Pemutusan Kartu Kredit Bank Mega

Nama saya Abdul Manaf, pemegang kartu kredit Bank Mega dengan nomor kartu 4201 92** **** 0564 sejak tahun 2019. Pengalaman pertama saya menggunakan kartu kredit Bank Mega dimulai dari proses pemaksaan untuk menjadi nasabah tidak begitu baik.

Keluhan saya ini sebenarnya bukan hal yang baru. Keluhan saya ini merupakan bentuk informasi bahwa Bank Mega belum mengubah layananan buruknya hingga hari ini di tahun 2021. Keluhan saya sama persis dengan keluhan nasabah lain sebelumnya seperti keluhan yang tertulis di tautan mediakonsumen.com.

Sebagai informasi, saya telah mendapatkan kartu kredit dengan nomor tersebut di atas. Namun pada tahun 2019 saya minta penutupan atas nomor kartu tersebut, karena dari awal saya tidak pernah menggunakan kartu itu dan melakukan transaksi di kartu tersebut. Pada tanggal 20 Januari 2021 saya mencoba telepon call center, dibantu oleh BANK MEGA CABANG yang berlokasi di Warung Jambu Bogor kota saya mencoba melakukan penutupan kartu kredit melalui MegaCall 1500010. Yang terjadi adalah:

Saya disarankan untuk tidak perlu melakukan penutupan, karena kartu akan tertutup otomatis hingga masa berakhir yang tertera pada kartu yakni pada tahun 2022 dan dapat menyimpan kartu tersebut apabila tidak digunakan. Saran tersebut saya tolak.

Customer Service (CS) pun menginformasikan bahwa saya masih memiliki tagihan iuran tahunan berjalan, sehingga menyarankan untuk menunda penutupan tersebut hingga sampai batas kartu. Saya coba tanya alasannya mereka bilang itu merupakan kebijakan dari Bank Mega. Hal tersebut saya nilai tidak menjawab.

CS mencoba memberikan informasi yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhan saya, yakni mengenai iuran tahunan yang tidak akan dibebankan kepada nasabah dengan nomor tersebut, dan akan membantu menghapuskan iuran tahunan tersebut. Jelas saya tolak karena tidak menjawab kebutuhan saya. Karena tidak ada solusi, saya akhiri pembicaraan melalui telepon tersebut. CS pun membuatkan laporan dengan nomor laporan: REV 10007448, dengan CS penerima atas nama Fitra, bahwa saya melakukan penutupan kartu kredit saya di hari itu Rabu Tanggal 20 Januari 2021. Sungguh hal yang aneh bagi saya.

Saya pun mencoba memastikan informasi tersebut ke Call Center lainnya dengan menghubungi MegaCall kembali di sambungan yang berbeda. Melalui CS lain saya diinformasikan bahwa tagihan yang berjalan bisa saya dapatkan dengan menghubungi MegaCall kembali 4 hari kerja setelah melakukan proses pelunasan dan dapat segera melakukan penutupan kartu kredit setelah melakukan pembayaran bunga berjalan tersebut melalui Mega Call. Sungguh informasi yang berbeda dari CS sebelumnya.

Saya hanya ingin melakukan proses penutupan kartu kredit Bank Mega dengan mudah tanpa ada paksaan agar saya tidak memutus kartu tersebut dan mohon memberikan bukti pemunusan kartu kredit bank Mega kepada saya. Itu saja. Untuk para calon nasabah mohon dipikirkan kembali untuk menggunakan jasa layanan kartu kredit Bank Mega. Di era industri jasa keuangan yang berlomba untuk mempermudah nasabah, Bank Mega masih menggunakan cara usang dan kuno agar tidak kehilangan nasabah..

Tidak banyak harapan untuk proses lanjut, paling tidak OJK perlu mengetahui bahwa praktik mempersulit proses penutupan kartu kredit kepada pengguna jasa layanan keuangan masih terjadi di Bank Mega hingga hari ini. Bahkan lebih jauh saat kebutuhan nasabah tidak dilayani, dalam dunia layanan adalah dikenal dengan kriminal.

Saya harap Bank Mega bisa menjadi lebih baik, dan dapat bangkit dari konsep pelayanan yang buruk.

Abdul Manaf
Kota Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mega:
[Total:148    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak Abdul Manaf

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Abdul Manaf di mediakonsumen.com (22/1), “Pemutusan Kartu Kredit Bank Mega“, berikut ini...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Pemutusan Kartu Kredit Bank Mega

  • 23 Januari 2021 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Terimakasih telah mewakili unek unek saya dengan bank Mega selama ini. Masih banyak cara baik untuk mencari keuntungan dan nasabah bukan dengan cara Lawas dan pemaksaan seperti ini. Contoh bank BCA pelayanan baik,iuran tahunan kecil bahkan free dan ketika tidak perlu kartu dan ingin menutup CC sekali telpon langsing acc close.

  • 23 Januari 2021 - (19:02 WIB)
    Permalink

    sama dgn BNI 46 yg menutup kartu sulit,..pdhal usia kartu 2 bulan baru ..katanya d janjikan free 2 thn malah d tgih d bulan kedua, dan d tutup smpai sebulan lbh gk ketutup malah keluar anual fee plus denda,.malahan d suruh abaikan tagihan anual fee,.tetapi tagihan mlaah nambah anual fee plus denda,.hati2 dgn kartu kredit bnyk penipuan dgn janji manis marketing rekam pembicaraan,.buat sbgai bukti,.

  • 23 Januari 2021 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sudah mewakilkan, bagaimana solusinya biar kita tidak ada masalah di BInya ?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pemutusan Kartu Kredit Bank Mega

oleh Abdul Manaf dibaca dalam: 2 min
3