 WIB)
          Permalink

          IOS tampilan WhatsApp nya ada tanda + di kiri, di sini elu yg kudet, gue pake iPhone dan Android, jadi please jgn menujukan kurang nya informasi di otak elu

      • 3 Januari 2021 - (04:01 WIB)
        Permalink

        Nonsense: iphone skrg udah murah dijual juga kagak dapet 2juta kalo dia pake iphone 5 ๐Ÿ˜‚ udah gopek sekarang iphone tuuhh wkwkwkwk…

  • 21 Desember 2020 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Justru debt collector akan lebih galak dengan nominal hutang yang kecil karena kemungkinan bakal terbayarnya lebih besar untuk closing target pekerjaan mereka dibanding menagih ke orang yang hutangnya katakanlah ratusan juta rupiah sebab kemungkinan terbayar lunas hutangnya lebih kecil.
    Saran saya kalau misal sudah terganggu hidupnya karena penagihan seperti ini bisa menghubungi pihak berwajib meski sy ragu akan dibantu maksimal.
    Opsi lainnya bisa pinjam dana talangan dulu ke rekan kerja, atau saudara. Jangan pernah ambil dana lagi dari pinjol lain utk melunasi tagihan hutang pinjol.

    • 21 Desember 2020 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Memang benar bgtu mas , tp seperti tidak ada sop dari kantornya cara penagihanya seperti itu . Karna dy tdk merasakan terdampak pendapatanya seperti saya . Karna selama ini pun menggunakan akulaku saya jarang menunggak hanya karna dr maret sampai saat ini kena phk bahkan gaji kena hold

  • 21 Desember 2020 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Kantor tempat anda bekerja bisa melaporkan ke kepolisian kalau memang DC sampai berbuat onar di kantor.

    Meneror orang tua di malam hari juga bisa dilaporkan. Biar DC nya ditangkap dan dikenakan pasal kriminal.

    11
    1
    • 21 Desember 2020 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Saya sudah disarankan untuk laporkan beserta bukti nya pak. Sambil menunggu jawaban dr pihak ke3 akulakunya bagaimana . Saya pun sudah melunasi hutang tsb .yg saya tdk terima seolaholah dy mau membeberkan hutang saya yg tertunggak di area kantor saya . Bahkan dy berani berkata akan meminta gaji saya

      5
      1
      • 22 Desember 2020 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kak. Sebenarnya hanya oknum saja. Saya juga pernah mengalami hal serupa tapi dcnya baik tidak seperti kejadian kakak. Saya turut prihatin, tapi di sisi lain dcnya di kejar2 sama perusahaan kalo dy nggak bisa memenuhi target perusahaan dy juga bakalan di pecat. Memang dr pihak dc salah tapi di sisi lain kakak juga salah karena udh tau pinjaman di pinjol. Itu memang risiko seseorang pinjam di pinjol kak. Next time jangan pinjam di pinjol lebih baik pinjam di teman, rekan kerja atau saudara.. biar kejadian itu tidak terulang kembali

  • 22 Desember 2020 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Emang ya Akulaku ini kenapa masih ada aja, mestinya sudah di bubarin,karena banyak sekali masalah,Saya aja pernah pesan barang,pesannya apa datangnya apa,di balikin nggk bisa, telp ke cs nggk bisa menyelesaikan masalah, akhirnya konsumen yang rugi, merchant Galaxy store namanya, Akulaku lepas tangan+tutup mata, merchant nya si Galaxy store pura-pura buta

    • 22 Desember 2020 - (00:04 WIB)
      Permalink

      Giliran penagihan DC nya yang cablak2 di lepasin, giliran urusan masalah konsumen pura-pura depresi.

      5
      1
    • 22 Desember 2020 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Iyaaah benar akulaku sendiri tdk mencoba untuk memberi solusi atau memberitahu sop dc bagaimana penagihannya

      • 22 Desember 2020 - (09:32 WIB)
        Permalink

        Sitirta ini kayaknya dc jg yg di permasalhin itu sop penagihanya goblok bukan masalah hutang ga di bayar pahami lagi pekok di pelihara

        1
        1
    • 22 Desember 2020 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Sama kejadian dgn sy..beli laptop yg dikirim ndak sesuai spesifikasi yg di iklannya.. begitu mau dikembalikan tdk dikasi alamat krm..betul2 konsumen dirugikan..akulaku tak mau tau..disuruh menghubungi seller,jawaban seller ndak jelas..pusing dibuat akulaku…asli lepas tangan..mengaku hanya sebagai perantara…

  • 22 Desember 2020 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Wahhh….klu masalh akulaku mmng tdk ada habisnya.mmng prlakuan DC akulaku bs dibilang trllu naif mmprlakukn konsumennya.sy prnh merasakn ditagih ke ktr n rmh trs mnerus dgn jmlah utang 800rb sj.smpe2 bahasanya kasar pkoknya bkin malu….untunglah sy bs usahakn cri pinjaman yg bs melunasi akulaku n sy sdh trbebas dr prlakukn yg mnurut sy trllu kejam/teror trs2an…saran sy jgn brhutng lg dgn akulaku.

    • 22 Desember 2020 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Iyaaah tidak ada toleransi bagi akulaku sedangkan ini semua ekonomi sedang terdampak pandemi . Yg saya tanyakan apa sop penagihan sampai seperti itu kaaah dr dc nya . Sudah saya lunaskan dan meminta data saya di akulaku untuk dihapuskan takut ada penyalah gunaan

      • 22 Desember 2020 - (06:51 WIB)
        Permalink

        Lebih jelas ny dateng langsung k kntor pusat ny mba, d sahid sudirman center lt 18,,
        Sklian minta bukti penutupan permanent,,

  • 22 Desember 2020 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Ngutang sama renterin online jauh lebih sadis cara penagihan nya
    Ya resiko
    Lain kali pikir 1000kali jika ingin berhutang
    Ke renterin online
    Ya mbak!?

  • 22 Desember 2020 - (03:57 WIB)
    Permalink

    Hutang piutang itu masuknya ranah perdata, sedangkan penagihan DC dgn cara intimidasi, apalagi sampai brbuat kekerasan, dan hal” Lainnya yg bs mngancam jiwa bisa d jerat dengan pasal yg ada dlm KUHPidana.
    Karena kita negara hukum semua perbuatan ada konsekuensi hukumnya.
    Saran saya ga perlu takut mba sama DC klo mereka sampai arogan berbuat diluar batas kewajaran dalam hal penagihan, mba pegang 2 alat bukti yg cukup mba laporkan kepada yg br wajib mereka bs terancam dipidanakan.
    Dan sbaiknya dlm hal pembayaran jika dlm kondisi kredit macet, mba bs cb ajukan keringanan dlm hal pembayaran, misalnya dari sisa tagihan mau dicicil berapa besar dan berapa kali, yg pnting ada itikad baik untuk membayar ya kan. Sy kira demikian smga bs membantu

    • 22 Desember 2020 - (06:05 WIB)
      Permalink

      Benaar mas saya punya bukti buktinya yang jadi permasalah bagi saya apa sop penagihan dc itu seperti itu sampai lewat batas kenormalan penagihan ?? Sampai harus mempermalukan penggunanya ?? Saya merasa tercemar nama baik saya karna DC tsb

  • 22 Desember 2020 - (04:50 WIB)
    Permalink

    ga ush. bayar aja sekalian nanti juga bosan dc nya๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    3
    1
    • 22 Desember 2020 - (09:37 WIB)
      Permalink

      mbak nya daerah mana ? saya juga terunggak 1 tahun lebih cicilannya belum kebayar tapi alhamdulillah dc yang menagih saya sopan banget. enak komunikasinya gak ganggu aktivitas saya. berdasarkan pengalamannya saya dc akulaku lah yang sopan banget ketimbang dc dari yang lain.

      • 22 Desember 2020 - (12:08 WIB)
        Permalink

        Saya daerah jakarta timur mas . Entah memang lg dapet dc yg tidak tau sop atau gmn temen saya pun juga sama dapet dc yg sangat sopan walaupun punya tunggakan di akulaku

  • 22 Desember 2020 - (05:08 WIB)
    Permalink

    bikin tahar #stop pinjam akulaku
    korban sebenarnya pelanggan juga…masa di perlakukan seperti itu..

    5
    1
  • 22 Desember 2020 - (05:12 WIB)
    Permalink

    klo bunganya setinggi itu ya apa bedanya sama rentenir … betul kata orang sekarang rentenir dah canggih…

  • 22 Desember 2020 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Akulaku mungkin sudah bisa dinobatkan jadi pinjol paling bermasalah dalam segala hal… mulai dari pembobolan akun yg bejibun dan pembayarannya tetap dibebankan ke korban sampai penagihan DC yg tidak ada batasan… cuma hebatnya Akulaku ini konsumennya tetap banyak dan banyak yg merutuk cuma di MK ini doang tanpa tindakan riil yakni menjauhi yg namanya Akulaku atau kalau bisa semua pinjol

    • 22 Desember 2020 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Klo itu sih jngn salahkan nasabah bu karna nasabah keadaan terpaksa cari yg gmpng seharusnya untuk mencegah bertambahnya korban lagi OJK yg harus bertindak gmn caranya masyarakat ga banyak jdi korban tapi ya mana mungkin orang OJK jg butuh makan ya pinter” Kita aja jngn sampe terlibat pinjol

  • 22 Desember 2020 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Bukan di aku laku saja, mau di pinjaman online, kredit kendaraa, nama nya hutang pasti di tagih.. intinya u ada uang di baik baikan seperti raja, u gk ada uang di perlakukan kaya tai bagi mereka.. stop hutang warga +62 biar mereka mereka bangkrut..
    Intinya sekarang tahan hawa nafsu, ada uang beli gk ada uang buat beli tabung sampai cukup apa yg mau di beli.. bagi mereka intinya uang gk mikirin u pada mau gantung diri bodo amad hahahaha..

  • 22 Desember 2020 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Kolektibiltas hutang dalam corporation itu ada riwayatnya.
    1 lancar
    2 dalam perhatian khusus(1-30hr)
    3 kurang lancar(31-60hr)
    4 diragukan(61-90hr)
    5 macet(91hr dst)
    Dan peraturan OJK dan BI di masa pandemi tidak ada corporation yg boleh menagih diatas 90hr lagi..
    Krn nasabah yg telat 1hr pun sudah dikategorikan telat nama sudah menjadi perhatian kusus di bank/ojk.
    Jd kalau ada DC yg menagih bilang aja bayar dan sekalian bersihkan nama di BI.
    Itu hutang dilunasin tetep aja namanya jelek di BI(bank indonesia).
    Dr sekian 100 nasabah yg terlambat hanya beberapa nasabah..jd mereka tidak akan rugi.jika kita tidak bayar.
    Saran saya bayar di bank indonesia saja.sekalian bersihkan nama.

  • 22 Desember 2020 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Padahal kerja ya? Tapi ttep gak bisa bayar wkwkwk apalagi kalo gak kerja.
    Kalau ngutang tuh perhitungkan semuanya, dari tanggal pembayaran dan tanggal gajian harus pas, jadi pas udah mau jatuh tempo udah ada duit,

    8
    2
    • 22 Desember 2020 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Emang klo komentar enteng bang, kita gak tau keperluan, kondisi tsk bagaimana,Mudah-mudahan abang ngerasain biar tau.
      Ohhhh begini, ohhhh begitu.๐Ÿ˜Š

  • 22 Desember 2020 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Maaf mas bisa dibaca lagi hal ini terjadi karna TERDAMPAK PANDEMI . hatihati dalam berkomentar DC ini saja sdng saya lacak bagaimana netizen yg berkomentar tdk sopan bisa dilacak jg .

  • 22 Desember 2020 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Gak usah ngarep di tolong ojk ato yg lain,ngarep sama gusti allah dgn cara banyak tobat/istigfar,ikhtiar dan tidak lagi berhutang riba,insya allkah hidup anda tidak lg sulit.

    • 22 Desember 2020 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Iyaah allhandulillah sudah dilunaskan mas . Semoga tidak terjerat lg . Tp ttp saya merasa dipermalukan olehDC tersebut dan ttp akan saya proses DC tsb

  • 22 Desember 2020 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Ibu Bisa hubungi OJK untuk penagihan yang dikira tidak sesuai aturan seperti ini. OJK juga memuat layanan pengaduan lewat Whatsapp.

    • 22 Desember 2020 - (14:40 WIB)
      Permalink

      Siap mas ari terima kasih sarannya saya coba laporkan . Walaupun hutang saya sudah saya lunaskan tp karna cara si dc kurang menyenangkan saya ttp ingin melaporkanya

      • 22 Desember 2020 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Di tunggu kelanjutan laporan nya mbak.. jangan kaya yang lain cuma omdo mau laporin dc ke pihak berwajib… UPDATE lagi ya disini kalau udah lapor ๐Ÿ˜

        • 22 Desember 2020 - (14:58 WIB)
          Permalink

          Siap mas klo sudah lanjut laporan polisinya mudahmudahan bisa di up lg updatenya saya

  • 22 Desember 2020 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Klo dari cerita mbaknya, saran saya ga usah takut …semakin kita takut akan semakin digencet ama tuh DC . Dan dari kronologi mbak dc tsb sdh kena pasal pidana 1. Perbuatan tidak menyenangkan . 2. Pencemaran nama baik dan jika ada sms/wa/telp yg bernada ancaman disimpan dan jdikan alat bukti utk lapor ke pihak berwajib (syarat min.saksi 3 org dan alat bukti berupa sms/wa/telp). Dan mbak harus berani jgn takut klo ga mbak yg akan digencet trus.
    Penagihan boleh tp tdk melebihi batas

    • 22 Desember 2020 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Benar mas saya tdk takut justru sllu saya temui DC itu tp saat terakhir dy ke kantor saya . Saya tdk ketemu langsung dgnnya DC tsb mangkanya dy makin berani berbuat seenaknya . Saya ingin membuat DC tsb tau sop penagihan jgn semenamena

  • 22 Desember 2020 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Bisa buat laporan pengaduan ke OJK dan YLKI terhadap penagihan yang tidak sesuai SOP apalagi diluar jam kerja seharusnya tidak boleh nagih..kalau masih tetap tidak berubah cara penagihannya maka mba bisa laporkan ke polisi untuk DC tersebut dengan pasal pidana..misal perbuatan tidak menyenangkan, pencemaran nama baik dll..anda sopan kami segan..

    • 22 Desember 2020 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Siap mas terima kasih saranya . Saya ingin membuat DC tsb menerima konsekuensinya menagih tanpa sop . Bahkan dy ttp ngotot berkata yg tdk menyenangkan tanpa minta maaf

  • 22 Desember 2020 - (22:19 WIB)
    Permalink

    SiTirta dan Yopi ini jg DC kyknya ini koment lu gak berotak coyyy…org lg susah malah ngegampangin ngomongnya..sabar mba saya alami hal serupa tp sdh saya lunasi itu lintah darat akulaku.Keep semangat. 088153055** gw tunggu buat yopi

  • 30 Desember 2020 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Padahal ada ratusan keluhan terkait dc pinjol di situs ini, tp orang masih nekad pake.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 55 komentar sampai saat ini..

Terintimidasi dan Dipermalukan DC Akulaku

oleh Dea dibaca dalam: 1 min
55